Comscore Tracker

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancis

Katedral ikonik Prancis terbesar dari abad ke-13

The Cathedral Basilica of Our Lady of Amiens (dalam Bahasa Prancis yakni Basilique Cathédrale Notre-Dame d'Amiens) atau yang lebih dikenal dengan nama Katedral Amiens merupakan sebuah gereja katedral Katolik Roma yang terletak di kota Amiens, Prancis sekitar 153 km sebelah utara kota Paris.

Katedral tersebut merupakan gereja tempat kedudukan Uskup Amiens dan merupakan salah satu katedral ikonik di Prancis dengan gaya arsitektur Gotik yang terkenal dengan corak bangunannya menjulang tinggi, megah dan berkesan enigmatik.

Selain statusnya sebagai gereja katedral, Katedral Amiens juga merupakan gereja dengan status basilika. Dilansir gcatholic, basilika (minor basilica) merupakan gelar kehormatan yang diberikan oleh Vatikan kepada sejumlah bangunan gereja Katolik Roma tertentu di seluruh penjuru dunia. Gelar tersebut berkaitan dengan sejarah dan perkembangan umat gereja Katolik Roma di suatu tempat serta signifikansinya sebagai pusat peribadatan.

Prancis sendiri memiliki 174 buah basilika, kedua terbesar setelah negara Italia yang memiliki 584 buah basilika yang menandakan sejarah Kekatolikan yang juga berakar kuat di Prancis. Simak kisah detail dari Katedral Amiens berikut ini.

1. Salah satu katedral ikonik Prancis dari abad ke-13

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancispotret Katedral Amiens dari sisi utara (commons.wikimedia.org/VincentdeMorteau)

Dilansir Britannica, Katedral Amiens merupakan katedral terbesar di antara tiga katedral termegah bergaya arsitektur Gotik di Prancis yang dibangun pada abad ke-13 bersama dengan Katedral Reims dan Katedral Chartres. Hingga hari ini, Katedral Amiens merupakan gereja Katedral terbesar di Prancis.

Dari sisi ukurannya, Katedral Amiens memiliki eksterior sepanjang 145 meter yang lebih panjang 7 meter bila dibandingkan dengan katedral Reims dan 15 meter lebih panjang bila dibandingkan dengan Katedral Chartres. Untuk panjang interiornya sendiri Katedral Amiens memiliki interior sepanjang 133,5 meter.

Katedral Amiens dibangun oleh tim yang ditugaskan oleh Uskup Evrard de Fouilloy untuk menggantikan katedral sebelumnya yang bergaya Romanesque  yang rusak akibat kebakaran di tahun 1218. Konstruksi pertamanya dimulai di tahun 1220 di bawah arahan arsitek Robert de Luzarches dan konstruksi utamanya berhasil diselesaikan sekitar tahun 1270. Katedral Amiens merupakan salah satu contoh klasik konstruksi gereja terbaik dari era arsitektur Gotik di Prancis. 

2. Kaya akan karya pahatan yang luar biasa dan dekorasi yang artistik

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancispotret gerbang Katedral Amiens yang kaya akan pahatan dekoratif religius (commons.wikimedia.org/Jean-Pol Grandmont)

Sama seperti katedral-katedral bergaya Gotik di Eropa pada umumnya, Katedral Amiens juga kaya akan karya pahatan bertema religius Kristen yang luar biasa. Karya-karya pahatannya dibuat oleh para senimannya dengan sangat detail dan tingkat realisme yang tinggi. Salah satu contohnya adalah pahatan yang terdapat di gerbang (portal) sisi baratnya, yang banyak mengisahkan tentang Yesus Kristus, Santa Perawan Maria, dan sejumlah malaikat serta orang-orang kudus lainnya.

Dilansir Smarthistory, beberapa sejarawan seni menyebut pahatan pada gerbang gereja tersebut sebagai khotbah yang ditempa di atas batu yang menguatkan kesakralan gereja. Pada bagian tengah gerbang terdapat pahatan yang dikenal dengan Beau Dieu atau beautiful God  berupa pahatan figur Yesus Kristus dengan gestur tangan sedang memberkati dan tangan lainnya memegang kitab suci, yang menambahkan aura spiritual ketika umat hendak memasuki gereja.

Selain itu, di bagian dalam interiornya terdapat dekorasi unik yang hanya dimiliki oleh Katedral Amiens ketika dibangun pada masanya yaitu dekorasi pahatan untaian daun yang terbentang di sepanjang interior katedral. Pahatan untaian daun tersebut dibuat dari ratusan blok batu yang dipahat secara individual kemudian disatukan untuk menciptakan dekorasi untaian daun yang indah. 

3. Terdapat peninggalan bersejarah Kekristenan di Katedral Amiens

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancispotret interior Katedral Amiens dengan kekhasan gaya arsitektur Gotiknya yang megah (commons.wikimedia.org/Jean-Pol Grandmont)

Sejumlah sumber informasi menyebutkan Katedral Amiens di Prancis juga menjadi tempat disimpannya benda-benda  yang berkaitan dengan sejarah Kekristenan, di antaranya yang dikenal dengan nama The crown reliquary of Paraclet dari abad ke-13 berupa mahkota berlapis emas yang dihiasi batu mulia yang diyakini berisi relikui yang berasal dari peristiwa sengsara Yesus Kristus. Lalu ada pahatan dari abad ke-15 yang terbuat dari kayu polikrom dalam bentuk figur Santa Perawan Maria yang menggendong kanak-kanak Yesus.

Namun kaca patri kuno dengan aneka warna yang biasanya menjadi salah satu ciri khas seni katedral Gotik hanya sedikit sekali yang masih tersisa di Katedral Amiens ini. Dilansir Smarthistory, hanya sedikit saja kaca patri abad pertengahan yang masih tersisa dan saat ini kebanyakan telah diganti dengan kaca bening. Kaca Patri abad pertengahan di Katedral Amiens dilepas sebelum meletusnya Perang Dunia I namun hancur oleh kebakaran ketika disimpan.

Baca Juga: 5 Fakta Katedral Santo Yohanes Den Bosch, Mahakarya Arsitektur Gotik

4. Lolos dari kerusakan serius akibat konflik besar peperangan manusia

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancispotret kerusakan Katedral Amiens akibat bom semasa Perang Dunia I berkobar (commons.wikimedia.org/National Library of Scotland)

Katedral Amiens telah berdiri melintasi abad sejak abad ke-13 dan mengalami sejumlah kerusakan yang diakibatkan oleh faktor alami seperti badai besar maupun konflik yang dibuat oleh manusia seperti kebakaran dan peperangan. Dalam sejarah Prancis setidaknya terdapat tiga konflik besar, Revolusi Prancis (1787-1799) dan dua perang dunia: PD I (1914-1918) dan PD II (1939-1945), namun Katedral Amiens lolos dari kerusakan serius dari konflik besar yang disebabkan manusia tersebut.

Dilansir Frenchmoments , selama terjadinya Revolusi Prancis, Katedral Amiens mengalami kerusakan minor yang diakibatkan oleh perusakan selama terjadinya revolusi. Kerusakan terbatas pada sejumlah lambang kerajaan yang dirusak, sejumlah salib dan patung. Pada era PD I katedral mengalami kerusakan akibat tembakan pasukan Jerman, intervensi Paus Benediktus XV yang meminta Jerman menghentikan tembakan ke arah katedral berhasil menghindarkan katedral dari kerusakan parah.

Pada era PD II, meskipun pengeboman  yang dilakukan baik oleh Jerman maupun Sekutu terhadap kota Amiens menyebabkan banyak sekali kerusakan namun bangunan Katedral Amiens tidak mengalami kerusakan serius.

5. Menjadi situs warisan dunia UNESCO

5 Fakta Katedral Amiens, Gereja Gotik Terbesar di Prancispotret flying buttresses (penyangga melayang penahan beban) yang menjadi ciri khas arsitektur Gotik di Katedral Amiens (commons.wikimedia.org/Jacques76250)

Katedral Amiens ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh badan PBB UNESCO pada tahun 1981. Dilansir UNESCO, terdapat sejumlah kritera yang membuat Katedral Amiens ditetapkan sebagai situs warisan dunia, diantaranya:

  • Katedral Amiens yang konstruksi utamanya dibangun antara tahun 1220 hingga 1270 merupakan mahakarya arsitektur Gotik karena keindahan interiornya dan dekorasi pahatannya yang luar biasa. Banyak hal selama berabad-abad setelahnya telah menandai bangunannya tanpa mengubah konstruksi asli bangunannya.
  • Katedral Amiens memberikan pengaruh penting bagi perkembangan arsitektur Gotik selanjutnya.
  • Selama berabad-abad Katedral Amiens telah mempertahankan ekspresi arsitektural dan fungsi budayanya serta berada dalam konservasi yang baik.

Munculnya bangunan gereja katedral dengan corak arsitektur baru bergaya Gotik di Prancis telah merevolusi seni rancang bangun di Eropa. Kekuatan konstruksinya pun telah teruji melintasi abad. Arsitektur Gotik dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru Eropa dan mewarisi Eropa dengan bangunan-bangunan bersejarah yang indah yang memperkaya langgam seni rancang bangunannya.

Apakah kamu tertarik untuk berwisata rohani sekaligus mengunjungi Katedral Amiens yang megah ini? Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu atas salah satu bangunan gereja Katolik Roma terbesar di Prancis, ya! 

Baca Juga: 7 Fakta Katedral Chartres, Arsitektur Gotik Prancis Abad ke-13

Dodi Wijoseno Photo Verified Writer Dodi Wijoseno

Penyuka Sejarah, mountain hiking dan olah raga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya