Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Ini

Mereka juga manusia biasa yang sama seperti kita

Dalam dunia sains, peran dan jasa seorang ilmuwan tentu sangat dibutuhkan dan biasanya mereka akan menggagas teori, hipotesis, dan segala pemikiran genius mereka. Namun, tak banyak yang tahu bahwa mereka pun ternyata juga memiliki sisi unik dalam kehidupan mereka.

Nah, kalau kamu penasaran dengan sisi unik mereka, sebaiknya kamu mengenal lebih dekat dengan mereka. Yuk, disimak!

1. Vonis dokter yang menjadi berkah buat kehidupan Stephen Hawking

Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Inisciencenewsforstudents.org

Mendiang Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan genius yang diyakini menjadi salah satu ilmuwan yang disetarakan dengan Albert Einstein. Sudah banyak gagasan dan pemikirannya yang mengubah cara pandang sains modern. Salah satu gagasan dan teori Hawking yang menghebohkan dunia sains adalah The Theory of Everything.

Mengapa gagasan dan teori Hawking tersebut menghebohkan sains? Karena Hawking menganggap bahwa teorinya tersebut adalah teori final dari keseluruhan teori sains yang ada di dunia ini. Secara tak langsung, ia menganggap bahwa gagasan ilmiahnya tersebut merupakan penggenapan dari teori-teori sains sebelumnya.

Dibalik ketenarannya sebagai seorang ilmuwan dan akademisi, ternyata Hawking juga memiliki sisi unik dalam hidupnya. Seperti ditulis dalam laman Biography, Stephen Hawking telah didiagnosa menderita amyotrophic lateral sclerosis atau ALS pada saat usianya masih sangat muda, yakni 21 tahun. Secara sederhana, ALS dapat diartikan sebagai kerusakan pada saraf yang mengontrol otot.

Dokter memberikan vonis bahwa usia Hawking tidak akan lama lagi. Namun, uniknya, vonis dan ALS yang dialami oleh Hawking tidak membuatnya menjadi patah semangat. Justru ia menjadi lebih rajin belajar dan melakukan penelitian di kampusnya. Sekadar informasi, hanya ada kurang dari 10 persen pasien ALS yang dapat hidup di atas 5 tahun, dan Hawking termasuk salah satunya.

Hawking menyatakan bahwa penyakit dan vonis dari dokter telah menjadi keuntungan tersendiri baginya. Ia dapat menjadi lebih fokus dalam meraih impiannya untuk menjadi orang terpelajar di bidang sains fisika. Terbukti, Hawking berumur cukup panjang dan ia telah menjadi salah satu ilmuwan terbesar dunia.

2. Thomas Edison adalah ilmuwan yang suka berkebun

Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Inifamous-entrepreneurs.com

Tidak semua ilmuwan dan akademisi itu suka dengan laboratorium yang terkesan rumit dengan tabung-tabung berisi cairan kimia. Buktinya, Thomas Alfa Edison, sang penemu lampu, memiliki hobi dan kesukaan yang sangat berbeda dengan ilmuwan lainnya. Ya, dicatat dalam Paris Express, Edison rupanya sangat menyukai berkebun. Bisa dibilang bahwa sebetulnya ia memiliki passion dalam bercocok tanam.

Edison memiliki perkebunan yang cukup luas dan di sana ia gemar menanam berbagai macam tanaman, termasuk tanaman-tanaman baru hasil dari penelitiannya. Hal tersebut seolah membuktikan bahwa Thomas Edison memang memiliki talenta pada lebih dari satu bidang, yakni fisika dan juga bercocok tanam.

Istri dari Thomas Edison, Mina Miller, telah mewarisi tanah kebun seluas belasan hektar setelah Edison meninggal dunia. Tanah tersebut akhirnya dinamakan Laboratorium Penelitian Botani Edison dan kini menjadi salah satu tempat bersejarah di Florida yang dicatat dalam arsip sejarah nasional Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Ilmuwan Hebat yang Pernah Gagal dan Diremehkan, Siapa Saja?

3. Kisah cinta Marie Curie sering menjadi bumbu di tengah-tengah dunia sains

Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Inidiscoverwalks.com

Marie Curie adalah seorang ilmuwan wanita yang genius dan berjasa pada penemuan di bidang radioaktif. Sejak muda, ia memang sudah menampakkan bakatnya di bidang sains kimia dan menjadi murid yang cukup menonjol di sekolahnya. Bahkan, ia dapat menamatkan jenjang sekolah atas pada saat usianya masih belia dan segera setelahnya ia melanjutkan sekolah di Prancis.

Ada dua kisah cinta Marie Curie yang tercatat dalam sajarah. Pertama dan yang paling terkenal adalah tentu saja kisah cintanya dengan suaminya, Pierre Curie, yang sama-sama berprofesi sebagai ilmuwan kimia. Laman mariecurie.org mencatat bahwa mereka berdua menikah karena memang mereka ditakdirkan untuk saling cocok satu sama lain, yakni sama-sama memiliki gairah menggebu akan sains.

Hebatnya lagi, pasangan suami istri tersebut mendapatkan Hadiah Nobel pada 1903 atas jasa dan penemuan mereka di bidang sains kimia. Prestasi tersebut mereka raih karena studi mereka dalam penelitian radiokatif hingga keberhasilan mereka dalam mengisolasi dua unsur kimia penting yakni polonium dan radium.

Kisah cinta kedua terjadi beberapa tahun setelah suaminya meninggal dunia, yakni kisah yang melibatkan Marie Curie dengan pria beristri. Pria tersebut adalah murid dari mendiang suaminya yang bernama Paul Langevin. Dampak dari kisah cinta terlarang ini juga memengaruhi jejak kariernya dalam dunia sains.

Harus diakui bahwa sejak kisah cinta terlarangnya diketahui oleh publik, ada banyak kalangan yang kehilangan respek terhadap Marie Curie, termasuk dari kalangan anggota komite Nobel itu sendiri. Meskipun hubungan Marie dengan Paul akhirnya berakhir, namun stigma negatif masih terus ditujukan pada Marie Curie, terutama dari kalangan para istri di Eropa pada zaman itu.

4. Isaac Newton juga merupakan ahli politik

Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Inihistorycollection.co

Semua orang pasti tahu kalau Isaac Newton merupakan ilmuwan yang menggagas hukum gravitasi. Kalangan akademisi di dunia juga sangat mengenal Newton melalui semua teori dan hukum alam yang pernah ia gagas dan kembangkan sebelum era Einstein. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Newton juga hebat dalam berpolitik.

Buktinya ada pada buku yang ia selesaikan pada 1687 berjudul Three of the Principia. Saking kuatnya pengaruh buku tersebut, konon kerajaan Inggris zaman itu sampai harus mengalami perpecahan politik dan ideologi. Sebetulnya, Newton telah menulis banyak buku dan gagasan. Namun, beberapa karyanya sangat fenomenal hingga mengantarkan Newton pada popularitas sebagai ilmuwan dan mungkin juga sebagai politikus.

The Newton Project dalam lamannya menulis bahwa gagasan-gagasan Newton mengenai cara pandang manusia terhadap dunia, telah membuat peta politik Inggris saat itu mengalami sedikit perubahan dan guncangan. Ia bahkan sangat aktif di berbagai universitas Inggris kala itu untuk melakukan perlawanan terhadap kerajaan yang sering melakukan pelanggaran hak asasi dan hak beragama.

Sisi lain dari Newton ini terdengar unik dan aneh karena dari sudut pandang sains, seharusnya ilmuwan haram menyentuh lobi-lobi politik dan kekuasaan, meskipun untuk tujuan yang terdengar baik. Nyatanya, Newton sukses dalam memengaruhi banyak universitas di Inggris dan ia menjadi salah satu ilmuwan, filsuf, dan pemikir hebat sepanjang masa.

5. Albert Einstein memiliki banyak sisi unik

Punya Sisi Unik! Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan 5 Ilmuwan Dunia Inibusinessinsider.com

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan genius yang menemukan teori relativitas. Teori tersebut berpengaruh besar dalam perkembangan sains di dunia, mulai dari teknologi hingga membuka cakrawala baru mengenai pengetahuan akan alam semesta. Namun, rupanya Einstein juga dikenal sebagai ilmuwan yang punya banyak sisi unik.

Laman History mencatat bahwa Einstein memiliki sisi lain dalam hidupnya yang tak banyak diketahui oleh publik. Sisi unik tersebut berkaitan dengan pendidikan, kehidupan asmara, dan bahkan hal-hal aneh yang dilakukan beberapa kalangan setelah Einstein meninggal dunia.

Dalam hal pendidikan, Einstein kecil sebetulnya merupakan siswa yang tidak menonjol. Ia terkesan biasa-biasa saja dan bahkan pernah menjadi murid nakal di sekolahnya. Dalam beberapa kesempatan, guru kelas Einstein juga mengatakan bahwa Einstein adalah murid yang bodoh dan sulit untuk diatur.

Bagaimana dengan sisi percintaannya? Dilansir Live Science, ternyata Einstein tidak memiliki hubungan percintaan sebaik kariernya di bidang sains. Kehidupan percintaan Einstein dipenuhi dengan lika-liku dan hubungan dengan banyak kekasih. Hal tersebut dapat diketahui melalui berbagai macam surat cinta yang ia tuliskan untuk kekasih-kekasihnya yang tersebar di berbagai kota.

Setelah Albert Einstein meninggal dunia, potongan otak dari orang genius tersebut diawetkan dan disimpan di Museum Mutter yang berada di Philadelpia, Amerika Serikat. Cukup menyeramkan, bukan? Bahkan, setelah Einstein meninggal dunia pun, masih ada banyak pihak yang tidak ingin Einstein beristirahat dengan tenang.

Itulah beberapa sisi unik dari para ilmuwan tersohor di dunia sains. Rupanya sisi lain dari kehidupan mereka sama saja dengan sisi lain kehidupan orang-orang pada umumnya, ya!