Comscore Tracker

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  

Banyak fakta yang tidak kamu sangka, lho

Spongebob Squarepants adalah film kartun dengan karakter utamanya bernama Spongebob yang merupakan spons. Banyak orang mengira bahwa Spongebob terinspirasi dari spons cuci piring karena bentuknya yang kotak dan berwarna kuning. Namun, tahukah kamu bahwa sebetulnya spons adalah makhluk yang betul-betul hidup di laut?

Meski hewan laut satu ini kurang terkenal dibanding karakter kartunnya, kamu pastinya penasaran kan dengan spons laut satu ini. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut adalah 5 fakta unik mengenai spons laut yang menjadi inspirasi makhluk kuning yang selalu periang ini.

1. Bentuknya tidak kotak seperti Spongebob

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  animalsworlds.com

Meskipun Spongebob berbentuk kotak dan berwarna kuning, spons laut yang sebenarnya tidak berbentuk seperti itu. Spons laut memilki memiliki bentuk yang bermacam-macam menyerupai karang berukurang kecil.

Persamaan terbesar dari Spongebob dan spons laut terdapa pada pori-porinya, di mana pori-pori ini digunakan spons laut untuk memperoleh makanannya. Spons laut cenderung pasif dalam bergerak sehingga dia menuggu plankton untuk masuk melewati pori-porinya untuk dimakan.

2. Sering salah dikira sebagai tanaman laut

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  fineartamerica.com

Karena sifatnya yang pasif dan menempel pada karang, banyak orang yang mengira spons laut sebagai tumbuhan. Padahal spons laut tidak memperoleh energi melalui proses fotosintesis melainkan dengan memakan plankton yang melewati pori-porinya.

Dalam taksonomi, spons laut termasuk ke dalam kingdom animalia dan filum porifera. Makhluk hidup yang tergolong dalam filum porifera adalah hewan multiseluler yang tidak memiliki organ tubuh lengkap seperti kepala atau kaki sehingga tidak heran jika dia sering dikira sejenis dengan rumput laut. Padahal jika dipikirkan baik-baik, Spongebob sendiri juga tidak berfotosintesis dan bisa memakan Krabby Patty, bukan?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Uji Pengetahuanmu Soal Fenomena Unik dari Hewan-hewan Ini

3. Tidak bisa dimakan

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  quickmeme.com

Meskipun SpongeBob yang kita kenal adalah karakter yang baik dan ramah, tetapi sebetulnya spons laut yang sebetulnya tidak sebaik itu. Beberapa spons mengandung racun berbahaya dan memiliki spikula (semacam tulang pada spons laut) yang tajam serta sulit terlihat mata.

Ketika diangkat dari laut, spons laut juga akan mengeluarkan semacam lendir sebagai mekanisme pertahanan diri. Lendir ini akan menghasilkan bau yang amis dan membuat kita merasa jijik dengannya.

4. Mengandung banyak senyawa bioaktif

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  dailysocial.id

Meski berbahaya untuk dimakan, sifat suka menolong dari SpongeBob tetap bisa kita temui dari spons laut karena beberapa spesies dari makhluk ini mengandung banyak senyawa bioaktif. Bahkan, spons laut juga dikenal sebagai salah satu hewan laut penghasil senyawa bioaktif terbanyak.

Senyawa bioaktif yang berasal dari spons laut ini memiliki banyak manfaat, khususnya di dunia pengobatan seperti untuk kanker, leukimia, dan bahkan HIV.

5. Tidak hanya hidup di laut

Sumber Inspirasi Spongebob Squarepants, Ini 5 Fakta Unik Spons Laut  gbri.org.au

Sama seperti SpongeBob yang hidup di laut, hewan spons juga banyak ditemukan di laut. Namun, hewan satu ini juga banyak ditemukan di perairan air tawar dan zona pasang surut. Hewan spons ini juga hanya ditemukan di perairan yang jernih dan tenang, hal ini untuk mencegah pori-pori spons tersumbat dan rusak.

Nah, jadi itulah 5 fakta unik dari spons laut. Meski beberapa fakta tersebut berbeda dengan SpongeBob yang kita kenal, cukup banyak juga sifat alami dari spons laut yang dijadikan sebagai inspirasi oleh kreatornya. Dari semua fakta ini yang manakah paling tidak kamu sangka?

Baca Juga: 10 Hewan Laut Raksasa Paling Indah dan Menakjubkan! Mana Favoritmu?

Deny Hung Photo Community Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You