Comscore Tracker

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual Tinggi

Mayoritas hidupnya dihabiskan untuk seks #IDNTimesScience

Aktivitas seksual merupakan salah satu perilaku biologis yang normal dilakukan oleh semua organisme di dunia ini. Dalam evolusi dunia fauna, aktivitas seksual antara jantan dan betina sudah terjadi sejak 565 juta tahun lalu melalui organisme purba bernama fractofusus. Sebelum adanya kegiatan seksual, organisme berkembang biak dengan cara aseksual.

Nah, kali ini kita akan melihat dan mempelajari mengenai perilaku beberapa spesies hewan yang punya gairah seksual tinggi. Bahkan, sebagian besar kehidupan mereka diisi oleh aktivitas seksual, lho. Yuk, disimak!

1. Hyena tutul

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual TinggiHyena tutul termasuk hewan dengan berahi tinggi. (sandiegozoo.org)

Hyena punya gairah seksual yang sangat tinggi. Sayangnya, aktivitas reproduksi pada hyena terbilang menyakitkan dan menyisa, dicatat dalam Live Science. Hyena betina akan melahirkan anak-anaknya melalui alat reproduksi yang sangat kecil dan itu akan membuat mereka sangat kesakitan.

Meski begitu, tentu saja hyena tidak akan kapok dalam urusan seksual. Pasalnya, induk betina akan memberikan hormon libido sedini mungkin pada semua anak-anaknya. Hormon ekstra tersebut akan membuatnya (terutama hyena tutul) bersifat gila seks. Di lain sisi, hormon itu juga membuat hyena menjadi tangkas dalam berburu.

2. Great bowerbird

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual TinggiGreat bowerbird akan membangun sarang khusus untuk bercinta. (sandiegozoo.org)

Great bowerbird juga termasuk spesies hewan dengan libido yang tinggi. Namun, aktivitas seksual di antara mereka tidak mudah untuk didapat. Awalnya, bowerbird jantan akan membangun sarang seindah mungkin untuk menarik perhatian si betina. Jika sarangnya jelek atau tidak sempurna, maka bowerbird betina akan menolak untuk diajak berhubungan seksual.

Sebuah jurnal yang diterbitkan dalam The Royal Society menerangkan bahwa perilaku ini dibutuhkan untuk tujuan seleksi alam. Artinya, bowerbird betina akan memilih burung jantan terbaik untuk meneruskan keturunannya. Cara ini terbilang efektif dilakukan dan terbukti burung endemik Australia tersebut bisa menjadi penyintas hebat di tengah ganasnya alam.

3. Meriones shawi

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual TinggiMeriones shawi termasuk mamalia dengan berahi sangat tinggi. (wikimedia.org)

Jika kamu sudah dibuat heran dengan nafsu libido yang dimiliki oleh hamster peliharaanmu, tunggu hingga kamu melihat langsung bagaimana kegilaan seksual pada meriones shawi atau shaw's jird si kerabat hamster. Dilansir American Museum of Natural History, hewan mirip tikus tersebut bisa melakukan aktivitas seksual sebanyak 224 kali dalam 2 jam.

Sebetulnya, selain meriones shawi, beberapa jenis hewan pengerat lainnya juga kerap melakukan aktivitas seksual secara ekstrem. Misalnya, spesies tikus gunung, tikus rumput afrika, dan bahkan tikus yang umumnya banyak dijumpai di hutan atau perumahan. Itu sebabnya, kebanyakan dari mereka sering dianggap hama karena populasinya yang tak terkendali.

Baca Juga: Bikin Geleng Kepala, 20 Hewan Ini Memiliki Cara Kawin yang Cukup Unik

4. Singa

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual TinggiSinga menjadi keluarga kucing yang sering melakukan aktivitas seksual. (best-wallpaper.net)

Singa sangat berbeda dengan harimau, leopard, atau citah, meskipun mereka semua tergolong pada genus Panthera. Singa adalah hewan berkelompok dengan struktur sosial yang cukup kompleks. Sementara, sebagian besar keluarga kucing lainnya adalah soliter alias suka menyendiri.

Uniknya, hewan tersebut termasuk mamalia dengan gairah seksual yang cukup tinggi. Bahkan, singa jantan dewasa akan membunuh anaknya jika menghalangi aktivitas seksual dengan induk betina mereka. Dalam kasus yang sangat jarang, jika tidak ada singa betina di dalam sebuah kelompok, para pejantan bisa melakukan seks dengan sesama jenis, dilansir Live Science.

5. Bonobo

Selalu Berahi, 5 Spesies Hewan Ini Punya Gairah Seksual TinggiHasrat seksual pada spesies bonobo terbilang sangat tinggi. (qz.com)

Well, gak ada mamalia (terutama primata) yang memiliki nafsu berahi sebesar bonobo. Ya, kera ini terkenal dengan gairah seksualnya yang sangat gila. Bahkan, demi melampiaskan nafsu, mereka kerap melakukan hubungan dengan sesama jenis, misalnya bonobo jantan dengan sesama jantan lainnya.

Bagaimana kreativitas dari aktivitas seksual mereka? Jangan ditanya. Bonobo bisa melakukan pesta seks secara liar selama berjam-jam lamanya. Menurut Scientific American, seks sudah menjadi kunci dalam kehidupan sosial bonobo dan itu ada dalam peta genetik mereka. Bagi primata ini, aktivitas seksual adalah hal yang sama pentingnya dengan makan dan minum.

Nah, bagaimana pelajaran kita tentang fauna kali ini? Ternyata, gairah seksual mereka memang sangat tinggi, ya? Semoga artikel ini dapat menambah dan memperkaya pengetahuan kamu, ya.

Baca Juga: 10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsung

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya