Comscore Tracker

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di Dunia

Benar-benar ekstrem!

Obsesi adalah hasrat atau keinginan kuat yang selalu disertai dengan tindakan nyata untuk mencapai sebuah tujuan. Obsesi dalam takaran normal tentu sangat baik untuk memompa semangat kita untuk terus maju dan tidak putus asa.

Namun, apa jadinya jika obsesi itu sudah kelewat batas? Dalam jurnal Mental Health America, kelainan psikologis ini dinamakan OCD (obsessive compulsive disorder), kelainan psikologis atau mental saat penderitanya akan melakukan hasrat atau keinginannya secara berlebihan dan di ulang-ulang tanpa pernah merasa puas.

Inilah lima jenis obsesi paling aneh yang pernah ada. Pasti akan membuatmu geleng kepala!

1. Phagomania atau Binge-Eating Disorder (BED)

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di DuniaPixabay/JuanitaL57

BED atau binge-eating disorder adalah obsesi atau hasrat berlebihan yang tak tertahankan terhadap makanan apa pun. Ini sering juga disebut phagomania. Biasanya, orang yang mengidap phagomania akan terus-terusan makan tanpa mempedulikan kesehatan mereka. Mereka hanya berpikir makan dan makan seperti tak ada hari esok.

Dilansir laman Eating Disorder Hope, penderita BED memang sangat kesulitan untuk mengontrol waktu makannya. Bahkan, orang yang mengalami BED bisa mengalami penyakit-penyakit lainnya, seperti obesitas, jantung, maupun diabetes.

2. Catapedamania

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di DuniaPixabay/Comfreak

Catapedamania adalah obsesi berlebihan untuk lompat dari ketinggian. Biasanya, orang yang memiliki obsesi seperti ini tidak akan takut dengan ketinggian di gedung-gedung bertingkat. Mereka justru sangat berhasrat untuk melompat dan menaklukkan ketinggian.

Beberapa kegiatan ekstrem di ketinggian juga bisa terjadi akibat obsesi berlebihan dengan ketinggian, misalnya saja terjun bebas, skydiving, dan meluncur di ketinggian dengan kecepatan tinggi menggunakan wingsuit (kostum dan peralatan khusus untuk meluncur di udara), merupakan sebagian kecil dari obsesi untuk menaklukkan ketinggian.

Baca Juga: Bukan Cuma Satu, Ini 5 Tipe Gangguan OCD yang Wajib Kamu Tahu

3. Clinomania

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di DuniaPixabay/Free-Photos

Kalau kamu suka leyeh-leyeh dan berlama-lama di atas ranjang, itu masih normal. Namun, bagaimana jika itu berlangsung selama berhari-hari, padahal kondisi kamu sedang sehat dan bugar? Mungkin, kamu terkena sindrom atau obsesi clinomania.

Holtorf Medical Group melalui lamannya menjelaskan bahwa clinomania juga bisa berhubungan dengan tingkat depresi seseorang. Biasanya, orang sehat yang cenderung menghabiskan 90 persen waktunya di atas tempat tidur kemungkinan ada sesuatu dengan psikisnya, bisa depresi atau stres akut dalam waktu yang lama.

4. Poriomania

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di DuniaPixabay/Free-Photos

Poriomania adalah sebuah obsesi berlebihan untuk selalu jauh dari rumah atau tempat tinggal. Biasanya, beberapa dari mereka yang memiliki sindrom dan obsesi ini hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Bukan karena tidak mampu secara finansial, melainkan mereka menginginkan perasaan puas jika jauh dari rumah.

Namun, tidak semua orang yang berjiwa petualang bisa terkena obsesi ini. Pada dasarnya, obsesi atau hasrat ini tidak akan memberikan rasa puas meskipun mereka telah lelah bertualang.

5. Pyromania

Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di Duniaitspsychology.com

Jurnal psikologi Very Well Mind menjelaskan bahwa obsesi berlebihan yang satu ini diklasifikasikan sebagai kelainan mental yang berbahaya. Penderita akan sangat terobsesi dengan api, bahkan suka melihat sesuatu terbakar.

Dengan melihat sesuatu terbakar, jiwa dari seorang pyromania akan terpuaskan. Salah satu cara supaya penderita tidak membahayakan lingkungan ialah menjauhkannya dari hal-hal yang bersinggungan dengan api.

Itulah lima obsesi atau hasrat berlebihan paling aneh yang pernah ada. Cukup unik dan mengerikan, ya!

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Ini

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya