Comscore Tracker

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat Lama

Ada yang kuat tidak makan selama bertahun-tahun

Biasanya, makhluk hidup hanya kuat bertahan hidup tidak makan selama beberapa hari. Namun, pada beberapa spesies tertentu, ada yang kuat tidak makan selama berbulan-bulan, bahkan selama bertahun-tahun. Hal ini tentu terdengar mustahil dan tidak masuk akal, namun alam dan dunia fauna rupanya telah menyuguhkan begitu banyak "keajaiban".

Tentu kamu penasaran, kan, dengan spesies-spesies hebat tersebut? Yuk, kita sama-sama belajar banyak tentang fauna unik ini.

1. Katak yang berada di wilayah dingin bisa kuat menahan lapar selama 3 bulan

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat LamaUnsplash/Samuel Giacomelli

Kira-kira, berapa lama seekor katak dapat bertahan hidup tanpa makanan? Menurut majalah sains online EurekAlert, seekor katak dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 3 bulan. Katak-katak tertentu di alam liar, terutama yang berada di wilayah dingin, dapat memaksimalkan makanan mereka untuk diolah sebagai nutrisi jangka panjang.

Pada awal musim dingin, mereka akan makan dengan sangat banyak. Pada saat musim dingin tiba, mereka akan memperlambat metabolisme tubuh mereka sehingga tidak banyak energi yang dikeluarkan pada saat musim dingin berlangsung. Namun, katak-katak yang berada pada wilayah hangat kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan super ini.

2. Laba-laba dapat bertahan hidup berminggu-minggu tanpa makanan

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat LamaUnsplash/Max Kleinen

Laba-laba adalah salah satu spesies yang memiliki kemampuan makan yang luar biasa. Dapat dikatakan bahwa laba-laba merupakan hewan yang cukup rakus karena intensitas makannya yang sangat sering dan masif. Namun, ternyata laba-laba juga bisa tidak makan selama berminggu-minggu.

Laman Earth Kind mencatat bahwa laba-laba yang berada dalam wilayah dengan sedikit makanan dapat menahan lapar selama berminggu-minggu asalkan masih terdapat air di wilayah tersebut. Sebaliknya, jika populasi serangga berlimpah, laba-laba akan makan dengan sangat banyak.

Baca Juga: 7 Bahan Parfum Ini Diambil Paksa dari Hewan, Tak Disangka

3. Lungfish Afrika bisa bertahan hidup tanpa makanan selama 4 tahun

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat Lamaalchetron.com

Lungfish adalah sejenis ikan yang sepintas mirip ikan lele. Lungfish juga merupakan spesies unik karena dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 4 tahun, seperti ditulis dalam laman Oregon Zoo. Hal ini sangat berkorelasi dengan kemampuan mereka dalam memperlambat metabolisme mereka untuk menghemat energi.

Kemampuan hebat lungfish diyakini oleh para ilmuwan sudah terbentuk sejak masa purba. Di masa purba, nenek moyang lungfish telah bermigrasi dari perairan ke daratan yang membuat mereka memiliki kemampuan untuk hidup di dua alam, yakni zona basah dan zona kering. Dengan sifatnya yang omnivor, hewan berordo Ceratodontiformes ini dapat menjadi penyintas di alam liar dengan baik.

4. Buaya juga bisa hidup tanpa makanan selama berbulan-bulan

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat Lamalivescience.com

Mungkin sudah jamak diketahui bahwa buaya dapat bertahan hidup tanpa makanan dalam waktu yang cukup lama. Ya, menurut laman sains Live Science, buaya dapat bertahan hidup tanpa makanan selama berbulan-bulan. Bahkan, dalam kasus yang sangat langka, buaya dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 3 tahun.

Kemampuan buaya dalam mengolah dan mengatur metabolisme tubuhnya menjadi sangat lambat merupakan hasil adaptasi ketat yang sudah mereka praktikkan selama puluhan juta tahun. Di masa purba, buaya sudah menjadi spesies penyintas hebat di alam liar dan selamat dari berbagai bencana dahsyat yang pernah terjadi di Bumi.

5. Olm dapat bertahan hidup tanpa makanan lebih dari 10 tahun

5 Spesies Hewan yang Tahan Tidak Makan dalam Kurun Waktu Sangat Lamaindependent.co.uk

Olm adalah spesies amfibi yang unik dan memiliki habitat di perairan sungai yang mengalir melewati Italia, Slovenia, Kroasia, dan Herzegovina. Hewan yang termasuk dalam ordo Caudata ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh spesies lainnya, yakni dapat mempertahankan metabolisme tubuh tanpa adanya asupan makanan dalam waktu yang sangat lama.

Menurut New Scientist, spesies amfibi olm dapat bertahan hidup tanpa makan sama sekali selama 12 tahun. Kemampuan ini merupakan adaptasi yang dihasilkan dari evolusi yang terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama. Olm juga dapat mengubah dan memecah molekul anorganik berkat bantuan bakteri yang ada di sekitarnya. Dengan cara ini, olm dapat bertahan hidup meskipun ia tidak makan selama bertahun-tahun.

Itulah beberapa spesies unik dan hebat yang kuat menahan lapar dalam kurun waktu yang sangat lama. Bagaimana menurutmu? Apakah ada spesies lainnya yang memiliki kemampuan lebih hebat dari mereka?

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya