Comscore Tracker

Kenapa Suara Kucing Serak? Ini 5 Penyebab Utamanya

Bisa jadi akibat kerusakan pita suara

Layaknya hewan peliharaan lainnya, kucing pun mengeluarkan suara yang dihasilkan dari pita suaranya. Nah, normalnya, kucing akan mengeluarkan suara dengan gaya dan jenis yang beragam. Namun, patut diwaspadai jika suara kucing terdengar serak, berat, bahkan hilang sama sekali.

Terus, kenapa suara kucing serak, bahkan hilang? Jika kucing kesayanganmu mengalaminya, mungkin beberapa hal di bawah ini yang jadi penyebabnya.

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Menangis? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Penyebab suara kucing serak

Kenapa Suara Kucing Serak? Ini 5 Penyebab Utamanyailustrasi kucing mengantuk (unsplash.com/Jelena Senicic)

Setidaknya, ada lima penyebab utama kenapa suara kucing menjadi serak atau hilang. Beberapa faktor di bawah ini bisa jadi penyebabnya.

  1. All About Cats dalam lamannya menjelaskan bahwa laringitis ringan atau radang bisa menjadi penyebab utama dari seraknya suara kucing. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.
  2. Adanya kelainan atau penyakit saraf pada kucing. Secara umum, kucing yang mengalami laryngeal paralysis akan memiliki suara yang serak, parau, bahkan hilang sama sekali.
  3. Perkembangan atau pertumbuhan terjadi pada organ pita suara kucing. Hal ini normal terjadi pada kucing muda yang beranjak dewasa. Akan tetapi, biasanya, pertumbuhan pita suara tidak akan menyebabkan suara kucing menjadi hilang.
  4. Kerusakan permanen terjadi pada pita suara akibat cacat bawaan, cedera, atau penyakit yang dulunya tidak sembuh total.
  5. Adanya penyebab lain, seperti alergi, benda asing, ketidakcocokan makanan, dan luka dalam tenggorokan atau saluran pernapasan.

Jika kucing masih muda dan sedang mengalami pertumbuhan pita suara, perubahan suara yang dialami dinilai normal dan tak perlu dikhawatirkan. Laringitis atau radang ringan juga biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, harus diwaspadai jika kondisi serak tidak berubah dalam waktu yang cukup lama.

Dengan membawanya ke dokter hewan, kita akan tahu diagnosis yang tepat dari penyebab hilangnya suara pada kucing. Perawatan dan pengobatan medis mungkin akan diperlukan untuk mengembalikan suara kucing seperti sedia kala. Nah, semoga artikel ini dapat menambah informasi buat kamu, ya!

Baca Juga: Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya