Comscore Tracker

Mengenal Peradaban Nirleka, Ini Pengertian dan Contohnya

Sering dengar dan baca, tapi apa maksudnya, ya?

Mungkin kamu pernah membaca atau mendengar kisah tentang nirleka. Yup, kata nirleka sendiri memang lekat dan berkaitan langsung dengan sejarah peradaban manusia. Namun, kata dan istilah ini masih sering terdengar asing dan tidak semua orang tahu apa maksudnya.

Nah, kali ini, kita akan sama-sama menyelidiki apa yang dimaksud dengan nirleka. Bagaimana hubungannya dengan peradaban manusia? Baca artikelnya sampai habis, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Genosida Rwanda, Pembantaian Terbesar dalam Sejarah Afrika

Nirleka dan kaitannya dengan zaman praaksara

Mengenal Peradaban Nirleka, Ini Pengertian dan Contohnyailustrasi kehidupan manusia di zaman purba (flickr.com/Hans Splinter)

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, nirleka diartikan sebagai 'tanpa tulisan'. Artinya, nirleka merujuk pada era saat manusia betul-betul belum mengenal tulisan. Ada banyak orang yang menyatakan bahwa zaman itu termasuk era yang disebut sebagai prasejarah. Namun, penyebutan itu ternyata kurang tepat.

Faktanya, sejarah manusia sudah ada sejak evolusi Homo sapiens pertama kali terjadi di alam. Di sisi lain, sistem tulisan baru mulai dikenal manusia sejak 5.500 tahun lalu di wilayah Mesopotamia, seperti dilansir British Library. Jadi, penyebutan dan kaitan nirleka memang lebih tepat jika dikorelasikan dengan praaksara ketimbang prasejarah.

Nah, dari sini, kita sudah memahami bahwa nirleka adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan. Itu artinya, rentang waktunya juga sangat luas, mulai era manusia purba hingga abad menjelang manusia mengenal tulisan di Mesopotamia. Jika ditarik ke belakang, ada rentang waktu dari ratusan ribu hingga jutaan tahun di sana.

Contoh dari peradaban nirleka paling terkenal adalah Zaman Batu dan Zaman Perunggu. Menurut laman History, Zaman Batu bahkan sudah ada sejak 2 juta tahun lalu sampai 10000 SM. Sementara, Zaman Perunggu ada pada masa-masa yang lebih muda, yakni 8000—3000 SM.

Nah, itu tadi penjelasan dan contoh dari era nirleka, zaman saat manusia belum mengenal sistem tulisan. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang jelas mengenai sejarah, ya.

Baca Juga: 10 Museum Sains Terbaik di Dunia, Inspirasi Inovasi dan Wisata Sejarah

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya