Comscore Tracker

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! 

Tak hanya indah lho 

Sumber daya alam tidak hanya berupa bahan mentah seperti hasil tani dan tambang. Terkadang, mereka hadir dalam bentuk sebuah mahakarya alam. Seringkali dianggap tempat wisata biasa, ternyata spot alam berikut adalah aset yang tak ternilai harganya karena manfaatnya yang luar biasa. Jangan sampai lenyap karena pembangunan. 

1. Sungai Mississippi 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/albinasmoments

Sungai Mississippi adalah salah satu alasan kejayaan Amerika Serikat hingga sekarang. Manfaatnya benar-benar luar biasa, ia adalah berkah bagi siapa pun yang menguasainya. Wilayahnya sangat luas dan punya fungsi penting dalam distribusi produk, terutama produk pertanian yang mudah busuk.

Mississippi membuat distribusi sangat mudah, murah, bersih, dan cepat bagi petani Amerika Serikat yang ingin menjual produknya ke berbagai wilayah di Amerika Utara. Sungai lebih menguntungkan daripada lautan karena mudah dinavigasi dan punya dua tepi yang subur. Sungai juga tidak memiliki banyak tantangan alam yang mengganggu seperti lautan. 

2. Amazon 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/sambazonuk

Aset alam berikutnya yang sangat berharga adalah Amazon. Tak hanya hutan, Amazon juga sungai yang sangat besar dan penting posisinya dalam distribusi produk-produk bernilai ekonomi tinggi. Hutannya adalah paru-paru dunia yang berfungsi mengontrol suhu dan mengurangi emisi gas CO2.

Sungainya menyimpan banyak populasi organisme air yang memukau. Jika kamu penggemar ikan hias, kebanyakan ikan yang kamu miliki sekarang berasal dari sana. Tepiannya adalah rumah bagi ribuan penduduk asli Amerika yang menggantungkan hidupnya dari alam. Sayangnya, wilayahnya yang sangat luas ini membuat pemerintah negara-negara yang bersangkutan tak bisa melakukan pengawasan menyeluruh. Amazon sering dijarah hingga mengalami deforestasi yang lumayan mengkhawatirkan. 

3. Sungai Mekong 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/kristian.jeppsen

Begitu pula dengan Sungai Mekong yang cukup penting posisinya. Apalagi ia melintasi beberapa negara yaitu Tiongkok, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Laos. Keberadaannya menjadi sumber mata pencaharian warga sekitar, airnya dipakai untuk irigasi perkebunan kopi di Vietnam dan Laos.

Uniknya lagi, biodiversitas di Sungai Mekong merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Amazon. Tak hanya itu, wilayah alirannya ternyata menyimpan pula kekayaan geologi terutama pasir dan batu kerikil yang berguna sebagai komoditi ekspor bahan bangunan. Sayangnya, selain sering jadi konflik, wilayah ini mengalami penurunan curah hujan yang membuat airnya terancam surut dari waktu ke waktu. 

4. Great Barrier Reef

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/marinebernier

Bukan hanya indah karena jadi rumah untuk terumbu karang, Great Barrier Reef menyumbang triliunan dollar untuk GDP Australia lewat sektor wisata, perikanan, hingga pengetahuan alam. Sektor-sektor tersebut yang menciptakan lapangan kerja bagi Australia. Wilayah itu juga rumah untuk berbagai keragaman biota laut serta warisan sakral suku Aborigin. Great Barrier Reef telah dianggap sebagai ikon penting Australia dan dilindungi UNESCO. 

5. Kepulauan Galapagos 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/serengetee

Terletak di Ekuador, Kepulauan Galapagos adalah rumah untuk berbagai jenis satwa langka. Kontribusinya sangat besar dalam ilmu pengetahuan sejak pertama kali ditemukan. Hewan-hewan di sana sudah bisa hidup terisolasi dan justru tidak menampakkan tanda-tanda menghindari manusia. Sayangnya, sejak dibuka untuk wisata, Galapagos mengalami beberapa masalah seperti makin banyaknya populasi manusia yang ikut tinggal di sana, kegiatan ekonomi ilegal yang mengancam biodiversitas dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Keren! 5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kamu Ditemukan di Musim Dingin

6. Sungai Yangtze

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/bangsshoes

Yangtze adalah sungai terbesar di Tiongkok yang punya peran sebesar Mississippi untuk Amerika Serikat. Yangtze menghidupi jutaan warga Tiongkok yang bergantung pada sektor pertanian, perikanan, dan transportasi. Ia dimanfaatkan pula untuk sumber air bersih hingga pembangkit tenaga listrik.

Namun, dalam waktu-waktu tertentu, Yangtze kadang meluap dan menyebabkan banjir bandang. Ia juga sering dijadikan tempat pembuangan limbah industri dan rumah tangga yang tidak dikelola dengan hati-hati. Padahal di sekitar Sungai Yangtze banyak binatang langka yang hidup seperti panda, snow leopard, dan ragam biota air. 

7. Antarktika

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/penguinstothepeople

Satu-satunya benua yang hampir tak terjamah manusia dan menyimpan keragaman yang super unik. Sebagian besar benuanya terbentuk dari lembaran-lembaran es yang menutupi lautan dan pegunungan. Kontribusinya tidak hanya sebagai rumah bagi flora dan fauna endemik, tetapi juga ilmu pengetahuan dari berbagai bidang.

Ia menawarkan tempat yang lapang bagi peneliti astronomi untuk mengamati lubang pada ozon dan jejak benda asing. Klimatologis menggunakan potongan esnya untuk mengamati perubahan iklim. Hingga kini, tidak ada manusia yang bisa hidup permanen di Antarktika. Menjadikannya tempat paling alami dan aman dari eksploitasi berlebihan.

8. Air Terjun Iguazu 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/paisajesargentinos_

Lagi-lagi tak cuma indah dilihat, air terjun yang terletak di perbatasan Argentina dan Brasil ini menyimpan banyak sumber daya alam yang berharga tinggi. Satwa langka hingga kayu berkualitas. Sempat mengalami perubahan drastis karena penebangan hutan berlebihan, kini Argentina dan Brasil sama-sama mengerahkan tenaga untuk menjaga kelestarian lokasi ini. Sama dengan Amazon, Iguazu juga sudah dijaga ketat oleh ranger hutan. 

9. Serengeti

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/africaoverlandsafaris

Tanpa Serengeti rasanya mustahil manusia bisa melihat hewan savana dari dekat dengan perilaku asli mereka. Serengeti memungkinkan wisatawan menikmati keindahan Afrika dengan tetap menghormati jarak dan privasi para satwa yang sudah mendiami tempat itu sejak lama. Serengeti punya kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan dan wajib dijaga. 

10. Great Rift Valley 

10 Aset Alam Paling Berharga di Dunia, Harus Dijaga! instagram.com/europeanspaceagency

Aset alam lain di benua Afrika adalah Great Rift Valley atau Lembah Celah Besar. Lokasi ini terbentuk karena pergerakan tektonik berabad-abad lalu yang akhirnya menciptakan sebuah ceruk yang membelah wilayah Afrika. Ia membentang dari Afrika Utara ke Selatan. Beberapa ceruknya membentuk danau di Kenya, Tanzania, dan beberapa negara lain. Danau ini pula yang menyubrukan daerah-daerah sekitarnya.

Posisinya yang penting dalam menciptakan sumber pangan dan mata pencaharian membuat banyak ilmuwan yang percaya bahwa di sinilah manusia pertama kali hidup terbukti dengan penemuan beberapa penemuan fosil manusia. 

Sepuluh aset alam di atas benar-benar tak ternilai lagi harganya. Jika hilang atau rusak, tak akan ada pengganti yang setimpal. Wajib dijaga dan dilestarikan agar tetap bermanfaat di masa depan. 

Baca Juga: 5 Objek dan Fenomena Alam yang Terlihat Mirip dan Sering Dianggap Sama

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya