Comscore Tracker

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusia

Nuklir tidak selalu identik dengan perang dan bom atom

Secara sederhana, nuklir dapat diartikan sebagai bagian dari nukleus atau inti atom. Nuklir dapat bereaksi bila terdapat proses tubrukan atau peleburan antara dua (atau lebih) partikel nukleus atau inti atom yang akan menjadi sebuah lonjakan energi. Nah, bagi orang awam, reaksi nuklir selalu dianggap berdampak negatif dan merusak.

Mungkin hal tersebut terjadi karena memang beberapa senjata mematikan tercipta akibat adanya reaksi nuklir, misalnya bom atom. Namun, ternyata nuklir bisa membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, lho. Apa saja? Yuk, dibaca!

1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusiaemerging-europe.com

Di beberapa negara maju di dunia, PLTN sudah cukup lama dijadikan sumber daya alternatif untuk pembangkit listrik mereka. Dicatat dalam laman World Nuclear, PLTN pada awalnya sudah mulai digagas pada 1956 silam. Listrik yang dihasilkan dari nuklir sangat berhubungan dengan reaksi fisi.

Reaktor nuklir akan menghasilkan energi panas, kemudian panas akan mendidihkan air di dalam reaktor. Nah, energi kinetik yang dihasilkan dari uap air tersebut akan menggerakkan turbin dan akhirnya dapat menghasilkan energi listrik. Prinsip kerjanya adalah mengubah bentuk energi yang satu menjadi bentuk energi lainnya.

Untuk mengoperasikan pembangkit listrik yang menggunakan bahan dasar nuklir memang dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang baik di bidang nuklir. Namun, pembangunan dan pengembangan PLTN bukannya tanpa tantangan. Dampak negatif yang ditimbulkan bisa saja bersifat merusak alam dan lingkungan. Itu sebabnya, tidak semua negara sanggup mengoperasikan PLTN dengan benar dan aman.

2. Nuklir juga bermanfaat bagi berbagai macam industri

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusiaresearch.umn.edu

Nuklir juga bisa digunakan untuk kepentingan industri, mulai dari sinar gama yang dapat digunakan untuk memeriksa sistem beton bertulang hingga memeriksa badan pesawat untuk memastikan tidak ada kebocoran secara mikro. Berbagai manfaat ini sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang industri dan memudahkan manusia dalam menjalankan industri-industri skala besar.

Dicatat dalam laman Britannica, istilah sinar gama pada awalnya diciptakan oleh fisikawan asal Inggris bernama Ernest Rutherford pada 1903. Secara sederhana, sinar gama diartikan sebagai bentuk energi yang muncul akibat radiasi elektromagnetik. Radiasi tersebut muncul karena adanya reaksi nuklir berupa penghancuran partikel elektron dan positron.

Dalam bidang industri, keberadaan sinar gama sudah sering digunakan untuk membantu manusia di berbagai bidang. Selain untuk memeriksa struktur beton bertulang dan kebocoran pada badan pesawat, sinar gama dalam industri dapat digunakan sebagai perangkat uji non-destructive lainnya.

Baca Juga: Siapkan Teknologi Nuklir, RS BDH Diperluas

3. Membantu menjaga kualitas dan kuantitas pangan dunia

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusiaepa.gov

Reaksi nuklir melalui sinar gama juga dapat membantu meningkatkan jumlah pangan berkualitas di dunia. Proses ini dinamakan iradiasi pangan, yakni sebuah teknik dalam mengolah dan mengelola pangan supaya lebih tahan lama dan bebas dari mikrob pembusuk.

Proses dan teknik iradiasi tidak akan membuat pangan menjadi radioaktif. Kualitas makanan juga tetap terjaga secara utuh seperti aslinya, ditulis dalam laman Food and Drug Administration. Justru, dengan teknologi iradiasi, kualitas makanan akan menjadi lebih terjaga karena terbebas dari mikroorganisme dan serangga.

Biasanya, teknik iradiasi dibutuhkan dalam proses pengalengan buah, pasteurisasi susu, dan pengawetan sayuran. Penggunaan sinar radiasi dalam proses iradiasi harus berada di bawah pengawasan badan khusus yang bertanggung jawab terhadap kualitas pangan sebuah negara, misalnya Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat.

4. Sumber daya alternatif yang lebih bertenaga

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusianewtimes.co.rw

Dilansir laman Energy Education, nuklir juga dapat digunakan sebagai sumber daya dan bahan bakar alternatif, yakni uranium-235 dan plutonium-239. Baterai plutonium adalah salah satu produk dari proses pemurnian melalui reaksi nuklir.

NASA merupakan badan antariksa yang telah menggunakan baterai plutonium untuk keperluan eksplorasinya. Salah satu wahana antariksa yang menggunakan baterai plutonium adalah wahana antariksa Voyager 1 dan 2, yang telah diluncurkan NASA pada 1977 silam.

Baterai plutonium diklaim akan menjadi baterai masa depan yang jauh lebih tahan lama dan hemat energi. Namun, tidak semua kalangan ilmuwan setuju dengan hal ini. Pasalnya, jika baterai plutonium dijual secara bebas, dikhawatirkan akan membahayakan banyak orang karena rentan dengan kebocoran.

5. Manfaat reaksi nuklir dalam bidang medis

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini 5 Manfaat Nuklir bagi Manusianorthwestradiology.com

Reaksi nuklir juga bermanfaat di bidang medis, misalnya teknologi pada beberapa perangkat medis seperti MRI dan CT scanner. Dalam dunia medis, sinar dan gelombang khusus digunakan untuk melihat organ-organ tubuh manusia. Teknologi pemaparan radiasi ini dinamakan radiografi.

Teknologi radiografi dalam CT scanner menggunakan radiasi nuklir seperti sinar gama, neutron, dan juga sinar-x. Begitu juga dengan MRI atau Magnetic Resonance Imaging yang sama-sama menggunakan teknologi berbasis radiasi nuklir.

Laman Radiology Info menulis bahwa penggunaan sebagian kecil reaksi nuklir terbukti dapat membantu dokter dan ahli medis dalam mendiagnosis, meneliti, dan mengevaluasi penyakit yang dulunya sulit untuk dideteksi. Dengan adanya teknologi radiografi, diharapkan pengobatan pasien akan lebih efektif dan terfokus.

Itulah beberapa manfaat nuklir bagi kehidupan manusia secara umum. Betul, kan, tidak selamanya nuklir itu bersifat merugikan.

Baca Juga: Bapeten dan UI Teken Kerja Sama Pengawasan Nuklir

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya