Comscore Tracker

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan Kematian

Hati-hati jika bertemu dengan mereka

Adaptasi dan mekanisme pertahanan diri selalu dimiliki oleh semua organisme yang hidup di dunia ini. Mereka yang tampak lemah, biasanya justru memiliki pertahanan diri yang cukup mematikan. Yup, salah satu cara untuk bertahan di alam liar adalah menyalurkan enzim tertentu melalui sengatan yang biasanya akan terasa sangat menyakitkan bagi korbannya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa spesies hewan yang tampak lemah, namun memiliki sengatan dan gigitan mengerikan. Bagaimana potret-potretnya? Yuk, kita intip satu per satu.

1. Heloderma suspectum atau gila monster adalah reptil yang punya kelenjar racun. Menurut San Diego Zoo, mereka jarang melepaskan gigitannya

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianGila monster adalah kadal paling beracun di dunia. (thecalifornian.com/Joe Truskot)

2. Dilansir Natural History Museum, sengatan tawon tarantula bisa menimbulkan rasa nyeri selama 24 jam bagi manusia

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianTawon tarantula memiliki sengatan menyakitkan dan bisa berlangsung 24 jam. (nps.gov/Robb Hannawacker)

3. Ikan pari juga punya sengatan mengerikan. Dilansir Healthline, sengatannya dapat berakibat kegagalan fungsi organ tubuh pada manusia

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianIkan pari terkenal dengan sengatannya yang mengerikan. (pexels.com/W W)

4. Punya sengatan berbahaya, black widow dianggap sebagai salah satu laba-laba mematikan di dunia

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianLaba-laba black widow adalah salah satu spesies dengan sengatan berbahaya. (scitechdaily.com)

5. Dilaporkan dalam Surfer Today, sengatan ikan batu bisa sangat menyakitkan dan bahkan mematikan jika tidak ditangani dengan cepat

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianIkan batu memiliki racun yang dapat membahayakan tubuh manusia. (snorkelingthailand.com)

Baca Juga: 10 Mekanisme Pertahanan Diri Hewan Paling Menjijikkan

6. Kalajengking arizona juga memiliki sengatan yang sangat menyakitkan dan membuat demam, dilansir dalam laman The University of Arizona

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianKalajengking arizona menjadi salah satu spesies kalajengking dengan sengatan menyakitkan. (westernexterminator.com)

7. Dicatat dalam laman ThoughtCo, semut peluru dinobatkan sebagai serangga dengan sengatan paling menyakitkan di dunia

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianJadi salah satu serangga paling berbahaya, semut peluru punya sengatan paling menyakitkan di dunia. (worldatlas.com)

8. Tak mau kalah, semut banteng juga punya sengatan dan racun yang dapat membuat korbannya kesakitan luar biasa

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianSemut banteng juga tak kalah berbahaya dengan semut peluru. (sci-news.com/University of Queensland)

9. Sengatan dari tawon raksasa asia dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa, dilansir National Geographic

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianSengatan tawon raksasa asia menyebabkan rasa sakit tak tertahankan bagi korbannya. (borgenproject.org)

10. Sengatan paling mengerikan dimiliki ubur-ubur kotak. Lumpuh dan kematian bisa terjadi jika tak ditangani, dilaporkan laman Science

10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan KematianUbur-ubur kotak dinobatkan sebagai hewan dengan sengatan paling berbahaya di dunia. (newyorker.com/Dr. Robert Harwick)

Hati-hati jika kalian bertemu dengan beberapa spesies hewan di atas tadi. Meskipun tampak lemah dan kecil, sengatan dan gigitan mereka bisa membuat korbannya menyerah karena rasa sakit, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Baca Juga: 10 Atraksi Hewan Terkejam di Dunia, Banyak dari Indonesia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya