Comscore Tracker

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Bang

Usia Bumi gak ada apa-apanya!

Seperti dicatat dalam laman sains Space, Big Bang atau Ledakan Dahsyat merupakan sebuah teori yang diyakini sebagai proses pembentukan awal mula alam semesta. Ledakan dahsyat terjadi pada kisaran waktu 13,8 hingga 14 miliar tahun yang lalu.

Nah, tentunya ada beberapa objek luar angkasa tertua yang usianya juga hampir menyamai dengan usia Big Bang itu sendiri. Bahkan, konon, ilmuwan dibuat bingung dengan salah satu objek yang usianya lebih tua ketimbang Big Bang. Yang jelas, usia Bumi yang hanya 4,5 miliar tahun jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan objek-objek purba tersebut.

Inilah lima objek tertua di alam semesta yang saat ini sanggup diamati oleh teknologi manusia. Apa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Gugus Galaksi R5519

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Bangenglish.sakshi.com

Gugus Galaksi adalah sebuah objek luar angkasa yang sangat masif karena terdiri dari Galaksi itu sendiri dan beberapa objek pendukung lainnya. Live Science dalam lamannya menulis bahwa para ilmuwan dan astronom telah menemukan salah satu Gugus Galaksi tertua yang ada di alam semesta.

Gugus Galaksi itu dinamakan R5519, sebuah objek luar angkasa masif yang berusia sebelas miliar tahun. Studi dan penelitian tentang objek purba tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Menggunakan teknologi teleskop luar angkasa Hubble dan penghitungan fisika, didapatkan kisaran usia objek yang mirip dengan ring api tersebut.

Dari studi empiris yang dilakukan, terkuak bahwa Gugus Galaksi tersebut juga mengalami tubrukan hebat dengan objek-objek angkasa yang juga sama-sama berusia purba. Kini, Gugus Galaksi R5519 dimasukkan sebagai salah satu objek alam semesta purba tertua yang pernah ada.

2. Abell 2744 Y1

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Bangsci-news.com

Abell 2744 Y1 adalah Galaksi yang dianggap juga memiliki usia sangat purba. Seperti ditulis dalam Scitech Daily, NASA telah berhasil menangkap citra dari galaksi yang mungkin merupakan objek luar angkasa terjauh dari Planet Bumi.

Galaksi yang berusia 13 miliar tahun tersebut diberi nama Abell 2744 Y1. Galaksi jauh ini memiliki ukuran 30 kali lebih kecil jika dibandingkan dengan Bima Sakti, namun kapasitas bintangnya jauh lebih padat.

Studi dan penelitian itu dibantu oleh teknologi Spitzer yang dapat mendeteksi cahaya inframerah dari gugusan objek jauh di alam semesta. Gelombang cahaya tersebut juga dapat ditangkap oleh teleskop luar angkasa Hubble.

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa: Peluncuran Roket SpaceX yang Mengukir Sejarah

3. Bintang Caffau

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Bangmedium.com

Di antara triliunan atau bahkan jumlah tanpa batas dari bintang-bintang yang ada di alam semesta, ada sebuah bintang bernama Caffau atau SDSS J102915+172927. Cukup rumit juga namanya, kan? Namun, bintang purba ini berusia 13 miliar tahun, seperti dicatat dalam laman sains Phys.

Uniknya, bintang ini juga terdapat di Galaksi Bima Sakti dan merupakan bintang tertua di galaksi kita ini. Bintang Caffau merupakan salah satu dari banyak bintang yang diteliti oleh ilmuwan dan NASA.

Dengan jarak sekitar 4.400 tahun cahaya dari Bumi, Bintang Caffau menjadi salah satu bintang tertua yang memiliki jarak terdekat dengan Bumi. Namun, rupanya bukan hanya Caffau saja yang memiliki usia tua. Ada beberapa bintang lainnya yang juga berusia sangat purba.

4. Bintang HE 1523-0901

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Banguniversetoday.com

Selain Bintang Caffau, ada juga bintang bernama HE 1523-0901 yang juga memiliki usia sangat purba, yakni 13,2 miliar tahun. Nature dalam lamannya mencatat bahwa lokasi bintang tua ini juga cukup dekat dengan Galaksi Bima Sakti.

Meskipun usianya sangat purba, bintang tersebut masih aktif memancarkan cahaya dan energi layaknya bintang-bintang lainnya. Namun, kemungkinan usianya juga tak akan lebih lama lagi. Jika ia mati, akan menjadi sebuah ledakan energi yang cukup besar.

5. Bintang Methuselah atau HD 140283

5 Objek Angkasa Tertua di Alam Semesta, Sudah Ada sebelum Big Bangoldest.org

Methuselah atau HD 140283 adalah sebuah bintang legendaris karena usianya lebih tua dari alam semesta. Menurut laman sains NASA, bintang tersebut berusia 14,5 miliar tahun. Berarti ini lebih tua ratusan juta tahun dibandingkan dengan Big Bang atau usia alam semesta itu sendiri.

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Beberapa pakar fisika menyatakan kemungkinan ada kesalahan penghitungan jarak yang terakumulasi pada bintang tersebut. Namun, mereka tetap tidak membantah bahwa HD 140283 merupakan salah satu bintang yang usianya paling ekstrem dibanding usia objek angkasa lainnya.

Bintang ini sudah lama menjadi misteri bagi kebanyakan ilmuwan. Selain usianya yang sangat purba, pergerakannya juga sangat cepat. Yang luar biasa adalah kemampuan bintang tersebut dalam memancarkan energi dan cahaya. Pancarannya cenderung stabil dibandingkan bintang-bintang muda lainnya.

Hingga saat ini, bintang tersebut masih menjadi objek angkasa misterius yang sering diperdebatkan, bahkan di kalangan ilmuwan itu sendiri. Beberapa ilmuwan bahkan menganggap bahwa keberadaan Bintang Methuselah adalah bukti bahwa Big Bang pernah terjadi berulang kali.

Itulah beberapa objek luar angkasa yang memiliki usia ekstrem, malah ada yang lebih tua ketimbang alam semesta. Bagaimana menurutmu? Apakah ada objek angkasa yang usianya jauh lebih tua lagi?

Baca Juga: Jika Terjadi Kejahatan di Luar Angkasa, Siapa yang Berhak Mengadili?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya