Comscore Tracker

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Dunia

Mulai dari medis hingga teleskop luar angkasa

Sains tidak bisa dilepaskan dari berbagai macam penemuan penting yang awal mulanya digagas oleh ilmuwan. Penemuan tersebut membawa pengaruh cukup signifikan bagi kehidupan manusia. Dengan kemajuan sains, kehidupan manusia sehari-hari akan menjadi lebih mudah dan bahkan dapat berguna untuk membantu kemanusiaan.

Nah, kira-kira apa saja penemuan-penemuan sains paling berpengaruh di dunia, ya? Yuk, disimak!

1. Vaksin

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniabgr.com

Seperti dicatat dalam laman History of Vaccine, pada abad ke-9 hingga ke-10, Tiongkok Kuno sudah menemukan metode vaksin cacar untuk pertama kalinya. Namun, metode tersebut masih dianggap sangat sederhana. Bahkan, konsep mengenai vaksin sudah ada jauh Sebelum Masehi pada saat sejarawan dan filsuf Yunani Kuno mengamati bahwa cacar bisa menular dan sulit untuk menjangkiti orang yang sama (imunitas).

Baru pada era 1700-an, seorang dokter sekaligus ilmuwan bernama Edward Jenner menemukan metode vaksinasi cacar secara klinis dan modern. Penemuan ini membawa dampak besar bagi Eropa dan negara-negara lainnya. Kini, vaksin adalah hal wajib yang harus diberikan pada seseorang dalam dunia medis.

2. Penisilin atau antibiotik

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di DuniaPixabay/qimono

Penisilin atau antibiotik adalah obat-obatan medis yang digunakan untuk menghambat dan membunuh bakteri merugikan dalam tubuh. Biasanya, bakteri jahat tersebut juga bertanggung jawab terhadap infeksi yang terjadi pada organ tubuh manusia. Seperti ditulis dalam laman American Chemical Society, pada 1928 silam, seorang ilmuwan bernama Alexander Fleming menemukan senyawa yang dapat membunuh bakteri dan jamur.

Senyawa penisilin tersebut ternyata sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan parasit yang merugikan tubuh manusia. Dengan penemuannya ini, kasus-kasus kematian akibat infeksi akut dapat ditekan dan bahkan dikendalikan. Hingga saat ini, antibiotik masih menjadi obat medis yang dikonsumsi untuk melawan infeksi akibat bakteri.

3. Perangkat listrik

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di DuniaUnsplash/Fre Sonneveld

Pada dasarnya, listrik merupakan salah satu bentuk energi alami sehingga tidak diciptakan oleh manusia, seperti dicatat dalam laman sains Universe Today. Namun, beberapa perangkat listrik telah diciptakan untuk membantu kualitas kehidupan manusia.

Mulai dari Benjamin Franklin, Thomas Edison, Nikola Tesla, hingga beberapa penemu perangkat listrik lainnya, telah berjasa menciptakan teknologi bagi umat manusia. Di zaman modern ini, kebutuhan akan perangkat listrik merupakan kebutuhan dasar dari hidup manusia.

4. Telepon

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di DuniaUnsplash/Pawel Czerwinski

Tentu kamu tahu dan mungkin sering menggunakan telepon sebagai alat komunikasi. Mulai dari smartphone sampai telepon rumah, semuanya diciptakan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik. Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan yang pertama kali menemukan telepon pada era 1800-an.

Saat ini, alat komunikasi tidak terbatas pada telepon kabel yang sering dijumpai di rumah atau kantor. Komunikasi saat ini telah didominasi oleh koneksi internet jarak jauh. Dengan adanya alat komunikasi, manusia bisa menjadi lebih dekat satu sama lain meskipun berada pada jarak yang saling berjauhan.

5. Alat transportasi

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniaairbus.com

Transportasi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Penemuan di bidang transportasi juga ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Wright bersaudara, misalnya, telah menemukan pesawat terbang untuk pertama kalinya pada 1903. Ada pula Karl Benz yang telah menemukan transportasi darat menggunakan mesin pada 1886.

Mereka semua berjasa dalam meletakkan fondasi bagi kemajuan teknologi di bidang transportasi modern. Jarak antarnegara yang sangat jauh sudah bukan menjadi penghalang bagi banyak orang.

Baca Juga: 7 Penemuan Arkeologi Terbaru yang Berhasil Menulis Ulang Sejarah

6. Satelit buatan

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniacarriermanagement.com

Beberapa macam satelit buatan seperti satelit komunikasi, satelit cuaca, dan satelit militer telah diciptakan untuk membantu meringankan tugas-tugas manusia yang awalnya dirasa mustahil. Peta yang dulunya hanya berbasis manual dan konvensional saat ini sudah bisa dijelajah secara digital dengan akurat.

Laman sains Space mencatat bahwa pertama kali Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya pada 1957 silam. Peristiwa tersebut merupakan salah satu tonggak bersejarah bagi umat manusia karena setelahnya ada banyak misi manusia ke luar angkasa, termasuk pendaratan manusia di Bulan.

7. Higgs boson atau partikel Tuhan

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniaphys.org

Penemuan partikel Tuhan merupakan salah satu penemuan paling menghebohkan dalam dunia sains. Bagaimana tidak, partikel Tuhan atau Higgs boson yang sebelumnya diprediksi tak akan pernah ditemukan, justru telah sukses ditemukan pada 2012 lalu.

Partikel ini merupakan partikel yang dianggap sebagai salah satu pembentuk massa. Itu sebabnya dinamakan partikel Tuhan. Bahkan, Stephen Hawking sebagai ilmuwan besar pun cukup terkejut dengan penemuan tersebut. Pasalnya, Higgs boson diklaim mampu membuka misteri hukum alam yang masih misterius di alam semesta.

8. USG

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniaidsmed.com

Dalam dunia medis, ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG merupakan salah satu metode penting untuk mengamati dan menganalisis sesuatu yang berada dalam tubuh manusia. USG sangat penting peranannya bagi siapa saja yang membutuhkan analisis medis yang tak dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu.

Laman CME Science mencatat bahwa ultrasonografi pertama kali diteliti oleh ilmuwan bernama Lazzaro Spallanzani pada 1794 silam yang berkaitan dengan suara khusus yang dikeluarkan oleh kelelawar. Pada 1900-an, beberapa ilmuwan sudah mulai menggunakan bantuan ultrasonografi di bidang medis.

Pada 1956, USG pertama kali digunakan secara resmi di klinik oleh dokter bernama Ian Donald dan asistennya, Tom Brown. Sebelumnya, USG juga disempurnakan oleh fisikawan asal Austria bernama Christian Andreas Doppler.

9. Teknologi berbasis nuklir

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniamusophone.com

Salah satu penemuan terbesar manusia adalah teknologi nuklir. Penemuan ini sebagian besarnya didasari pada teori-teori yang dulu pernah digagas oleh Albert Einstein. Nuklir bisa dijadikan bahan bakar yang hemat energi. Bahkan, nuklir bisa dijadikan sumber daya alternatif pengganti yang lebih kuat, namun efisien.

Akan tetapi, dari sekian banyak teknologi nuklir yang ada, senjata perang berbasis nuklir juga diciptakan untuk tujuan yang kontra dengan kemanusiaan. Bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki merupakan salah satu dampak mematikan dari penemuan teknologi nuklir dan atom.

10. Teleskop Hubble

Kamu Harus Tahu! 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Duniadailygalaxy.com

Di bidang astronomi, teleskop Hubble menjadi salah satu penemuan terbesar mereka karena teleskop canggih tersebut merupakan ujung tombak untuk melihat objek angkasa yang jauh di alam semesta. Kini, teleskop besar yang terletak di luar angkasa tersebut memiliki teknologi canggih yang dapat mengamati benda-benda angkasa secara cukup detail.

Penemu teknologi teleskop tersebut adalah seorang astronom bernama Edwin Hubble. Pada 1920, Hubble sudah menggunakan teleskop raksasa yang ia rancang untuk mengamati pergerakan planet dan galaksi, seperti ditulis dalam laman NASA.

Itulah beberapa penemuan sains paling berpengaruh bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Sains tentang Sejarah Penemuan Kemoterapi dalam Dunia Medis

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya