Comscore Tracker

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan Kamu

Apa itu domestikasi?

Seperti dicatat dalam laman National Geographic, domestikasi pada hewan merupakan penjinakan yang dilakukan manusia terhadap spesies hewan tertentu secara selektif. Proses domestikasi dilakukan secara turun-temurun dan memakan waktu yang sangat lama, bisa puluhan ribu tahun.

Secara genetik, spesies-spesies tersebut dipilih dan diajarkan untuk beradaptasi di tengah-tengah lingkungan manusia. Adaptasi yang terjadi selama puluhan hingga ratusan ribu tahun ini akan memunculkan sebuah frekuensi evolusi yang baru bagi hewan hasil domestikasi.

Nah, spesies hewan apa saja yang merupakan hasil dari domestikasi? Pastinya kamu tahu betul tentang hewan-hewan ini. Yuk, disimak!

1. Kucing Peliharaan

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan Kamunaturalcathealth.com

Kucing adalah salah satu hewan yang berevolusi akibat hasil domestikasi di zaman kuno. Menurut para ilmuwan dan ahli biologi, kucing peliharaan saat ini merupakan hasil dari penjinakan kucing buas yang dulunya hanya tinggal di hutan-hutan Afrika.

Hasil penelitian yang dicatat dalam Max Planck Institute ini juga mengungkap bahwa proses domestikasi kucing telah terjadi 9.000 tahun yang lalu. Ahli DNA berhasil melacak keberadaan kucing-kucing purba di Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat.

Dari penelitian DNA yang dilakukan secara terperinci, didapatkan bahwa induk utama kucing purba, yakni kucing liar hutan, merupakan spesies Felis silvestris lybica. Spesies mamalia ini diprediksi memiliki kaitan yang kuat secara DNA dengan kucing peliharaan.

Pada awalnya, manusia zaman kuno menangkap spesies kucing hutan tersebut untuk dijadikan pemangsa tikus. Namun, karena sikap dan sifatnya yang buas dan liar, diperlukan waktu yang cukup lama untuk "memaksa" spesies tersebut menjadi lebih adaptif di lingkungan manusia.

Proses domestikasi selama ribuan tahun telah membentuk lajur evolusi yang berbeda pada keduanya. Lajur evolusi ini telah memisahkan keduanya menjadi subspesies yang berbeda pula, yakni kucing buas di hutan dan kucing jinak peliharaan.

2. Anjing Peliharaan

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan Kamutheatlantic.com

Hewan cerdas yang satu ini ternyata juga hewan yang dihasilkan dari domestikasi yang cukup lama. Uniknya, proses domestikasi anjing terjadi jauh lebih dulu ketimbang kucing. Proses domestikasi anjing telah dilakukan 15 ribu tahun silam, bahkan beberapa ilmuwan meyakini bisa mencapai 100 ribu tahun yang lalu.

Menurut penelitian dan studi yang dilakukan oleh ilmuwan dan ahli DNA, anjing peliharaan modern memiliki alur DNA yang khas dengan beberapa spesies serigala dan anjing hutan. Penelitian yang ditulis dalam jurnal Nature ini mengungkap bahwa ada perubahan kompleks yang terjadi selama puluhan ribu tahun tersebut, meskipun bukan secara genetik.

Memang ada sebagian persamaan perilaku dalam tingkatan sosial, seperti kawanan yang memiliki alfa, cara melolong, dan menggali tanah sebagai perilaku yang diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Namun, pada dasarnya, domestikasi yang terjadi puluhan ribu tahun silam telah memunculkan alur evolusi yang berbeda pada ketiga spesies tersebut. Pemisahan evolusi semakin tegas karena terbukti telah membagi pada tiga spesies berbeda, yakni anjing peliharaan, anjing hutan, dan serigala.

Bahkan, ada kalangan akademisi yang meyakini bahwa nenek moyang dari ketiga spesies tersebut betul-betul ada sebagai single alpha, yakni nenek moyang (spesies) tunggal yang menghasilkan keturunan-keturunan keluarga anjing layaknya yang terjadi pada kucing purba.

Baca Juga: 5 Hewan Peliharaan Ini Menggambarkan Karakter Seseorang, Apa Saja?

3. Sapi Ternak

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan KamuUnsplash/Andy Kelly

Entah itu sapi potong atau pun sapi perah, keduanya merupakan hasil domestikasi ternak. Tak ubahnya seperti anjing dan kucing, sapi juga mengalami domestikasi yang sangat lama, bahkan diyakini hampir sama dengan rentang waktu domestikasi yang terjadi pada anjing.

Para peneliti berhasil mengungkap alur DNA yang sama persis antara sapi ternak modern dengan sapi ternak Eropa yang berusia 5.000 tahun lalu. Dalam rentang waktu tersebut, kesamaan DNA sangat identik. Namaun, begitu memasuki kisaran waktu yang jauh lebih lama, sekitar 15 ribu tahun lalu, ditemukan percabangan spesies dari sapi ternak.

Diprediksi, nenek moyang dari sapi ternak modern adalah eurasian aurochs (Bos primigenius). Hewan ini telah punah dan diyakini menjadi nenek moyang dengan alur evolusi yang memunculkan subspesies sapi, banteng, dan kerbau. Pada awalnya, spesies ini merupakan satwa liar yang hidup di padang rumput wilayah Mesopotamia.

Hasil penjinakan yang dilakukan oleh manusia di zaman kuno mengakibatkan evolusi famili Auroch dapat sangat beragam. Kondisi iklim dan lingkungan ternyata berpengaruh pada hasil domestikasi. Sapi ternak Afrika dapat sedikit berbeda dengan sapi ternak Eropa, begitu juga dengan sapi ternak di wilayah Himalaya.

4. Babi Ternak

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan KamuUnsplash/Amber Kipp

Sama seperti hewan ternak pada umumnya, babi merupakan hewan hasil domestikasi yang dilakukan oleh manusia sejak zaman kuno. Laman sains Genetics mencatat bahwa babi ternak modern dulunya berasal dari babi hutan Eurasia.

Proses domestikasi terjadi pada 9.000 hingga 15.000 tahun yang lalu. Penelitian DNA molekuler mengungkap bahwa ada transisi dan penggabungan antara babi dengan babi hutan Eurasia. Kondisi hibrida inilah yang digunakan manusia untuk mengembangkan babi ternak modern.

Teori evolusi yang digagas oleh Darwin juga menguatkan pendapat para ilmuwan modern, yang menyatakan bahwa hewan ternak, seperti babi, sapi, kambing, domba, dan beberapa ternak lainnya, tidak dapat dipisahkan dari proses campur tangan manusia melalui domestikasi.

5. Bebek

5 Spesies Hewan yang Dihasilkan dari Domestikasi, Ada Peliharaan KamuUnsplash/Milada Vigerova

Tak mau kalah dengan hewan domestikasi lainnya, bebek juga merupakan salah satu hasil pembiakan atau domestikasi lokal yang dilakukan manusia sejak zaman dulu. Bebek ternak modern merupakan hasil domestikasi langsung dari bebek liar (mallard), seperti dicatat dalam jurnal sains University of Kentucky.

Ada kesamaan DNA yang identik di antara kedua spesies ini. Namun, jika lebih jauh meneliti evolusi purba yang terjadi pada bebek, evolusi bebek telah terjadi puluhan juta tahun silam melalui keluarga dinosaurus berparuh.

Proses domestikasi bebek dilakukan manusia untuk tujuan ternak atau sumber pangan. Namun, proses domestikasi pada bebek diperkirakan tidak membutuhkan waktu yang lama seperti hewan-hewan ternak lainnya. Hal ini diperkuat oleh studi tentang keragaman lajur evolusi pada unggas yang biasanya memang terjadi lebih cepat ketimbang mamalia.

Itulah lima jenis spesies hewan yang merupakan hasil domestikasi dalam rentang waktu yang lama. Ternyata, sejarah mengenai domestikasi sangat panjang dan beragam, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Bikin Hewan Peliharaan Kamu Mati, Hati-hati

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya