Comscore Tracker

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Sains

Mengadopsi hewan peliharaan ternyata sangat bermanfaat

Apakah kamu sedang memelihara hewan seperti anjing, kucing, burung, ikan, atau kura-kura? Faktanya, memelihara hewan peliharaan dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya, lho. Bahkan, sains dapat menjelaskan bahwa memelihara hewan memang memberikan nilai lebih jika memang kamu suka dengan binatang.

Nah, apa saja manfaat memelihara hewan kesayangan menurut sains, ya? Apakah memelihara hewan memang dapat membuat kualitas hidupmu menjadi lebih baik? Yuk, disimak artikelnya hingga tuntas.

1. Memelihara hewan dapat menyehatkan mentalmu

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Sainstheatlantic.com

Ada banyak cara untuk menjaga mentalmu supaya tetap dalam kondisi sehat dan jauh dari depresi, salah satunya adalah dengan cara mengadopsi atau memelihara hewan. Dilansir laman Mental Health, hewan peliharaan ternyata bisa menjadi teman sekaligus motivator dalam hidupmu. Mereka juga akan membuat mentalmu tetap sehat dan meminimalkan risiko depresi.

Hewan peliharaan dapat memberikan pikiran yang menenangkan bagi pemiliknya. Biasanya, setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang membuat stres, seseorang bisa pulang dan bermain dengan hewan peliharaannya dan hal ini dapat melepas stres. Menurut sains, dengan memelihara hewan, kamu akan tenang, tidak mudah terbawa emosi, dan dijauhkan dari risiko depresi.

2. Memelihara hewan akan membuatmu lebih menghargai hidup

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut SainsUnsplash/Kate Stone Matheson

Bagi orang-orang yang memiliki hewan peliharaan dan merawatnya dengan baik, biasanya akan tumbuh ikatan emosional antara dirinya dengan hewan yang ia pelihara. Begitu juga jika mengadopsi atau memelihara hewan, kamu akan terikat secara emosional dengan hewan-hewan yang kamu adopsi tersebut. Ikatan emosional inilah yang akan membuatmu lebih menghargai hidup.

Viagen Pets dalam lamannya menulis bahwa hewan peliharaan dapat membuat kehidupanmu lebih bahagia meskipun kadang kamu tidak menyadarinya. Biasanya, dalam taraf tertentu, hewan kesayangan akan membantumu keluar dari rasa sepi yang mungkin terasa intens. Yup, dengan keberadaan mereka, kamu akan lebih merasa dicintai dan tentunya kamu akan semakin menghargai hidupmu.

Baca Juga: Pencinta Hewan? 7 Film Animasi Hewan Ini Wajib Kamu Tonton

3. Memelihara hewan akan mengajarkanmu menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Sainszedge.net

Jika memutuskan untuk memelihara hewan, kamu akan dituntut untuk bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup mereka. Kamu wajib memberikan makan dan minum, membersihkan kotorannya, serta membawanya ke dokter pada saat mereka sakit. Semua ini bisa dijalankan dengan baik jika kamu memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen untuk merawat mereka.

Tanggung jawab tersebut tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua bulan saja. Anjing dan kucing, misalnya, mereka dapat hidup selama 12 hingga 20 tahun. Jadi, jika kamu memang tidak ingin terikat dengan tanggung jawab, sebaiknya jangan memelihara hewan. Laman Michigan State University mengulas bahwa hewan peliharaan akan membantu menumbuhkan tanggung jawab bagi pemiliknya.

4. Memelihara hewan dapat membuatmu mengerti tentang perilaku dan tubuh biologis mereka

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Sainsdogsaholic.com

Mungkin kamu gak akan tertarik dengan pelajaran biologi di sekolahmu. Namun, saat memiliki hewan peliharaan, secara tidak langsung kamu akan belajar untuk memahami bagaimana perilaku dan fungsi-fungsi biologis pada kehidupan mereka. Kamu akan belajar banyak mengenai penyakit dan bagaimana perilaku unik mereka.

Pemahaman perilaku dan biologis sangat dibutuhkan untuk memahami hewan peliharaanmu secara utuh. Nantinya, kamu akan tahu tentang apa yang boleh dan tidak untuk diberikan pada hewan peliharaanmu. Kamu bahkan akan mencari tahu secara autodidak mengenai segala macam yang berhubungan dengan kesehatan hewan-hewan tersebut.

5. Memelihara hewan juga akan menumbuhkan empati

Bisa Tumbuhkan Empati, 5 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Sainsthelabradorsite.com

Apakah kamu pernah melihat atau mendengar tentang penyiksaan hewan? Jika kamu merasa biasa saja dengan penyiksaan hewan tersebut, itu tandanya mungkin kamu sudah mulai kehilangan empati. Hal ini berbeda jika kamu memelihara hewan peliharaan yang betul-betul kamu sayangi. Biasanya, keberadaan mereka juga akan menumbuhkan rasa empati dari dalam dirimu.

Butte Humane Society dalam lamannya menulis bahwa hewan peliharaan keluarga dapat mengajarkan anak-anak untuk menumbuhkan rasa empati. Rasa empati ini sangat penting karena empati berhubungan dengan pemahaman dan perasaan mendalam sebagai respons akan suatu hal. So, jika ingin belajar bagaimana menumbuhkan empati, kamu bisa memelihara hewan peliharaan.

Itulah beberapa manfaat memelihara hewan menurut sains. Bagaimana? Kamu berencana memelihara hewan apa, nih?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya