Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liar

Seberapa aneh dan unik kebiasaan tersebut?

Mungkin selama ini kamu hanya melihat kebiasaan aneh dan unik dari hewan-hewan peliharaan kamu, seperti kucing, anjing, ikan, burung, atau kura-kura. Faktanya, ada banyak kebiasaan unik yang dilakukan oleh beberapa spesies hewan di alam liar.

Beberapa kebiasaan tersebut bahkan dapat membuat banyak ahli satwa bertanya-tanya sekaligus kagum. Nah, tentunya kamu penasaran dengan beberapa kebiasaan unik hewan di alam liar, bukan? Yuk, disimak!

1. Bayi gajah suka mengisap belalainya sendiri

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liarhumanesociety.org

Bayi gajah sering bertingkah lucu layaknya bayi mamalia lainnya. Mereka suka mengisap dan memainkan belalainya, seperti ditulis dalam Elephant Country. Sepintas, memang kebiasaan lucu ini mirip dengan bayi manusia yang sering memasukkan jarinya ke dalam mulut.

Kebiasaan unik ini dilakukan bayi gajah agar mereka rileks selagi menunggu jadwal minum susu dari induknya. Selain itu, ahli satwa meyakini bahwa bayi gajah tidak dapat mengontrol belalainya dengan sempurna layaknya gajah dewasa. Mereka lebih suka memainkannya untuk mengusir rasa bosan.

2. Spesies kambing pygmy dapat berkomunikasi dengan aksen layaknya bahasa manusia

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liaranimals.net

Para ilmuwan biologi dan ahli satwa pernah melakukan penelitian dan studi tentang kehidupan spesies kambing pygmy (kerdil) dan hasilnya cukup mengejutkan. Studi tersebut mengungkap bahwa kambing pygmy memiliki aksen atau gaya bahasa yang berbeda-beda, tergantung lingkungan di mana mereka berada.

Hasil studi yang juga dicatat dalam Live Science ini menyimpulkan bahwa kemampuan spesies kambing kerdil dalam berkomunikasi telah berevolusi menjadi sebuah sistem komunikasi komunal layaknya bahasa manusia.

Uniknya, gaya komunikasi mereka juga sangat bergantung pada lingkungan di mana mereka tinggal dan dibesarkan. Penemuan ini menjadi salah satu penemuan biologi yang membuktikan bahwa evolusi juga dapat terjadi pada sistem komunikasi hewan.