Comscore Tracker

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajam

Untuk berburu mangsa dan mendeteksi bahaya

Sebagian orang hanya mengetahui anjing sebagai hewan dengan indera penciuman yang paling tajam di antara semua hewan. Faktanya, anjing bukanlah satu-satunya hewan dengan indera penciuman tertajam.

Kemampuan indera penciuman yang luar biasa juga dimiliki oleh beberapa hewan untuk mencium makanan dari jauh atau untuk mendeteksi tanda bahaya. Berikut adalah beberapa hewan dengan indera penciuman paling tajam. Simak yuk!

1. Hiu putih

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajamilustrasi hiu putih (pexels.com/Samson Bush)

Hewan yang sering disebut sebagai predator lautan ini diyakini memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Dilansir World Atlas, mereka bisa mencium satu tetes darah dari jarak ratusan meter.

Hal ini karena hiu memiliki lubang hidung yang ada dibawah moncong yang diisi dengan sel-sel sensorik yang mengarah ke bohlam penciuman, karena itulah mereka bisa mencium darah ataupun zat lain dari jarak yang sangat jauh. 

2. Beruang grizzly

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajamilustrasi beruang Grizzly (pexels.com/Pixabay)

Beruang diketahui memiliki indera penciuman yang sangat tajam dibandingkan oleh hewan lain, bahkan mereka bisa mendetail bau dengan jarak 30 kilometer.

Tak hanya indera penciuman mereka yang sangat bagus beruang juga memiliki pengelihatan dan pendengaran yang dibilang bagus, oleh karena itu jika kalian bertemu dengan beruang dihutan sebaiknya kalian harus menghindar dan berhati-hati dari hewan ini.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Mengenai Burung Beo, Hewan Favorit Banyak Orang!

3. Sapi

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajamilustrasi sapi (pexels.com/Kat Smith)

Sapi adalah hewan yang sering menghasilkan susu dan daging yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang, walaupun begitu sapi juga adalah hewan dengan indera penciuman tertajam juga, loh.

Dilansir dari Wild Life Informer, sapi dapat mencium bau dari jarak sekitar 6 mil dan menggunakan kemampuan ini untuk mendeteksi bahaya yang ada di sekitar mereka.

4. Kiwi

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajamilustrasi kiwi (pixabay.com/Inactive account – ID 119)

Jenis burung yang tidak bisa terbang dan mempunyai paruh panjang dan runcing yang unik ini juga memiliki penciuman yang tajam. Sebab, mereka memiliki lubang hidung yang ada di ujung paruh mereka. 

Dikutip dari World Atlas, otak kiwi juga memiliki bagian yang didedikasikan untuk penciuman. Sensor penciumannya berfungsi untuk mencari makanan yang ada di dalam tanah terutama cacing.

5. Bloodhound

Bukan Hanya Anjing, 5 Hewan Ini Punya Penciuman yang Tajamilustrasi bloodhound (pexels.com/Gary Smith)

Bloodhound atau yang disebut juga dengan anjing pelacak adalah salah satu jenis anjing yang memiliki kemampuan indera penciuman yang paling baik, bahkan mereka masih bisa mengenali bau atau aroma yang sudah berumur 13 hari.

Mereka juga bisa mencium bau dari jarak sejauh 130 mil, sehingga anjing jenis ini sangat diandalkan oleh polisi, ataupun tim SAR untuk membantu mereka di TKP.

Mungkin semua hewan memiliki kemampuan istimewa mereka sendiri, tapi itulah beberapa hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam. 

Baca Juga: 10 Potret Perilaku Kocak Hewan yang Tertangkap Kamera

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya