Comscore Tracker

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!

Selain kotoran luwak, kelima kotoran ini juga dihargai mahal

Jika kamu tidak dapat menahan rasa mual atau rasa jijik, mungkin sebaiknya kamu jangan membaca artikel ini hingga tuntas. Yup, faktanya di dunia ini banyak menyajikan hal-hal aneh yang bisa dipelajari oleh manusia, termasuk kotoran.

Beberapa jenis kotoran manusia dan hewan nyatanya bisa dihargai sangat mahal, misalnya kotoran luwak. Konon luwak hanya akan makan biji kopi terbaik, dan ia tak akan mau memakan biji kopi yang memiliki kualitas kurang bagus.

Biji kopi yang dikonsumsi oleh luwak akan dikeluarkan bersama kotoran luwak secara utuh. Inilah yang membuat kotoran luwak berharga mahal, karena di dalamnya mengandung biji kopi terbaik, dan harganya sangat mahal karena jumlahnya yang sedikit.

Selain luwak, inilah lima jenis kotoran manusia dan hewan yang juga dihargai sangat mahal. Apa saja ya?

1. Guano

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!grolife.com

Secara sederhana Guano dapat diartikan sebagai kotoran burung camar. Kotoran burung camar Guano sudah lama dijadikan bahan dasar pembuatan pupuk, seperti ditulis situs Grolife.com.

Tapi bukan itu yang membuat absurd, melainkan ada sebagian kecil orang beranggapan bahwa menggunakan guano akan meningkatkan libido dan kesuburan pria. Uniknya lagi, kini guano juga dihasilkan dari kotoran kelelawar, tentu hal ini menjadi perdebatan di tengah maraknya penyebaran virus corona di seluruh dunia.

2. Kotoran gajah

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!npr.org

NPR (National Public Radio) dalam lamannya memberitakan bahwa kini salah satu kopi termahal di dunia diproduksi di Thailand. Nama kopi tersebut adalah black ivory, yang dihasilkan dari kotoran gajah.

Prosesnya mirip seperti luwak, gajah mengonsumsi biji kopi yang berkualitas, dan akhirnya biji kopi yang dikeluarkan melalui kotoran gajah tesebut dipisahkan dan diolah menjadi kopi yang diklaim sebagai kopi paling enak.

Rasa kopi ini juga diklaim unik, karena tidak sepahit kopi-kopi lainnya. Itu akibat proses fermentasi yang terdapat dalam sistem pencernaan gajah. Di pasaran, black ivory dijual dengan harga 1000 US dolar atau setara Rp16 juta per kilogram.

Baca Juga: 9 Hewan dengan Cakar Super Besar, Ada yang Digunakan Bergelantungan

3. Pakaian dalam beserta kotoran dari Elvis Presley

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!rollingstone.com

Mungkin kamu akan merasa aneh dan bahkan jijik dengan hal ini. Yup, seperti diberitakan dalam laman BBC, sepasang pakaian dalam milik mendiang Elvis Presley dilelang dengan harga 10 ribu pounds atau sekitar Rp200 juta.

Oh ya, kondisi pakaian dalam tersebut juga belum dicuci, alias masih terdapat noda kotoran dari pemiliknya. Luar biasa ya, pakaian dalam beserta noda kotorannya yang belum dicuci, bisa dilelang dengan harga segitu mahal.

4. Kotoran panda

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!Unsplash/Stan Wang

Mungkin di antara semua kotoran hewan di dunia, kotoran panda menjadi salah satu kotoran hewan termahal. Kotoran panda bisa menembus harga 700 juta Rupiah per kilogram. Mengapa kotoran panda memiliki harga mahal?

Dilansir ABC News, kotoran panda dapat diolah menjadi beberapa produk yang berharga mahal, di antaranya tisu, masker, dan yang termahal adalah teh dengan antioksidan kuat.

Setelah diolah menjadi teh, harga teh tinggi antioksidan tersebut dapat mencapai 80 ribu US dolar atau sekitar Rp1,2 miliar per kilogram. Teh ini diklaim dapat membantu dalam terapi penyembuhan kanker, dan permintaan akan teh ini sangat tinggi, terutama di Tiongkok.

5. Fosil kotoran bangsa Viking

Absurd, 5 Kotoran Manusia dan Hewan Ini Mahalnya Bukan Main!bbc.co.uk

Kamu tentu sulit untuk percaya bahwa kotoran termahal dan paling berharga di bumi ternyata benar-benar ada. Menurut Science Post, fosil kotoran manusia sepanjang 20 cm dan berat murni yang tidak sampai setengah kilogram tersebut memiliki harga 640 juta Rupiah. Ini berarti, jika berat kotoran tersebut mencapai satu kilogram, maka harganya bisa mencapai Rp1,8 miliar.

Ternyata fosil kotoran bangsa Viking tersebut dapat dijadikan dasar dalam penelitian ilmuwan tentang kehidupan bangsa Viking di masa lampau. Dengan penelitian mendalam, dapat disimpulkan tentang DNA, garis keturunan, kehidupan sosial, hingga sejarah mendalam tentang bangsa Viking dan bangsa-bangsa yang ada di dekatnya.

Nah, bagaimana? Ternyata selain kotoran luwak, kotoran-kotoran lainnya juga mahal, kan? Bahkan ada yang jauh lebih mahal. Semoga artikel kali ini dapat memperkaya pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Hingga Ratusan Tahun, Ini 10 Hewan dengan Umur Paling Panjang

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya