5 Spesies Hewan Ini Memiliki Kerja Jantung yang Unik, Apa Saja?

Ada yang memiliki jantung palsu

Jantung adalah salah satu organ penting yang berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital.

Di antara semua hewan yang ada di dunia fauna, beberapa spesies berikut memiliki sistem atau kerja jantung yang cukup unik. Kalau kamu penasaran dengan hewan-hewan tesebut, dibaca artikel ini hingga tuntas, ya!

1. Ikan zebra dapat meregenerasi jantung mereka dengan cepat

5 Spesies Hewan Ini Memiliki Kerja Jantung yang Unik, Apa Saja?kids4research.org

Spesies ikan kecil yang dinamakan ikan zebra ini dapat mengganti komponen jantungnya yang rusak secara alami, seperti dicatat dalam jurnal sains NCBI. Regenerasi ini berlangsung cukup cepat, yakni sekitar 1 hingga 2 bulan.

Bahkan proses regenerasi jantung yang dapat dilakukan oleh ikan zebra masih diteliti oleh ilmuwan dan ahli kesehatan. Kemampuan ikan zebra dalam mengganti jantungnya diharapkan bisa diaplikasikan oleh manusia di masa yang akan datang.

Kemampuan spesies ini dalam melakukan regenerasi organ tubuh adalah hasil dari proses evolusi yang sangat lama. Ilmuwan dan ahli biologi meyakini bahwa di zaman purba, nenek moyang ikan zebra sudah mulai meregenerasi beberapa jaringan jantung akibat adaptasi ketat.

2. Hagfish merupakan ikan purba yang memiliki jantung yang sangat kuat

5 Spesies Hewan Ini Memiliki Kerja Jantung yang Unik, Apa Saja?iucnredlist.org

Hagfish adalah spesies ikan purba yang hidup di laut dalam yang minim oksigen. Menurut studi yang dicatat dalam Science Daily, hagfish memiliki jantung yang sangat kuat. Jantung hagfish dapat tetap bekerja normal tanpa asupan oksigen selama 36 jam.

Tentu kekuatan jantung spesies purba tersebut sangat berbeda jika dibandingkan dengan jantung manusia yang akan rusak jika tidak mendapatkan asupan oksigen selama 5 menit. Hagfish memang sudah mengalami evolusi selama jutaan tahun sehingga dapat hidup di daerah minim oksigen.