Comscore Tracker

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Dunia

Mulai dari kaisar hingga reformis teologia

Seorang pemimpin dan penggagas reformasi tidak hanya dituntut untuk bisa memimpin secara tegas, melainkan juga harus memiliki karisma, pengaruh, dan mampu membawa perubahan. Dalam sejarah dunia, ada banyak pemimpin dunia--sekaligus reformis--yang mampu mengubah sejarah dan membawa perubahan bagi komunitas dan negaranya.

Nah, inilah lima pemimpin dan reformis muda yang memiliki pengaruh besar bagi dunia. Siapa saja mereka? Yuk, disimak!

1. Kaisar Meiji

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Duniasas.upenn.edu

Jika ditanya siapa orang Jepang yang mampu mengubah sejarah politik dan kekuasaan Jepang secara ekstrem, pasti orang tersebut adalah Kaisar Meiji. Kaisar Meiji atau Mutsuhito Meiji adalah seorang kaisar muda yang memimpin Jepang pada 1867 hingga 1912. Kaisar Meiji juga merupakan kaisar ke-122 Jepang.

Seperti dicatat dalam laman Britannica, Kaisar Meiji pernah terlibat langsung dalam sebuah perebutan kekuasaan dengan syogun. Peristiwa bersejarah tersebut dinamakan Restorasi Meiji. Ya, meskipun masih muda, nyatanya Mutsuhito sanggup menggulingkan dan mengambil alih kekuasaan politik dan militer yang kala itu dipegang oleh Syogun Tokugawa Yoshinobu.

Sejatinya, pucuk pimpinan tertinggi Jepang memang berada di tangan kaisar. Hanya saja, sejak era kesyogunan berkuasa sebagai pemimpin militer dan samurai--terutama Tokugawa--kekuasaan kaisar sering kali berada sejajar dengan syogun. Nah, pada saat usianya masih 16 tahun, Kaisar Meiji sudah terlibat langsung dengan konflik dan peperangan dengan pihak syogun.

Dengan bantuan militer barat, akhirnya Kaisar Meiji berhasil menumbangkan kesyogunan Jepang yang sudah memerintah Jepang selama lebih dari 200 tahun. Kekuasaan politik dan militer akhirnya kembali ke tangan kaisar. Selain Restorasi Meiji, ada banyak orang Jepang yang mengenang peristiwa tersebut sebagai berakhirnya zaman Edo.

2. Alexander Agung

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Duniabibloteka.com

Semua orang tentu tahu siapa Alexander Agung. Ia adalah seorang raja dan pemimpin militer yang sangat disegani pada era Yunani kuno. Nama aslinya adalah Alexandros III ho Makedon. Ia meneruskan kekuasaan Kekaisaran Mekedonia setelah ayahnya dibunuh oleh musuh (melalui pengawal pribadi raja) pada 336 Sebelum Masehi.

Meskipun masih sangat muda, Alexander berhasil melampaui kejayaan melebihi ayah dan kakeknya. Menurut laman History, pada saat usianya masih 20 tahun, Alexander sudah memimpin kerajaan dan mampu menumpas pemberontakan di Yunani bagian utara. Tahun-tahun berikutnya adalah tahun-tahun kejayaan Raja Alexander karena berhasil menaklukkan banyak wilayah.

Catatan sejarah menyatakan bahwa kekuasaan Alexander meluas di semenanjung Eropa, India, Babilonia, Asia minor, bahkan menghancurkan Kerajaan Persia yang kala itu dipimpin oleh Raja Darius III. Setelah Alexander Agung menghancurkan Kekaisaran Persia, Kerajaan Makedonia tidak terbendung lagi dan kekuasaannya membentang dari Laut Adriatik sampai Sungai Indus.

Beberapa cerita mitos bahkan tersebar luas hingga Timur Tengah dan Tiongkok. Kala itu, Alexander Agung dianggap sebagai jelmaan dari Akhilles, seorang pahlawan Yunani yang konon merupakan keturunan Dewa Zeus. Bahkan, hingga saat ini nama Alexander Agung masih dijadikan pembanding bagi jenderal atau juru taktik perang modern.

Baca Juga: 8 Penemuan Bangsa Yunani Kuno yang Berhasil Mengubah Sejarah Dunia

3. Napoleon Bonaparte

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Duniadiscoverwalks.com

Nama Napoleon Bonaparte juga selalu dicatat dalam sejarah dunia, terutama oleh bangsa Eropa. Laman Biography menulis bahwa Napoleon Bonaparte adalah jenderal militer Prancis dan sukses menjadi kaisar Prancis yang pertama. Selain cerdas berpolitik di belakang meja, Napoleon juga merupakan pemimpin hebat di medan perang.

Selain menjabat Kaisar Prancis pada era 1804 hingga 1814, Napoleon Bonaparte juga merupakan tokoh penting yang terlibat langsung dalam Revolusi Prancis. Dalam sejarahnya, ia dikenal sebagai pemimpin perang yang nyaris selalu menang di semua peperangannya. Napoleon juga membawa pengaruh kuat di wilayah-wilayah protektoratnya, seperti Swiss, Jerman, dan Italia.

Napoleon juga memerintah Italia dan memiliki gelar sebagai Raja Italia. Uniknya, semua jabatan strategis tersebut didapatkan pada saat ia masih berusia sangat muda, yakni 35 tahun. Salah satu peninggalan Napoleon yang sangat berpengaruh adalah Kitab Undang-undang Napoleon.

Harus diakui bahwa sistem perundang-undangan yang digagas dan disusun pada zaman Napoleon telah memberikan pengaruh besar bagi banyak negara. Hingga kini, banyak negara barat dan Asia pada umumnya secara tidak langsung mengadopsi sistem undang-undang Napoleon meskipun pada akhirnya juga dibutuhkan modifikasi.

4. Mahatma Gandhi

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Duniaindia.com

Mahatma Gandhi adalah seorang tokoh yang sangat disegani dan dianggap sebagai Bapak Antikekerasan. Tokoh yang berasal dari India ini dilahirkan pada 2 Oktober 1869 dengan nama Mohandas Gandhi dan meninggal dunia pada 30 Januari 1948. Dilahirkan dalam keluarga yang memegang teguh nilai-nilai agama, Gandhi tumbuh sebagai pribadi yang cinta damai dan menentang penjajahan.

Pada saat ia masih berusia 24 tahun, Gandhi sudah melakukan perjalanan jauh ke Afrika Selatan dan menjadi pemimpin untuk komunitas yang tertindas di Afrika. Perjuangan ini dilatarbelakangi oleh tindakan orang-orang Eropa yang saat itu bersifat diskriminatif terhadap orang yang bukan dari golongan kulit putih.

Hal-hal diskriminatif pun kerap diterima oleh Mohandas Gandhi. Salah satu momen yang sulit dilupakan Gandhi pada saat ia diusir dari gerbong kereta VIP hanya karena warna kulitnya yang gelap. Padahal, ia membeli dan memiliki tiket dengan kelas dan harga yang sama dengan orang-orang Eropa.

Karena perjuangannya dalam menentang diskriminasi sejak usia belia, Mohandas Gandhi sudah menjadi tokoh populer di dunia sejak ia muda. Gelar Mahatma sendiri diberikan pada 1914 kepada Gandhi karena perjuangannya di Afrika Selatan dan India. Sejak itu, ia lebih dikenal dengan nama Mahatma Gandhi atau Gandhi sang Jiwa Agung.

5. Martin Luther

5 Pemimpin dan Reformis Muda yang Memiliki Pengaruh Besar bagi Duniabaltimoresun.com

Dalam budaya dan keyakinan kekristenan, nama Martin Luther tentu merupakan sebuah nama besar yang melekat karena kepemimpinannya dalam melakukan reformasi gereja di zaman Eropa kuno. Laman National Geographic menjelaskan bahwa Martin Luther dilahirkan dari keluarga yang cerdas, kaya, dan cukup terpandang.

Luther juga cerdas karena ia merupakan lulusan Sarjana Teologia sekaligus ilmu eksak. Bahkan, pada saat usianya masih cukup muda, Luther sudah menjadi profesor di bidang teologia, musik, dan cabang keilmuan lainnya. Ia juga dikenal sebagai rahib dan imam yang kelak menjadi reformis gereja di Eropa.

Pada 1517, saat Luther masih berusia 34 tahun, ia sudah menerbitkan 95 tesis dan diskusi ilmiah yang berhubungan dengan praktik keagamaan dan indulgensi dalam gereja-gereja kuno di Eropa. Nah, tentu saja, tesis dan diskusi tersebut membuatnya mengalami ekskomunikasi atau pengucilan sebagai hukuman dari pihak gereja terhadap anggotanya karena melakukan pelanggaran berat.

Dalam reformasinya, Martin Luther juga menentang kedudukan hierarki dalam gereja yang terpusat pada sistem kepemimpinan tunggal dunia. Hal ini dipertentangkan oleh Luther karena ia menganggap bahwa kekuasaan tunggal tidak cocok untuk mengatur keimanan seseorang. Malah, kekuasaan tunggal akan bersinggungan dekat dengan korupsi.

Harus diakui bahwa sejak munculnya ideologi yang dibawa oleh Martin Luther, bangsa Eropa secara umum bertambah lebih maju dan bebas. Pola pikir dan peninggalan Martin Luther pun sudah tersebar luas di seluruh dunia, yakni dikenal sebagai denominasi ideologi Protestan.

Itulah beberapa pemimpin dan reformis muda yang membawa pengaruh besar bagi dunia. Rupanya, kepemimpinan tidak harus melulu berada di jalur politik, bukan? Semoga artikel ini dapat memperkaya wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 10 Cerita Sejarah Seperti Kebetulan Ini Susah Dipercaya, padahal Nyata

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya