Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pig

Saking lucunya dijamin bikin kamu betah terus di rumah!

Penampilannya yang lucu bak boneka membuat guinea pig jadi hewan yang disukai banyak anak kecil. Hewan yang masih berkerabat dengan hamster tersebut juga kini termasuk pilihan hewan peliharaan yang menarik untuk dijadikan teman di rumah. Tapi sebelum kamu memelihara guinea pig, ketahui dulu 5 hal penting ini guys!

1. Masa hidupnya bisa berkisar 5 hingga 7 tahun

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pigthesprucepets.com

Untuk merawat seekor guinea pig kamu setidaknya harus membentuk komitmen yang kuat sebab masa hidup mereka terbilang lumayan lama, sekitar 5 hingga 7 tahun. Bila mengadopsinya sejak masih bayi maka dalam waktu beberapa tahun ke depan kalian harus merawatnya dengan benar. 

2. Makanan yang perlu disediakan

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pigpetcentral.chewy.com

Guinea pig pada dasarnya hewan herbivora yang menyukai berbagai ragam buah dan sayuran. Pilihan makanan yang bisa disediakan antara lain, pisang, tomat, atau makanan hewan khusus untuk guinea pig. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membahayakan kesehatan guinea pig, seperti alpukat, kelapa dan anggur.

3. Hewan sosial yang suka hidup bersama sejenisnya

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pigburgesspetcare.com

Jika kamu butuh hewan peliharaan yang lebih dari satu maka berbahagialah. Guinea pig adalah hewan sosial yang suka hidup bersama sejenisnya. Kamu bisa memelihara mereka secara sepasang atau dengan kelamin yang sama jika tidak ingin membuatnya berkembang biak.

Agar lebih mudah lagi usahakan untuk mempertemukan sesama pig dalam umur yang setara, dengan begitu mereka bisa lebih akrab dan jarang bertengkar.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Seputar Hamster, Si Mungil yang Menggemaskan

4. Bisa sesekali mengeluarkan suara yang keras

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pigtheflindersnews.com.au

Seperti hewan lainnya yang bersuara demi mendapatkan perhatian, guinea pig pun bisa mengeluarkan bunyi seperti decitan yang memiliki banyak arti. Jika masih dalam volume yang normal dan tidak terlalu kencang artinya mereka sedang merasa senang. Namun jika suaranya cukup keras artinya ada sesuatu yang salah terjadi pada diri atau sekitar mereka.

5. Tempat ideal untuk memelihara guinea pig

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berniat Memelihara Guinea Pigwomansday.com

Meskipun badannya terbilang mini alias kecil tapi guinea pig butuh tempat yang cukup luas agar mereka dapat bebas bergerak. Ketimbang membeli kandang yang biasanya hanya berukuran 80x50 cm, lebih baik gunakan akuarium yang berukuran 1x1 meter. 

Guinea pig mudah bersosialiasi dengan manusia dan bisa menjadi hewan yang setia bila diperlakukan dengan benar. Kalau kamu berniat untuk memeliharanya pastikan mencatat 5 hal penting tadi ya guys!

Baca Juga: 5 Game Terbaik Tentang Hamster Ini Wajib Kamu Coba, Seru dan Lucu Lho!

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You