Comscore Tracker

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!

Bikin pengen bawa pulang dan pelihara satu di rumah!

Kehidupan bawah laut bukan hanya seputar ikan-ikan yang berukuran besar saja. Lebih dari itu terdapat banyak hewan tersembunyi yang keberadaannya patut dikagumi. Terumbu karang adalah rumah bagi makhluk-makhluk seperti ini, mereka yang tinggal di sekitar terumbu karang punya pesona yang bikin penyelam berdecak kagum.

Berikut 10 hewan penghuni terumbu karang yang indahnya kebangetan!

1. Mandarin fish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!animalspot.net

Mandarin fish diberi nama demikian karena corak di tubuhnya memiliki kesamaan dengan kain jubah khas Tiongkok. Mandarin fish termasuk ikan hias paling diburu karena perpaduan warna biru dan oranye yang begitu cantik. Ikan lucu ini biasanya berada di dasar terumbu karang untuk mencari makanan. 

2. Yellow tang

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!saltwateraquarist.com

Jika dilihat sekilas ikan Yellow tang mirip banget dengan ikan mainan plastik yang kerap dijadikan mainan anak. Ikan berwarna kuning cerah tersebut memang memiliki bentuk yang lucu seperti mainan dengan mata bulat dan bibir moncongnya. Warna kuning Yellow tang cenderung seperti kuning transparan yang membuat tulangnya bisa terlihat secara jelas.

3. Lion fish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!npr.org

Lionfish merupakan ikan asli perairan Asia-Pasifik yang menyukai laut tropis. Bentuknya yang cantik dengan loreng dan surai yang bermekaran membuat orang lain terpukau dan terkadang lupa bahwa ikan ini termasuk predator yang beracun. Lionfish memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam, yang banyak ditemukan umumnya memiliki loreng di tubuh berwarna cokelat atau merah. 

4. Harlequin shrimp

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!azgardens.com

Yang cantik tak selamanya baik, kira-kira begitu ungkapan paling tepat saat mendeskripsikan Harlequin shrimp. Hewan ini termasuk ke dalam keluarga udang namun memiliki sengat yang cukup ganas. Meskipun berukuran kecil udang harlequin kerap berpasangan saat ingin menyergap mangsanya. Bahkan racun udang harlequin mampu mematikan bintang laut berduri. 

5. Moon jellyfish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!marinespecies.org

Moon jellyfish akan memantulkan sinar disekitarnya yang dapat membuat penampakan mereka semakin mengagumkan. Moon jellyfish merupakan ubur-ubur transparan yang memegang peran penting dalam ekosistem laut. Ubur-ubur ini merupakan makanan utama bagi para penyu. Sayangnya banyak penyu yang salah mengira bahwa kantung plastik adalah ubur-ubur. 

Baca Juga: 5 Makhluk Laut Aneh yang Pernah Ditemukan, Seram Bentuknya

6. Moorish idol

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!fineartamerica.com

Masyarakat Afrika percaya bahwa ikan ini dapat membawa kebahagiaan, hal itu menjadi dasar dari nama Moorish idol. Ikan ini banyak diburu para kolektor karena penampilannya yang tangguh. Ikan Moorish idol juga aman diperjualbelikan karena mereka memiliki musim kawin hingga seumur hidupnya. 

7. Palette surgeonfish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!aquarium-st-malo.com

Kalau melihat ikan biru dengan warna hitam dan kuning ini pasti kita semua langsung teringat pada tokoh ikan baik bernama Dory. Palette surgeonfish atau yang juga dikenal dengan sebutan Blue tang hidup di sekitar terumbu karang. Mereka menjadikan terumbu karang sebagai tempat berlindung dari para predator. 

8. Bartlett anthias

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!flickr.com

Hewan cantik dengan warna neon ini merupakan salah satu kerabat dari ikan kerapu. Bartlett anthias kerap kali jadi pengisi akuarium berkat warnanya yang sangat cantik dan menyala. Ikan tersebut biasa bersembunyi disela-sela terumbu karang dan umumnya lahir dengan jenis kelamin betina lalu berubah menjadi jantan. 

9. Butterfly fish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!seaunseen.com

Butterflyfish disebut sebagai ikan kupu-kupu karena warna tubuhnya mirip hewan bersayap cantik itu. Butterflyfish didominasi warna putih keabuan, kuning, hitam dan cokelat. Ikan ini memiliki ritual kawin yang unik, saat betina dan jantan sudah saling cocok maka mereka akan berenang ke permukaan lalu bergerak berputar seolah menari-nari selagi melakukan pembuahan. 

10. Clown fish

10 Hewan Penghuni Terumbu Karang yang Indah Banget, Memanjakan Mata!biotaaquariums.com

Clown fish atau ikan badut memiliki nama sebutan lain yaitu Anemonefish. Ikan mungil yang populer berkat serial animasi 'Nemo' tersebut merupakan ikon dari ikan yang hidup di terumbu karang. Ikan badut dapat beradaptasi dengan anemon yang memiliki sengatan bila disentuh. Anemon akan menjadi rumah tempat ikan badut berlindung dan juga bertelur.

Keberlangsungan hidup ikan-ikan lucu di atas tadi sangat bergantung pada kelestarian lingkungan, khususnya terumbu karang. Jadi pastikan untuk terus menjaga keindahan terumbu karang dan tidak merusak habitat ikan-ikan lucu itu ya!

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Biasa untuk Dipelihara

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You