Comscore Tracker

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi Ya

Terlihat serupa tapi tak sama

Apakah kamu juga sering menyamakan antara Antartika dengan Arktika? Faktanya masih banyak orang di dunia ini yang menyamakan keduanya, padahal secara mendasar dua tempat tersebut sangatlah berbeda.

Memang tempat-tempat tersebut terlihat sama, bahkan sama-sama memiliki cuaca dan suhu dingin yang ekstrem. Namun jika kamu jeli, maka kamu dapat menemukan perbedaan di antara keduanya.

Inilah lima perbedaan mendasar antara Antartika dan Arktika, jangan salah kaprah lagi, ya!

1. Antartika dan Arktika merupakan dua kutub yang berlawanan

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi YaUnsplash/Willian Justen

Antartika adalah Kutub Selatan yang terletak di bagian paling selatan bumi, yang juga disebut dengan sumbu bumi, dengan letak pada titik 90 derajat lintang selatan. Antartika ditemukan pertama kali pada 1911 silam oleh Roald Amundsen, seorang pejelajah wilayah kutub bumi berkebangsaan Norwegia.

Sedangkan Arktika adalah Kutub Utara yang terletak di bagian paling utara bumi, dengan letak pada titik 90 derajat lintang utara. Ada beberapa penjelajah dunia yang telah sampai di Arktika untuk pertama kalinya. Mereka yang paling awal menemukan Arktika adalah Robert Peary, Frederick A. Cook, Matthew Henson, dan penemu Kutub Selatan, Roald Amundsen.

Antartika dan Arktika sama-sama terletak di kutub bumi, namun keduanya sangat berbeda secara hakikat. Sampai saat ini, Antartika (Kutub Selatan) tidak dimiliki oleh negara mana pun di dunia, dan eksplorasi di Antartika hanya bertujuan untuk sains, perdamaian, dan wisata.

Berbeda dengan Arktika (Kutub Utara), yang sampai saat ini telah ada beberapa negara yang mengklaim daerah tersebut, yakni Amerika Serikat, Rusia, Norwegia, dan Kanada. Beberapa kota kecil juga terdapat di kawasan Arktika, dan ini membuat Kutub Utara sebagai satu-satunya wilayah kutub bumi yang memiliki populasi manusia secara aktif.

2. Kawasan keduanya juga sangat berbeda

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi YaUnsplash/Roxanne Desgagnes

Laman National Geographic mencatat bahwa suhu Antartika atau Kutub Selatan lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu di Arktika. Hal ini dapat terjadi karena letak Antartika lebih tinggi dibandingkan dengan Arktika.

Sebetulnya tanah di Antartika hanya memiliki ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Namun lapisan es di atasnya memiliki ketebalan setinggi 2700 meter di atas permukaan laut, sehingga hal ini juga mengakibatkan suhu Antartika lebih dingin. Suhu terpanas yang pernah tercatat di Antartika adalah -12,3 derajat celcius.

Sedangkan suhu terdingin yang pernah tercatat di Antartika adalah -89,2 derajat celcius. Memang suhu ini lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu di kawasan Arktika. Itu sebabnya kawasan Arktika masih bisa dijadikan tempat tinggal.

Antartika juga bukanlah lautan beku seperti Arktika. Dengan luas sekitar 6 juta mil persegi, Antartika memiliki daratan yang jauh lebih luas ketimbang Arktika. Sedangkan Arktika merupakan lautan beku yang memiliki luas sekitar 5 juta mil persegi. Daratan yang ada di Arktika mengelilingi lautan Arktik yang membeku, dan daratan tersebut digunakan oleh banyak orang untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Coba-coba Berenang di Sana

3. Keduanya memiliki habitat endemik yang berbeda

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi YaUnsplash/Dan Bolton

Dengan kawasan dan suhu yang berbeda, maka kedua tempat tersebut juga memiliki habitat yang juga saling berbeda. Masing-masing kutub tersebut ternyata memiliki hewan endemik yang hanya terdapat di tempat tersebut, dan tidak ditemukan di tempat lain.

Antartika (Kutub Selatan) adalah habitat alami satu-satunya bagi burung penguin, sedangkan Arktika (Kutub Utara) adalah habitat alami satu-satunya bagi beruang kutub, seperti ditulis BBC. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, karena memang kedua spesies tadi merupakan predator alami yang hanya ada di wilayahnya masing-masing.

Beruang kutub juga spesies beruang yang berbeda dengan beruang lainnya. Meskipun berkerabat dekat dengan beruang cokelat, beruang kutub dulunya bermigrasi ke Kutub Utara dan akhirnya dapat beradaptasi dengan baik di Arktika. Salah satu hasil evolusinya terdapat pada ketebalan dan warna pada bulunya, yang tentu berbeda dengan beruang lainnya.

4. Arktika dinilai lebih 'mahal' ketimbang Antartika

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi YaUnsplash/Arjan Janssen

Bukan tanpa alasan mengapa negara-negara besar di dunia berlomba membuat pemukiman modern di Arktika atau Kutub Utara. Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Rusia, Kanada, dan Norwegia sampai saat ini telah mengklaim beberapa wilayah Arktika menjadi bagian dari negaranya.

Mereka memperebutkan sesuatu yang sangat bernilai bagi kelangsungan hidup manusia. Yup, apalagi kalau bukan minyak bumi. Melansir Live Science, Arktika atau Kutub Utara memiliki cadangan minyak bumi yang sangat melimpah. Saat ini bahkan negara-negara seperti Inggris, Swedia, Tiongkok, dan Finlandia juga kerap mengeksplorasi kawasan Arktika.

Di kedalaman lautan Arktik diprediksi memiliki cadangan minyak bumi sebanyak lebih dari 10 miliar ton. Jika ditambah dengan jumlah yang ada di darat, maka jumlah cadangan minyak bumi di Kutub Utara ini bisa mencapai seperempat dari total cadangan minyak di seluruh dunia. Negara-negara yang bisa menguasai hasil bumi di Arktika akan menjadi negara yang kaya raya.

5. Ilmuwan dan peneliti memiliki metode berbeda dalam melakukan penelitian sains di kedua wilayah tersebut

5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi Yaarm.gov

Baik itu Antartika, maupun Arktika, sama-sama memiliki fasilitas penelitian sains bagi banyak ilmuwan dari seluruh dunia. Namun keduanya memiliki metode atau cara penelitian yang tentu juga berbeda.

Pada saat musim panas di Antartika terdapat 3000 hingga 4000 orang ilmuwan yang berpartisipasi dalam penelitian ilmiah. Dan pada saat musim dingin, biasanya tidak sampai 1000 orang ilmuwan yang berada di kawasan ini. Karena mayoritas Antartika adalah daratan, maka kebanyakan penelitian sains juga memiliki metode penelitian darat.

Sedangkan Arktika yang mayoritasnya adalah lautan, maka banyak ilmuwan yang melakukan penelitian dari fasilitas yang dibangun di atas kapal laut pemecah es. Jika memang kawasan tersebut tidak bisa dilalui oleh kapal, maka para peneliti biasanya akan membangun fasilitas tepat di atas laut yang membeku.

Itulah lima perbedaan mendasar antara Antartika dengan Arktika yang harus kamu ketahui. Jadi, jangan salah kaprah lagi, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Dimorfisme Seksual, Perbedaan Tampilan Hewan Jantan dan Betina

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya