Comscore Tracker

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liar

Seberapa aneh dan unik kebiasaan tersebut?

Mungkin selama ini kamu hanya melihat kebiasaan aneh dan unik dari hewan-hewan peliharaan kamu, seperti kucing, anjing, ikan, burung, atau kura-kura. Faktanya, ada banyak kebiasaan unik yang dilakukan oleh beberapa spesies hewan di alam liar.

Beberapa kebiasaan tersebut bahkan dapat membuat banyak ahli satwa bertanya-tanya sekaligus kagum. Nah, tentunya kamu penasaran dengan beberapa kebiasaan unik hewan di alam liar, bukan? Yuk, disimak!

1. Bayi gajah suka mengisap belalainya sendiri

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liarhumanesociety.org

Bayi gajah sering bertingkah lucu layaknya bayi mamalia lainnya. Mereka suka mengisap dan memainkan belalainya, seperti ditulis dalam Elephant Country. Sepintas, memang kebiasaan lucu ini mirip dengan bayi manusia yang sering memasukkan jarinya ke dalam mulut.

Kebiasaan unik ini dilakukan bayi gajah agar mereka rileks selagi menunggu jadwal minum susu dari induknya. Selain itu, ahli satwa meyakini bahwa bayi gajah tidak dapat mengontrol belalainya dengan sempurna layaknya gajah dewasa. Mereka lebih suka memainkannya untuk mengusir rasa bosan.

2. Spesies kambing pygmy dapat berkomunikasi dengan aksen layaknya bahasa manusia

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liaranimals.net

Para ilmuwan biologi dan ahli satwa pernah melakukan penelitian dan studi tentang kehidupan spesies kambing pygmy (kerdil) dan hasilnya cukup mengejutkan. Studi tersebut mengungkap bahwa kambing pygmy memiliki aksen atau gaya bahasa yang berbeda-beda, tergantung lingkungan di mana mereka berada.

Hasil studi yang juga dicatat dalam Live Science ini menyimpulkan bahwa kemampuan spesies kambing kerdil dalam berkomunikasi telah berevolusi menjadi sebuah sistem komunikasi komunal layaknya bahasa manusia.

Uniknya, gaya komunikasi mereka juga sangat bergantung pada lingkungan di mana mereka tinggal dan dibesarkan. Penemuan ini menjadi salah satu penemuan biologi yang membuktikan bahwa evolusi juga dapat terjadi pada sistem komunikasi hewan.

Baca Juga: Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya 

3. Siput punya kebiasaan tidur yang sangat lama

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liaranimals.howstuffworks.com

Berapa lama kamu dapat tidur terus menerus? Seharian? Itu masih gak ada apa-apanya dibandingkan dengan siput darat. Beberapa spesies siput darat dapat tidur dan hibernasi selama 3 tahun. Wow!

Arizona Pet Vet mencatat bahwa kondisi ini merupakan kondisi langka yang sebetulnya tidak ideal. Siput akan menggunakan lendirnya untuk melindungi dirinya di tengah-tengah cuaca yang ekstrem.

Untuk mempertahankan kelembapan tubuhnya di tengah cuaca dingin dan panas, siput akan melakukan hibernasi dan estivasi. Dua cara ini adalah cara evolusioner siput darat agar mereka dapat terus bertahan di ganasnya alam liar.

4. Anjing padang rumput yang suka saling mencium dan mengaitkan gigi dengan kawanannya

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liarsmithsonianmag.com

Meskipun dinamakan anjing padang rumput atau prairie dog, jangan dikira spesies ini sama seperti spesies anjing rumahan atau serigala di hutan. Yup, anjing padang rumput adalah spesies hewan pengerat yang banyak ditemukan di alam liar Kanada, Amerika, dan juga Meksiko.

Smithsonian Magazine dalam jurnal sains yang ditulis pada 2014 silam mencatat bahwa anjing padang rumput memiliki kebiasaan yang cukup unik di kelompok kawanan mereka yakni saling mencium dan mengaitkan gigi mereka satu sama lain jika saling bertemu.

Ciuman dan saling mengaitkan gigi ini merupakan cara mereka dalam berkomunikasi dan untuk mengetahui apakah kawan yang mereka cium tersebut berasal dari kelompok yang sama atau bukan. Terbukti bahwa cara "romantis" ini dapat membuat mereka menjadi penyintas andal di alam liar.

5. Paus sperma memiliki kebiasaan tidur yang unik. Seperti apa, ya?

Tidur Berdiri sampai Hibernasi 3 Tahun, 5 Kebiasaan Terunik Hewan Liarkottke.org

Seperti dicatat dalam National Geographic, paus sperma ternyata memiliki cara tidur yang sangat unik yakni dengan cara berdiri vertikal. Kamu bisa melihat gambar di atas dan itu cukup membuat perasaanmu agak aneh, bukan?

Menurut penelitian yang dilakukan ahli biota laut, paus sperma memang menghabiskan sebagian kecil waktunya untuk tidur sejenak saat siang hari, antara 10 hingga 15 menit. Posisi tidur mereka adalah vertikal dan dekat dengan permukaan air laut.

Itulah lima kebiasaan unik yang dilakukan oleh beberapa spesies hewan di alam liar. Ternyata, ada alasan kuat mengapa mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan unik tersebut.

Baca Juga: 6 Fakta Gundi, Hewan Pengerat Menggemaskan yang Tinggal di Bebatuan

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya