Comscore Tracker

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sains

Apakah karena badannya terlalu besar?

Gajah merupakan salah satu mamalia yang menarik untuk dibahas. Gak cuma karena hidungnya yang berbeda dari hewan lain ataupun juga karena kecerdasan yang dimilikinya. Ada banyak sisi menarik dari hewan bertubuh besar ini. Salah satunya adalah mereka tidak bisa melompat.

Gajah adalah satu-satunya mamalia yang ternyata gak bisa melompat, lho. Bukan tanpa alasan, ada lima penyebab unik yang bikin hewan dengan kemampuan sosial tinggi ini tak mampu melakukannya. Yuk, simak poinnya berikut!

1. Tubuhnya yang besar

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sainsilustrasi gajah (Pexels.com/Denys Gromov)

Dikenal bertubuh besar, gajah bisa memiliki berat hingga 6.000 bahkan 7.000 kilogram. Mereka juga dikenal sebagai binatang darat terbesar karena tingginya bisa mencapai 4 meter. Bayangkan dengan tubuh sebesar itu, tenaga seperti apa yang harus mereka miliki agar bisa melompat?

Tubuh besar yang dimiliki gajah memang menghalangi mereka untuk melompat. Uniknya, di sisi lain, melompat juga bisa membahayakan diri mereka, lho. 

2. Pergelangan kakinya tidak dapat ditekuk untuk bersiap melompat

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sainsilustrasi gajah (Pexels.com/Lennard Hornbruch)

Jika hewan lain dan juga manusia memiliki otot pergelangan kaki dan sendi yang lentur, maka berbeda halnya dengan gajah. Mereka tidak punya itu semua dan hanya dianugerahi otot kaki yang kokoh untuk menopang tubuh besarnya.

Gak heran, dong, kalau hewan tambun satu ini gak punya kemampuan untuk melompat. Setiap kali berjalan, akan ada satu atau dua kakinya yang tetap menapak tanah. 

3. Tulang kaki merujuk tepat ke arah tulang rusuk

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sainsilustrasi gajah (Pexels.com/Rachel Claire)

Gajah memiliki kerangka yang cukup unik, yaitu tulang kaki mereka merujuk lurus ke arah tulang rusuk. Karakter fisik ini pula yang menyebabkan gajah tidak bisa melompat.

Desain tulang kaki yang berdekatan dengan tulang rusuk ini tidak mendukung adanya kemampuan melompat. Mereka bisa membuat tubuhnya cedera parah jika memaksa melakukan lompatan dan terjatuh atau terpeleset. 

Baca Juga: 7 Hewan yang Pernah Terlibat dalam Tindak Kriminal

4. Melompat akan membahayakan organ dalam tubuhnya

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sainsilustrasi gajah (Pexels.com/Antony Trivet)

Masih berkaitan dengan kerangka tubuh gajah, melompat akan sangat berbahaya bagi mereka. Jika mereka sampai terjatuh atau terpeleset saat melompat, tulang kaki yang berdekatan dengan tulang rusuk bisa cedera dan menyebabkan organ dalamnya terluka.

Gak cuma luka ringan, kematian bisa tiba-tiba menyerang hewan berbelalai panjang ini hanya karena sebuah lompatan yang meleset. Bisa-bisa mereka sudah punah jika memang dilengkapi dengan kemampuan melompat. 

5. Tidak ada alasan bagi gajah untuk melompat

Kenapa Gajah Tidak Bisa Melompat? Ini 5 Alasannya Menurut Sainsilustrasi gajah (Pexels.com/Antony Trivet)

Dilansir dari livescience.com, gajah sama sekali tidak perlu melompat. Tubuhnya yang besar adalah caranya untuk melindungi diri sehingga kemampuan untuk melompat memang tidak mereka perlukan.

Mereka tidak perlu menakuti musuh dengan lompatan, terlebih karena harimau ataupun singa juga bukanlah predator mereka. Mengejutkannya, manusia justru jadi satu-satunya predator gajah.

Meski tidak bisa melompat, gajah memiliki kelebihan di bagian telapak kakinya. Dia bisa mendeteksi keberadaan hewan lain bahkan yang berada puluhan kilometer dari tempatnya berdiri, lho. Luar biasa sekali, kan? 

Baca Juga: 9 Hewan dengan Cakar Super Besar, Ada yang Digunakan Bergelantungan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya