Comscore Tracker

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! 

Alam semesta masih penuh misteri

James Webb merupakan teleskop yang dikembangkan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat NASA yang bekerja sama dengan lembaga antariksa Eropa (ESA) dan lembaga antariksa Kanada (CSA). Teleskop ini diklaim memiliki potret terjernih dan paling tajam untuk mengamati alam semesta saat ini.

Setelah mengorbit sejak 24 Januari 2022, akhirnya teleskop James Webb memamerkan 5 hasil foto pengamatan ilmiahnya untuk pertama kali pada 12 Juli 2022 melalui kanal YouTube resmi NASA. Apa saja hasil pengamatannya? Yuk simak! 5 foto alam semesta hasil potret teleskop James Webb berikut.

1. Nebula Carina 

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! Foto Nebula Carina (webbtelescope.org/NASA, ESA, CSA, STScI)

Nebula Carina merupakan tempat pembibitan bintang yang sangat luas, aktif, dan terkadang ganas. Nebula ini menjadi salah satu nebula paling terang dan terbesar di langit yang berjarak 7.600 tahun cahaya dari bumi.

Detail baru yang terlihat dari hasil potret James Webb menunjukkan bahwa Nebula Carina tampak seperti pegunungan terjal pada malam hari yang diterangi oleh cahaya bulan, sangat indah dan menakjubkan. Bagian gelap dalam nebula tersusun dari radiasi ultraviolet dan angin bintang dari bintang-bintang muda yang sangat masif dan panas.

2. Kwintet Stephan 

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! Foto Kwintet Stephan (webbtelescope.org/NASA, ESA, CSA, STScI)

Kwintet Stephan merupakan sekelompok lima galaksi yang tampak sangat berdekatan dan berada pada 290 juta tahun cahaya dari bumi. James Webb menunjukkan detail gugusan gemerlap dari jutaan bintang muda dan daerah ledakan bintang akibat lahirnya bintang baru. Terlihat pula sapuan ekor gas, debu, dan bintang dari beberapa galaksi akibat interaksi gravitasi. Foto Kwintet Stephan tersebut memberi pengetahuan baru tentang bagaimana interaksi galaksi mampu mendorong terjadinya evolusi galaksi di alam semesta.

3. Nebula Cincin Selatan 

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! Foto Nebula Cincin Selatan (webbtelescope.org/NASA, ESA, CSA, STScI)

Nebula Cincin Selatan ini jaraknya lebih dekat ke bumi, yaitu hanya sekitar 2500 tahun cahaya. Nebula ini merupakan nebula planet yang berupa awan gas yang mengembang di sekitar bintang yang sekarat. Bentuk menakjubkan Nebula Cincin Selatan ini disebabkan oleh bintang redup yang terletak di tengah nebula yang telah melepaskan lapisan terluarnya untuk membentuk struktur gas cincin dan debu ke segala arah. James Webb memperlihatkan untuk pertama kalinya bahwa bintang ini diselimuti oleh debu.

4. Atmosfer planet WASP-96b 

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! Foto spektrum atmosfer planet WASP-96b (webbtelescope.org/NASA, ESA, CSA, STScI)

Foto tersebut merepresentasikan spektrum dari jumlah gelombang  cahaya berbeda yang dipancarkan oleh planet ekstrasurya yang dijuluki WASP-96b. Planet ini merupakan planet asing yang berjarak sekitar 1.120 tahun cahaya dari bumi dan berukuran setengah dari massa Jupiter. Spektrum cahaya dalam foto berhasil menggambarkan molekul gas berupa uap air yang cukup banyak. Selain itu, James Webb juga berhasil menunjukkan keberadaan kabut dan awan yang tidak dapat dideteksi oleh pengamatan sebelumnya. Hasil penelitian untuk planet-planet asing ini akan menjadi bahan kajian mendalam untuk mengkarakterisasi planet yang mungkin berpotensi untuk layak huni di luar Bumi.

5. Gugus galaksi SMACS 0723 

5 Foto Alam Semesta Hasil Potret Teleskop James Webb, Bikin Takjub! Foto gugus galaksi SMACS 0723 (webbtelescope.org/NASA, ESA, CSA, STScI)

Hasil potret James Webb mampu menggambarkan susunan gugusan galaksi SMACS 0723 secara detail. Ribuan galaksi yang merupakan objek paling redup muncul dengan jelas dalam foto hasil jepretannya. Dalam foto ini juga terdapat fenomena lensa gravitasi akibat adanya galaksi elips raksasa putih di tengah foto, yang membuat ruangwaktu di sekitarnya melengkung. Hal inilah yang kemudian membuat galaksi-galaksi lain tampak memanjang.

Itulah 5 foto alam semesta hasil potret teleskop James Webb yang sangat menakjubkan. Hasil pengamatan teleskop tersebut menunjukkan bahwa di alam semesta ini ternyata masih banyak hal-hal yang belum terungkap dan penuh misteri. Bahkan dari penelitian ini  juga menjelaskan, jika diamati lebih lanjut maka ada kemungkinan planet asing yang bisa ditempati selain bumi. Apakah menurut kalian itu menarik?

Baca Juga: 5 Fakta Pleiades, Gugus Bintang Terbuka di Rasi Taurus

Devi Yustika Photo Writer Devi Yustika

happy me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya