Comscore Tracker

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Mati

#SainSeru mengingatkan kita akan sulitnya proses kelahiran

Setiap hewan memiliki peran masing-masing dalam hidup mereka namun percayakah kamu kalau ada makhluk di Bumi yang tujuannya hanya untuk bereproduksi saja? Hewan-hewan dengan tujuan yang unik ini biasanya dipanggil dengan sebutan semelparous. Mereka memiliki kesempatan untuk bereproduksi sekali saja dan kemudian akan mati.

Walaupun jangka hidup mereka yang pendek, makhluk semelparous menghasilkan lebih banyak keturunan. Karena mereka tidak peduli dengan kelangsungan hidup setelah musim kawin, mereka menggunakan semua energi dan sumber daya mereka untuk menemukan pasangan. Yuk simak hewan mana yang meiliki siklus hidup yang unik ini.

1. Lebah drone

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Matismithsonianmag.com

Tidak seperti rekan betina mereka, lebah drone hidup semata-mata hanya untuk bereproduksi dengan ratu lebah. Walaupun mereka kadang-kadang meminjamkan sayap mereka untuk mendinginkan sarang lebah, namun sebagian waktu mereka dihabiskan untuk menunggu musim kawin. Mereka akan bergerombol untuk bereproduksi dengan ratu lebah dan kemudian akan jatuh mati.

2. Salmon pasifik

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Matidrakemag.com

Dengan berani mereka melawan arus sungai kecil demi bermigrasi agar salmon betina dapat meletakkan telurnya. Salmon betina akan jatuh mati setelah ia meletakkan telurnya, sedangkan salmon jantan masih bertahan hidup untuk menjaga telur-telur tersebut. Selama mereka berada di air tawar, salmon jantan tidak akan makan sama sekali. Ia mengandalkan energi yang disimpan dan membakar lemak yang diperlukan untuk bergerak, namun mereka akan mati ketika semua energi tersebut habis.

Baca Juga: Sedih, Beo Biru di Film Animasi "Rio" Dinyatakan Punah di Alam Liar

3. Gurita bawah laut

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Matitonmo.com

Gurita bernama graneledone boreopacifica yang hidup ribuan kaki di bawah laut menghabiskan sebagian besar dari hidup mereka mati kelaparan saat mengawasi telur mereka. Sekelompok tim peneliti memantau seorang ibu gurita yang menjaga telurnya selama 53 bulan. Ia tidak melakukan apapun selain melayang di atas anak-anaknya dan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali hingga mati. Sedangkan gurita jantan diperkirakan telah lama mati setelah bereproduksi.

4. Twisted-wing parasites

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Matiourbreathingplanet.com

Seperti namanya, serangga ini hidup dengan mengandalkan makhluk hidup yang lainnya seperti lebah atau tawon untuk bertahan hidup. Parasit betina akan menghinggap pada tubuh indungnya dengan bagian anterir (pantat) menonjol keluar. Parasit jantan akan datang untuk menginseminasi parasit betina dan mati beberapa jam sebelum telur-telur tersebut menetas. Bayi-bayi parasit yang baru menetas akan memakan tubuh ibunya sendiri.

5. Bunglon labord

Kasihan, Demi Menghasilkan Keturunan 5 Hewan Ini Rela Matimadacamp.com

Bunglon labord yang hanya hidup di bagian kecil pulau Madagaskan menghabiskan sebagian besar hidup mereka sebagai telur. Walaupun mereka berhasil bertahan hidup hingga sekarang, namun karena jangka waktu hidup mereka yang pendek mereka tidak begitu memiliki signifikan efek bagi dunia. Bunglon labord biasanya hidup selama empat atau lima bulan, dari November hingga Februari atau Maret saja. Mereka akan tumbuh besar, bereproduksi, menjaga telur mereka, dan kemudian mati.

Ternyata dunia ini penuh dengan hewan-hewan yang unik ya.

Baca Juga: Sedih Banget, 15 Hewan Ini Ternyata Punah karena Ulah Manusia Sendiri!

Nathasia Photo Community Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You