Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kita

Bulan milik Bumi juga termasuk

Tata surya bukan hanya menampung objek angkasa berupa planet dan bintang saja. Faktanya, dalam tata surya kita juga terdapat banyak satelit alam atau bulan yang ada di orbit beberapa planet. Dengan ukuran yang berbeda-beda, satelit alam tentu saja sangat menarik untuk dipelajari oleh banyak ilmuwan dan kalangan akademisi.

Nah, apakah kamu tahu jika di tata surya kita ada banyak satelit alam yang memiliki ukuran fisik yang sangat besar? Yuk, kita simak artikelnya!

1. Io

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kitabulan io (nasa.gov)

Io adalah salah satu bulan atau satelit alam yang ukuran fisiknya lebih besar ketimbang bulan milik Bumi. Sekadar informasi, ukuran fisik Bulan (nama satelit alam milik Bumi) mencapai radius 1.737 kilometer. Itu berarti Bulan memiliki diameter sekitar 2.159 kilometer dan ukuran ini kurang dari sepertiga ukuran Bumi.

Io sendiri merupakan satelit alam yang mengorbit pada Planet Jupiter. Menurut laman NASA dan The Planets, Io atau Jupiter I memiliki ukuran diameter sebesar 3.643 kilometer. Ukurannya hanya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan bulan milik Bumi. Io juga memiliki lebih dari 400 gunung berapi aktif dan semua data-data tersebut sudah ditangkap oleh wahana NASA tanpa awak Voyager 1 pada 1979.

2. Callisto

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kitabulan callisto (wrti.org)

Callisto juga menjadi bulan atau satelit alam yang ukurannya melampaui ukuran Bulan. Space dalam lamannya menulis bahwa Callisto memiliki ukuran diameter sebesar 4.800 kilometer. Suhu atau temperatur yang terdapat di permukaan Callisto mencapai minus 139 derajat Celcius. Tentu saja kondisi iklim di Callisto sangat mematikan bagi kehidupan biologis.

Bulan yang juga mengitari orbit Jupiter ini pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei pada 1610 melalui teleskop bintang miliknya. Satelit alam Callisto pada awalnya dinamakan Jupiter IV. Bahkan, pada awal-awal penemuannya, kelompok bulan di orbit Jupiter dinamakan sesuai dengan nama kelompok politik penguasa Italia di zamannya, hingga akhirnya NASA memberikan nama ilmiah di zaman modern.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sputnik 1, Satelit Pertama Penjelajah Ruang Angkasa!

3. Titan

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kitabulan titan (universetoday.com)

Universe Today melansir bahwa salah satu bulan dengan ukuran masif ada di orbit Planet Saturnus. Yup, nama bulan tersebut adalah Titan. Pertama kali ditemukan oleh astronom Belanda bernama Christiaan Huygens pada 25 Maret 1655. Ukuran radius atau jari-jari Titan mencapai 2.576 kilometer dan ini berarti diameternya mencapai 5.152 kilometer.

Menurut studi dan penelitian, komposisi dari bulan Titan terdiri dari separuh es dan separuh material batuan. Berdasarkan bukti dan data yang ada dalam misi Cassini pada 2005, Titan diduga memiliki lautan luas yang berada di bawah permukaannya.

Lautan tersebut berada di antara kerak dan lapisan es yang lebih dalam. Apakah terdapat kehidupan di lautan tersebut? Hingga saat ini, ilmuwan masih belum bisa memastikannya.

4. Ganymede

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kitabulan ganymede (ac.uk)

Ganymede adalah bulan atau satelit alam terbesar di tata surya kita. Bulan yang berada di orbit Jupiter ini memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan jika dibandingkan dengan bulan Titan. Ukuran radiusnya mencapai 2.631 kilometer dan 5.262 kilometer untuk ukuran diameternya. Dengan ukuran cukup masif, Ganymede tentunya memiliki massa dan gaya gravitasi yang juga cukup besar jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Oh ya, ukuran fisik dari Ganymede juga mencapai 26 persen lebih besar jika dibandingkan dengan Planet Merkurius. Meskipun demikian, Ganymede tetap saja hanya menjadi bulan karena ia terus terikat dengan gravitasi dan sistem orbital Jupiter. Planet Jupiter sendiri diketahui sebagai planet terbesar di tata surya dengan ukuran 11 kali ukuran Bumi.

5. Bulan

Wajib Tahu! 5 Satelit Alam dengan Ukuran Terbesar di Tata Surya Kitabulan milik bumi (nasa.gov)

Bulan kita tentunya masuk dalam daftar kali ini. Di antara lima bulan terbesar di tata surya, Bulan memiliki urutan paling akhir karena memang ukurannya paling kecil. Namun, jika diukur secara rata-rata dengan perbandingan bulan-bulan lainnya, satelit alam milik Bumi tersebut masih dianggap sangat besar dan bahkan bisa dijadikan pangkalan koloni bagi manusia.

Menurut NASA, bulan milik Bumi memiliki ukuran radius sekitar 1.737 kilometer. Tentunya, jika dibandingkan dengan Ganymede, Bulan akan terlihat sangat kecil dan tak ada apa-apanya. Oh ya, ada fakta menarik tentang Bulan. Sudah menjadi pemberitaan umum bahwa negara macam Amerika, China, Rusia, Inggris, Prancis, dan Kanada saling berebut wilayah kekuasaan Bulan untuk mengeksplorasi kekayaan alamnya.

Itu tadi beberapa satelit alam terbesar yang ada di tata surya kita. Ternyata, ada bulan yang ukurannya melebihi ukuran planet. Semoga artikel sains kali ini bisa menambah dan memperkaya pengetahuan kamu, ya!