Comscore Tracker

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang Kehidupan

Semuanya menjadi bukti bahwa Bumi punya penopang kehidupan

Dengan keanekaragaman spesies di dalamnya, Bumi menjadi satu-satunya planet di tata surya kita yang memiliki kehidupan kompleks. Bagi sains, semua kehidupan yang berjalan di Bumi tentu tidak bisa dilepaskan dari penopang atau dukungan kehidupan dari Bumi itu sendiri.

Nah, kali ini kita akan melihat bukti bahwa penopang kehidupan itu bekerja dalam melindungi kehidupan di Bumi. Yuk, kita simak sama-sama.

1. Aurora menjadi bukti bahwa medan magnet Bumi mampu menangkal radiasi sinar Matahari, dikutip dari laman NASA

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanAurora hijau yang kerap terlihat di Islandia. (unsplash.com/v2osk)

2. Pelangi adalah pembiasan akibat kombinasi dari dua penopang kehidupan, yakni cahaya Matahari dan titik-titik air

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanPelangi merupakan bukti bahwa Bumi punya penopang kehidupan. (Unsplash.com/Stainless)

3. Menurut laman Space, atmosfer yang melindungi Bumi memiliki ketebalan sekitar 480 hingga 1.000 kilometer

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanAtmosfer yang dari dulu menjadi perisai Bumi. (copernicus.eu)

4. Hutan adalah rumah bagi banyak organisme. Menurut Organisasi Pangan Amerika, jumlah hutan di dunia mencapai 31 persen

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanHutan di dunia yang semakin sempit akibat ulah manusia. (popularmechanics.com)

Baca Juga: 5 Karakter Manusia Terkuat dalam Alam Semesta Dragon Ball

5. Menurut Harvard University, ada banyak bakteri dalam tubuh kita dan sebagiannya adalah probiotik atau bakteri baik yang berguna bagi kehidupan

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanPotret bakteri dalam tangkapan mikroskop. (beesciencenews.com)

6. Dilansir Center for Science Education, oksigen di atmosfer Bumi mencapai 21 persen. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah oksigen di planet lainnya

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanOksigen di Bumi mencapai 21 persen. (livescience.com)

7. Air dan segala macam isinya adalah sumber kehidupan bagi Bumi. Bahkan, jumlah air di Bumi mencapai 71 persen

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanAir dan kehidupan di dalamnya. (earth.com)

8. Ini adalah tempat penelitian di Kutub Selatan atau Antarktika. Kutub juga menjadi medan magnet yang melindungi Bumi, dilansir University of Alicante

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanKutub Selatan atau Antarktika menjadi tempat perlindungan Bumi. (britannica.com)

9. Kalau ini adalah potret Kutub Utara. Menurut Live Science, Kutub Utara terletak di garis lintang 90 derajat utara dan dikelilingi lautan Arktika

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanKutub Utara atau Arktika sebagai lawan dari Kutub Selatan. (expeditionsonline.com)

10. National Geographic menyebut bahwa fitoplankton (mikroorganisme laut) adalah penghasil 70 persen oksigen di Bumi

Aurora hingga Fitoplankton, 10 Potret Bukti Penopang KehidupanMikroorganisme fitoplankton di bawah mikroskop. (wikimedia.org)

Itulah beberapa potret mengenai bukti bahwa penopang kehidupan di Bumi bekerja dengan hukumnya masing-masing. Semoga artikel sains kali ini bisa menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Geli! 7 Makhluk Hidup Ini Mungkin Tinggal di Tubuhmu

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya