Comscore Tracker

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!

Salah satu cara efektif untuk mencegahnya adalah vaksinasi

Hewan peliharaan kesayangan manusia seperti anjing, kucing, burung, kura-kura, dan lain sebagainya merupakan hewan-hewan yang dianggap paling dekat dengan kehidupan manusia. Bahkan ada banyak hewan-hewan peliharaan tersebut sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

Untuk memelihara mereka dengan baik, dibutuhkan pengetahuan dan komitmen kuat karena memelihara hewan berarti terikat dengan kewajiban seumur hidup hewan tersebut. Kesehatan merupakan salah satu hal mendasar yang harus diperhatikan bagi siapa saja pemilik hewan peliharaan.

Ada beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang hewan peliharaan kesayanganmu. Beberapa penyakit ini bahkan juga dapat menular ke manusia. Inilah lima penyakit mematikan yang dapat menyerang hewan peliharaanmu, apa saja?

1. Rabies

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!Unsplash/Tran Mau Tri Tam

Salah satu penyakit mematikan dan berbahaya yang bisa menyerang hewan peliharaanmu adalah virus rabies. Virus ini dapat menyerang kucing dan anjing, dan biasanya penularan dapat terjadi melalui kontak dengan hewan liar seperti musang dan kelelawar.

Laman Britannica menulis bahwa rabies merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf dan dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Semua hewan berdarah panas, termasuk manusia, rentan terhadap penularan rabies.

Satu-satunya cara mencegah rabies adalah dengan vaksinasi. Sebaiknya, kucing dan anjing yang kamu pelihara diberikan vaksin secara berkala, terutama untuk mencegah virus rabies. Hal ini wajib dilakukan karena belum ada obat yang dapat menyembuhkan rabies secara efektif.

2. Flu burung

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!Unsplash/Dominik Lange

Flu burung atau avian influenza adalah penyakit yang menyerang unggas secara umum. Penyakit ini sangat mematikan dan dapat ditularkan ke manusia. Flu burung yang pernah terjadi secara luas pada 2003 silam juga dialami di Indonesia, dan menyebabkan lebih dari 100 kematian.

CDC dalam laman resminya menjelaskan bahwa flu burung yang menjangkiti manusia dapat menampakkan gejala mual, muntah, diare, sesak napas, gagal napas, hingga kematian.

Tingkat fatalitas flu burung memang sangat tinggi, mencapai 75 persen. Meskipun kebanyakan kasus hanya menjangkiti unggas ternak, faktanya flu burung juga dapat menjangkiti unggas peliharaan.

Baca Juga: 8 Hewan Air dengan Warna Pink Natural nan Menawan, Unik!

3. Leptospirosis

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!microbiologysociety.org

Leptospirosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri leptospira, dan biasanya dapat menular ke hewan peliharaan, terutama anjing. Bakteri ini sering dibawa oleh tikus, dan interaksi langsung antara hewan peliharaan dengan tikus dapat menyebabkan penyebaran leptospirosis.

Melansir Science Direct, kasus leptospirosis banyak ditemukan di negara-negara berkembang dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Jika imun tubuh kuat, bakteri ini tidak akan mudah menginfeksi tubuh. Namun jika imun tubuh buruk, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian.

Karena tikus merupakan carrier bagi bakteri ini, sebaiknya jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kamu. Jauhkan hewan peliharaan kesayanganmu dari tikus, dan jaga agar tempat makan mereka selalu bersih sehingga tidak mengundang tikus datang.

4. Distemper

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!discovermagazine.com

Biasanya distemper menyerang anjing dan kucing, dan penyakit ini dapat berakibat fatal pada anjing karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini menyerang sistem pernapasan dan saraf pada anjing dan kucing, dan akan membuat mereka sulit bernapas sehingga tingkat kematiannya sangat tinggi.

Canine Journal menulis bahwa meskipun penyakit ini dapat berakibat fatal, namun penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi lengkap. Meskipun harga vaksin lengkap untuk anjing dan kucing agak mahal, vaksinasi lengkap sangatlah penting dilakukan sedini mungkin guna mencegah penularan penyakit.

5. FIV (Feline immunodeficiency virus)

5 Penyakit Mematikan yang Dapat Menyerang Hewan Peliharaanmu, Waspada!Unsplash/Manja Vitolic

FIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada kucing, mirip HIV yang menyerang manusia. Melansir RSPCA, kebanyakan kasus FIV pada kucing akan mengakibatkan kucing berumur pendek, dan ini jarang disadari oleh para pemilik kucing.

Penyakit ini juga terkadang muncul tanpa sebab dan gejala. Itu sebabnya ada beberapa kucing yang mati dengan tiba-tiba, dan sulit memastikan kematian kucing tersebut jika tidak dilakukan cek laboratorium.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada obat yang efektif dapat menyembuhkan dan mencegah FIV. Beberapa vaksin pernah dikeluarkan di Amerika, namun vaksin tersebut ditolak di Eropa karena belum terbukti efektif pada kucing.

Itulah lima penyakit mematikan yang dapat menyerang hewan peliharaanmu. Sebaiknya berikan vaksinasi lengkap secara rutin agar hewan peliharaanmu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia yang Tidak Takut dengan Ketinggian, Kok Bisa Ya?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya