Comscore Tracker

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewan

Anemon ini bukan tumbuhan lho tapi terkategori sebagai hewan

Bagi kamu yang selama ini mengira anemon adalah tumbuhan kini saatnya memperbarui pengetahuan nih. Sebab anemon sebenarnya terkategori sebagai hewan yang berkerabat dekat dengan ubur-ubur. Anemon identik dengan ikan badut yang menjadikan mereka tempat tinggal. 

Selain itu masih ada lagi fakta menarik seputar anemon, berikut penjelasan lengkapnya!

1. Anemon punya waktu hidup yang sangat panjang

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewanunsplash.com/@johncutting

Kebanyakan anemon hidup di dasar laut dan menempel pada karang. Mereka bisa bertahan hidup sangat lama apalagi jika tidak terganggu tangan nakal manusia. Beberapa jenis anemon seperti Snakelocks anemone dapat hidup selama 10 tahun. Anemon juga dapat mengkloning diri mereka sendiri, tidak menua, dan terbebas dari predator berkat racun yang dimilikinya. 

2. Makanan anemon bisa berupa plankton sampai ubur-ubur

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewanunsplash.com/@jamesthornton95

Walaupun terlihat seperti hiasan cantik di dasar laut namun anemon pun dapat menyergap mangsa dan mencari santapannya sendiri lho. Anemon menjadikan plankton sebagai makanan favoritnya, namun semakin besar ukuran anemon maka semakin besar pula santapan mereka. Seekor kepiting, ikan atau ubur-ubur bisa menjadi sasaran empuk yang didapatkan anemon dengan cara menyergap mereka dalam tentakel-tentakel kecilnya.

Baca Juga: Temuan 7 Benda yang Paling Mencemari Laut

3. Anemon bisa bergerak secara lambat hingga cepat

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewanunsplash.com/@arun_raj99

Menempelnya anemon pada karang atau dasar laut tidak bersifat permanen. Bagaimana pun juga anemon tetap hewan yang bisa bergerak dan mempertahankan hidupnya dari jangkauan predator. Ketika posisinya terancam anemon akan berjalan perlahan dengan tentakel sebagai kakinya.

Namun tidak sedikit anemon yang juga bisa bergerak dengan cepat melepaskan diri mencari tempat singgah yang lebih aman. 

4. Hubungan simbiosis antara anemon dan hewan lain

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewanunsplash.com/@sebaspenalambarri

Seperti yang sudah diketahui anemon laut ini memang punya hubungan tersendiri dengan ikan khususnya ikan badut. Keduanya memang menjalin hubungan simbiosis di mana ikan badut mendapat tempat untuk berlindung dan anemon mendapat sisa makanan dari tubuh ikan badut. Ikan badut dapat terlindungi dari racun atau sengatan anemon berkat lapisan lendir yang menutupi tubuhnya.

5. Anemon dan racunnya yang menyengat

5 Hal Menarik Anemon, Rumah Para Ikan yang Juga Ternyata Hewanunsplash.com/@fischle

Beberapa spesies anemon memiliki sengatan yang cukup menyakitkan bagi manusia. Sengatan ini sangat berfungsi ketika mereka mencari mangsa. Setiap ikan kecil dan sasaran berada di dekatnya, anemon akan menyemprotkan racun seperti tombak dan membuat mangsa tak berkutik. Setelah itu tentakelnya pun muncul dan menarik perlahan ke mulut yang biasanya ada di bagian tengah tubuh anemon. 

Nah, itu tadi guys beberapa fakta menarik tentang anemon. Siapa nih yang baru tahu bahwa anemon bukan tumbuhan melainkan termasuk salah satu jenis hewan?

Baca Juga: 9 Jenis Bintang Laut Terunik, Gak Semua Berbentuk Bintang!

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You