Comscore Tracker

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita 

Ternyata, gurita juga bisa berjalan, lho!

Hewan tak bertulang belakang ini sering kali muncul jadi karakter tokoh kartun yang cerdik. Gurita mendapat peran seperti itu karena pada dasarnya mereka hewan yang pintar. Tubuhnya yang elastis pun membuat gurita memiliki pergerakan yang menarik. 

Dilansir laman Live Science, berikut lima fakta unik gurita yang menarik untuk diketahui!

1. Punya tiga jantung dalam satu tubuh

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita unsplash.com/@mael_bld

Seperti kerabatnya, cumi-cumi, gurita pun memiliki tiga organ jantung dan punya fungsi yang berbeda. Dua jantungnya bergerak ke arah insang untuk mengatur pernapasan dan yang satu lagi memompa darah ke seluruh tubuh gurita.

2. Gurita ahlinya berkamuflase

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita unsplash.com/@janayara

Gak kalah dengan bunglon yang bisa membuat predatornya terkecoh kebingungan, gurita juga dapat melakukan hal yang sama, lho. Hewan tak bertulang belakang tersebut akan mengubah warna tubuhnya hanya dalam waktu 3 detik saja.

Gurita yang hidup di dasar laut bahkan memiliki kemampuan menyesuaikan tubuh dengan lingkungan di sekitarnya, seperti karang, bebatuan, dan tumbuhan.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

3. Gurita punya kehidupan yang singkat

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita unsplash.com/@isagalvezphoto

Walaupun gurita cerdas dan lihai dalam mempertahankan keberadaannya dari predator, sayangnya, hewan ini memiliki umur yang pendek. Kebanyakan dari spesies gurita hanya dapat bertahan hidup kurang dari 1 tahun, tepatnya sekitar 6 bulan saja.

4. Gurita lebih suka berjalan daripada berenang

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita unsplash.com/@tchompalov

Kehadiran tiga jantung pada organ tubuh gurita membuatnya lebih menyukai jalan merangkak dibanding berenang. Hal ini karena saat berenang, salah satu organ jantungnya terhenti dan jantung lainnya bekerja lebih keras.

Oleh sebab itu, mereka lebih senang berjalan merangkak agar tidak mudah lelah dan lebih efisien mengingat pergerakannya secara merambat pun sangat gesit.

5. Gurita bisa memakan tentakelnya sendiri saat merasa stres

Punya 3 Jantung dan Makan Tentakel Sendiri, Ini 5 Fakta Unik Gurita unsplash.com/@obkim

Di dunia hewan, perilaku memakan anggota tubuh sendiri dinamakan autophagy. Saat stres dan merasa tertekan, gurita akan mengunyah dan memakan salah satu tentakelnya sendiri.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik gurita yang mungkin belum kamu diketahui. Kalau menurutmu, fakta nomor berapa yang paling unik, Guys?

Baca Juga: Gak Disangka, Hewan-hewan Ini Pernah Jadi Alat Transportasi

dewi Y Photo Verified Writer dewi Y

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya