Comscore Tracker

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu Terjaga

Siapa yang paling kuat tahan kantuk?

Tidur merupakan cara alami yang dilakukan organisme untuk memulihkan dan memperbaiki sistem kerja atau metabolisme tubuh. Secara umum, hal ini dapat mengembalikan energi yang sebelumnya dikeluarkan untuk berbagai keperluan. Nah, dalam dunia fauna, tidur juga sangat penting karena itu berkaitan dengan cara adaptif mereka di alam liar.

Berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh hewan untuk tidur? Sayangnya, tidak ada jawaban pasti akan hal ini. Ada hewan yang hampir menghabiskan seluruh waktunya untuk tidur. Di sisi lain, ada kelompok fauna yang bahkan hampir gak pernah tidur. Penasaran dengan spesies yang jarang tidur? Ini dia!

1. Sapi memang sering berbaring di padang rumput. Namun mereka tidur hanya 30 menit, dicatat dalam laman Milk Production

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaSapi tidak perlu tidur berjam-jam seperti mamalia lainnya. (pixabay.com/Rauschenberger)

2. Menurut laporan Animal Sake, semut hanya tidur maksimal 4 jam per hari. Bahkan, terkadang mereka tidur hanya beberapa menit tiap harinya

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaSemut hanya tidur selama maksimal 4 jam per hari. (kingstownelawn.com)

3. Studi yang ditulis dalam New Scentist mengungkapkan bahwa gajah hanya tidur selama 2 jam per hari

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaGajah adalah mamalia yang hanya memerlukan waktu 2 jam per hari untuk tidur. (pexels.com/Katie Hollamby)

4. Rentang waktu 30 menit hingga 2 jam sudah cukup bagi rusa untuk tidur dan mengembalikan energinya, dilansir National Deer Association

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaRusa juga merupakan mamalia dengan waktu tidur yang singkat. (cranbrooktownsman.com)

5. Waktu rata-rata yang dibutuhkan kuda untuk tidur adalah 3 jam per hari. Mereka adalah hewan yang bisa memulihkan tenaganya dengan cepat

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaKuda termasuk hewan yang dapat memulihkan tenaganya dengan cepat. (horsesoficeland.is)

Baca Juga: 5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanas

6. Dilansir Sleep Foundation, jerapah punya waktu tidur 4,6 jam per harinya. Ini masih merupakan waktu yang sedikit di kelas mamalia

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaJerapah butuh 4,6 jam per hari untuk beristirahat. (insh.world)

7. Paus pembunuh dan anak-anaknya hanya tidur beberapa menit per hari. Sciencing melansir bahwa mereka bisa dalam keadaan setengah tidur

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaOrca atau paus pembunuh adalah mamalia laut yang jarang tidur. (wallpaperbetter.com)

8. Diberitakan dalam NBC News, walrus bisa terjaga dan berenang selama 84 jam secara terus-menerus. Namun di sisi lain, mereka juga bisa tidur panjang

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaWalrus bisa terus terjaga selama 84 jam dan sebagai gantinya, mereka tidur dalam jangka waktu lama. (birdguides.com)

9. Dilansir New Scientist, burung alpine swift bisa mengudara selama 6-10 bulan tanpa henti. Mereka bisa tidur beberapa saat sambil terbang

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaBurung alpine swift adalah pemegang rekor sebagai hewan dengan kemampuan terbang terlama. (wikimedia.org)

10. Katak bullfrog dinobatkan sebagai hewan yang nyaris tak pernah tidur. Studi ini diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology tahun 2008

Jarang Tidur, Potret 10 Spesies Hewan yang Hampir Selalu TerjagaNyaris tak pernah tidur, katak bullfrog punya metabolisme khusus dalam tubuhnya. (sdherps.org)

Jarang tidur bukan berarti akan membuat hewan-hewan di atas menjadi sakit. Mereka melakukan hal tersebut karena memang memiliki metabolisme khusus dalam tubuhnya sehingga tidak butuh waktu yang lama untuk tidur. Menurutmu, apa ada hewan lainnya yang juga jarang tidur?

Baca Juga: 10 Potret Hewan yang Protektif Menjaga Zona Teritorialnya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya