5 Fakta Teknik DNA Sequencing, Kunci Revolusi Ilmu Kedokteran

DNA memiliki banyak informasi dari penyakit hingga evolusi

DNA Sequencing adalah teknik pembacaan urutan basa nitrogen pada DNA. Setiap makhluk hidup diketahui memiliki urutan basa nitrogen yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas makhluk hidup tersebut. Namun, kita tidak dapat membaca urutan basa tersebut begitu saja karena membutuhkan teknologi khusus yang dinamakan DNA Sequencing.

Pada artikel kali ini, IDN Times akan membahas fakta-fakta seputar DNA Sequencing yang sangat menarik untuk disimak. Let's go!

Apa itu DNA?

5 Fakta Teknik DNA Sequencing, Kunci Revolusi Ilmu Kedokteran macrogenlab.com

Sebelum kita membahas teknik Sequencing DNA, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu subjek utama kita, yaitu DNA. DNA atau Deoxyribonucleic Acid adalah materi genetik utama makhluk hidup yang ditemukan di dalam inti sel. Molekul DNA terdiri dari kumpulan nukleotida yang disebut polinukleotida. Polinukleotida ini akan membentuk satu utas panjang yang berikatan dengan polinukleotida lainnya membentuk molekul DNA.

Nukleotida sendiri adalah molekul yang tersusun dari gula deoksiribosa, fosfat, dan basa nitrogen. Dua utas polinukleotida bisa saling berikatan karena terdapat ikatan hidrogen antar basa nitrogen. Basa nitrogen sendiri terdapat dua jenis, yaitu basa Purin yang terdiri dari Adenin (A) dan Guanin (G), serta basa Pirimidin yang terdiri dari Timin (T) dan Sitosin (C), dimana Adenin hanya berikatan dengan Timin dan Guanin dengan Sitosin.

Basa nitrogen pada polinukleotida tersusun dengan urutan yang berbeda-beda pada semua makhluk hidup. Urutan basa nitrogen inilah yang akan dibaca dengan teknik DNA Sequencing untuk mengetahui identitas suatu makhluk hidup dari materi genetiknya.

1. Telah ditemukan sejak 1965

5 Fakta Teknik DNA Sequencing, Kunci Revolusi Ilmu Kedokteran the-scientist.com

Usaha untuk membaca urutan basa DNA telah dimulai pada tahun 1965 oleh Robert Holley di Cornell University. Dia mentranskripsikan DNA menjadi RNA terlebih dahulu agar terbentuk materi genetik yang terdiri dari 1 utas saja dan digunakan untuk membaca urutan basa DNA. Hal ini perlu dilakukan karena pembacaan urutan basa dilakukan dengan menambahkan basa nitrogen sintesis yang telah diberi probe (penanda). Sehingga harus menggunakan materi genetik yang tersusun dari 1 utas saja.

Teknik ini terus berkembang hingga akhirnya bisa menggunakan DNA murni tanpa harus ditranskripsikan menjadi RNA terlebih dahulu. Teknik yang saat ini banyak digunakan adalah hasil penemuan Frederick Sanger pada tahun 1975 dan dikenal dengan nama metode Sanger.

Metode Sanger ini menggunakan nukleotida 1 utas yang telah diperbanyak sebagai template atau cetakan, kemudian digunakan oligonukletida dengan panjang 8-10 basa atau disebut juga primer yang akan menempel pada template. Primer yang telah menempel akan diperpanjang dengan basa nitrogen sinstesis dan dibantu enzim DNA Polimerase.

Di dalam campuran basa nitrogen sintesis, terdapat dideoksinukleotida (ddNTPs) yang diberi probe dan berfungsi menghentikan pemanjangan primer. DdNTPs yang ditambahkan mewakili 4 jenis basa nitrogen dan akan menghasilkan fragmen-fragmen DNA yang berhenti di tempat ddNTPs tersebut berikatan. Fragmen-fragmen ini nantinya akan dipisahkan berdasarkan ukurannya dan sinyal dari probe yang dihasilkan akan dibaca untuk mengetahui jenis basa nitrogennya.

2. Human Genome Project

5 Fakta Teknik DNA Sequencing, Kunci Revolusi Ilmu Kedokteran frontlinegenomics.com

Human Genome Project atau HGP adalah proyek internasional yang melibatkan banyak peneliti di seluruh dunia dengan tujuan membuat peta lengkap untuk genom (kumpulan total gen DNA) manusia yang terdiri dari 23 pasang kromosom. Proyek ini dimulai pada tahun 1990 dan berhasil diselesaikan pada tahun 2003 dengan total dana lebih dari 5 miliar USD.

Teknologi DNA Sequencing, yang mayoritas menggunakan metode Sanger, saat itu belum memungkinkan peneliti untuk membaca genom manusia secara langsung sehingga membuat mereka harus memisahkannya menjadi fragmen-fragmen yang lebih kecil dan membutuhkan banyak waktu.

Proyek ambisius ini tidak dilakukan tanpa sebab. Dengan mengetahui secara pasti informasi genom manusia, para peneliti dapat mempelajari evolusi manusia, mutasi pada gen manusia, hingga forensik. Saat ini, data GenBank HGP dapat diakses oleh siapa saja melalui database online yang tersedia.