Comscore Tracker

Bagaimana Rasanya ke Luar Angkasa? Ini 5 Proses dan Penjelasannya

Apa kamu mau merasakan menjadi astronaut?

Apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya melakukan perjalanan ke luar angkasa? Seru atau justru menakutkan, ya? Untuk saat ini, hanya astronaut yang telah melakukan latihan khusus yang bisa melakukan perjalanan luar angkasa. Ada banyak prosedur dan protokol yang harus dilakukan demi keamanan astronaut itu sendiri.

Seperti ditulis dalam laman sains Space, sudah ada perusahaan besar yang merencanakan untuk membuka wisata luar angkasa, tentu setelah pandemik COVID-19 ini teratasi. Dengan harga yang mahal, warga sipil dapat melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa dan bahkan berkeliling orbit Bulan.

Nah, bagaimana sih rasanya melakukan perjalanan ke luar angkasa? Lima penjelasan ilmiah ini mungkin akan menjawab rasa penasaran kamu. Yuk, disimak!

1. Ada latihan khusus bagi para astronaut sebelum mereka ditugaskan ke luar angkasa

Bagaimana Rasanya ke Luar Angkasa? Ini 5 Proses dan Penjelasannyacanadiangeographic.ca

Tentu saja perjalanan ke luar angkasa sangat berbeda dengan perjalanan di Bumi pada umumnya. Salah satu perbedaan mendasar adalah perbedaan gravitasi antara Bumi dengan ruang hampa udara di luar angkasa. Itu sebabnya, astronaut atau siapa pun yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa, harus menjalani latihan khusus terlebih dahulu.

Orang yang lulus sarjana astronomi belum memiliki kualifikasi sebagai astronaut. Menurut laman NASA, seseorang bisa lulus menjadi astronaut dengan kualifikasi penuh pada saat ia bisa menyelesaikan program studi dan pelatihan khusus selama dua tahun. Calon astronaut akan belajar mengenai dasar pesawat ulang alik, stasiun luar angkasa, ilmu astronomi lanjutan, kekuatan fisik, tes kesehatan mental, dan segala hal yang berkaitan dengan gravitasi.

Oh ya, mereka juga akan diajarkan bagaimana cara mengoperasikan pesawat luar angkasa. Selama pelatihan berlangsung, calon astronaut diberikan jadwal latihan dengan menggunakan jet simulasi T-38 milik NASA yang dibuat semirip mungkin dengan pesawat luar angkasa aslinya.

Di antara semua proses latihan, mungkin latihan penyesuaian diri dengan perbedaan gravitasi merupakan salah satu yang terberat. Seorang calon astronaut harus terbiasa dengan zona gravitasi mikro atau bahkan gravitasi nol. Biasanya, mereka dengan fisik yang tak cukup kuat, akan mengalami mual, muntah, diare, dan mungkin pusing untuk beberapa waktu.

Astronaut yang berpengalaman sekali pun bisa jatuh sakit jika terlalu sering berada dalam zona gravitasi nol. Itu sebabnya, pelatihan ini harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu pun terkadang belum cukup untuk membuat seseorang bisa kuat menghadapi wilayah tanpa gravitasi

Oleh sebab itu, kebiasaan hidup di luar angkasa juga wajib dijalani sebelum keberangkatan mereka. NASA memiliki laboratorium khusus bawah air bernama Neutral Buoyancy Laboratory atau NBL. Pusat pelatihan ini akan memaksa calon astronaut untuk bekerja di dalam sebuah kolam raksasa dengan tekanan tertentu.

Dalam satu hari, calon astronaut bisa menghabiskan waktunya di dalam air selama 7 jam penuh. Bayangkan jika hal tersebut dilakukan selama bertahun-tahun. Bagi orang sehat pun, latihan seperti ini akan mengakibatkan perasaan mual, pusing, dan mungkin muntah akibat pencernaan yang tidak bekerja dengan normal.

2. Bagaimana rasanya saat pertama kali berada di dalam pesawat luar angkasa?

Bagaimana Rasanya ke Luar Angkasa? Ini 5 Proses dan Penjelasannyatwistedsifter.com

Pesawat luar angkasa disebut juga pesawat ulang-alik atau bahasa resminya adalah Space Transportation System atau STS. Pesawat atau wahana ini dirancang khusus untuk mengantarkan para astronaut ke luar orbit Bumi dengan membawa bobot muatan di atas 20 ribu kilogram.

Nah, bagaimana rasanya pertama kali berada dalam pesawat tersebut? Karena bagaimana pun, latihan selama bertahun-tahun belum tentu sama persis dengan apa yang akan dihadapi secara realita, bukan? Menurut astronaut yang sering pergi ke luar angkasa, pengalaman pertama kali mereka ke luar angkasa dianggap pengalaman yang tak akan tergantikan.

Kolonel Doug Wheelock, seorang astronaut NASA menceritakan sebagian pengalaman pertamanya pada saat ia ditugaskan dalam misi ke luar angkasa. Dalam UNCTV Science, ia menjelaskan bahwa kesunyian adalah hal pertama yang ia rasakan pada saat pesawat mulai meninggalkan Bumi.

Selain itu, bagi Wheelock, ada perasaan rindu yang amat mendalam untuk kembali ke Bumi. Mungkin perasaan atau pengalaman masing-masing astronaut bisa berbeda satu sama lain. Namun, yang jelas perjalanan ke luar angkasa memang menjadi sebuah pengalaman yang menegangkan sekaligus membuat penasaran bagi semua awak astronaut.

Secara fisik, astronaut yang berada dalam pesawat luar angkasa juga akan mengalami tekanan gravitasi dalam kecepatan yang sangat tinggi. Laman Space mengungkap bahwa kebanyakan astronaut akan mengalami sedikit gangguan pada penglihatan mereka karena selama di pesawat ulang-alik, tekanan gravitasi dan kecepatan pesawat membuat fisik mereka menderita.

Jika kamu tidak memiliki ketahanan fisik yang prima, kamu bisa mengalami mual yang parah, muntah, pusing berat, pingsan, dan bahkan gangguan pada jantung. Terkadang, meskipun proses latihan di Bumi dapat dijalani dengan baik, belum tentu seorang astronaut sanggup langsung beradaptasi dengan perbedaan zona gravitasi.