Comscore Tracker

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu Cerdas

Ternyata orang cerdas belum tentu ber-IQ tinggi

Kecerdasan seseorang bukan hanya dilihat dari tingginya IQ atau prestasi akademik semata. Kecerdasan pada dasarnya merupakan gabungan/kombinasi antara mental dan perilaku seseorang.

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat tanda-tanda sederhana yang merupakan petunjuk bahwa sebenarnya kamu itu termasuk orang cerdas? Ini kelima tanda tersebut:

1. Kamu adalah anak pertama atau paling tua

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu CerdasPixabay/91249144gray

Beruntunglah jika kamu dilahirkan sebagai anak pertama atau yang tertua. Menurut laman Independent, anak pertama pada umumnya memiliki karakter yang lebih cerdas ketimbang adik-adiknya.

Hal ini diperkuat dengan penelitian dari Universitas Edinburgh, yang menyatakan bahwa anak tertua biasanya memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Ini dapat terjadi karena biasanya anak tertua belajar lebih intens tentang perilaku lingkungan, termasuk perilaku orangtuanya.

2. Selalu penasaran dengan sesuatu yang asing

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu CerdasPixabay/Free-Photos

Penasaran bukan berarti kepo (suka mengurusi hal-hal yang gak penting). Maksudnya adalah kamu memiliki sifat yang ingin tahu tentang hal-hal baru.

Biasanya semakin kamu ingin tahu tentang hal-hal baru, otak kamu juga bekerja lebih aktif. Nah, jika otak kamu dapat bekerja lebih aktif itu tandanya kamu lebih cerdas dari orang lain yang tidak memiliki rasa penasaran.

Baca Juga: 5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Bekerja Secara Cerdas, Wajib Tahu!

3. Kamu orang yang malas

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu CerdasPexels/Brand Sodre

Apakah kamu orang yang malas? Mungkin ini menandakan bahwa kamu sebetulnya cerdas. Menurut sumber dari CNBC, ternyata orang yang malas biasanya memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini sebetulnya masuk akal, karena orang malas akan selalu mencari cara atau jalan sesingkat dan seefisien mungkin. Mereka gak suka dengan cara-cara yang ribet dan berbelit-belit.

Namun perlu diingat, kecerdasan tanpa didukung dengan usaha keras juga percuma. Jika setiap hari kamu malas melakukan sesuatu, dan tidak didukung oleh tindakan nyata maka kecerdasanmu akan sia-sia.

4. Kreatif

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu CerdasPixabay/StartupStockPhotos

Orang cerdas adalah mereka yang kreatif dan bisa menciptakan sesuatu yang baru, bahkan dari keadaan yang sulit. Bahkan Einstein juga pernah berkata bahwa orang yang berimajinasi tinggi itu lebih cerdas dari orang yang belajar sains lewat buku.

Sebuah kreativitas juga bisa dijadikan patokan pembeda antara orang cerdas dengan orang yang kurang cerdas. Namun sayangnya, kreativitas bukanlah tolok ukur dalam menentukan kekuatan mental seseorang. Banyak orang kreatif dan cerdas, namun mentalnya rapuh akibat persoalan-persoalan hidup.

5. Suka mengambil risiko

5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu CerdasPixabay/Simon

Jika kamu suka melakukan hal-hal yang berisiko, atau suka mengambil keputusan yang memiliki konsekuensi tinggi, itu pertanda kamu adalah orang yang cerdas. Jurnal online ilmiah Plos, mengatakan bahwa orang-orang yang senang dengan tantangan yang berisiko tinggi, memiliki kecerdasan divatas rata-rata dibanding orang lain pada umumnya.

Nah, itu dia 5 pertanda yang mengindikasikan bahwa kamu itu orang cerdas. Tapi ingat ya, kecerdasan juga harus dibarengi oleh kerja keras supaya kamu bisa meraih sukses.

Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Rendah

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You