Comscore Tracker

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam Punah

Malang banget kalau satwa ini punah #IDNTimesScience

Wisconsin merupakan negara bagian yang terdapat di Amerika Serikat. Terdapat banyak hewan yang hidup di negara bagian ini, salah satunya adalah serigala abu-abu atau yang disebut Canis Lupus. Hewan ini merupakan salah satu spesies satwa liar yang dilindungi oleh Endangered Species Act (ESA).

Saat ini keberadaannya terancam punah akibat perburuan liar. Berikut 5 fakta mengenai perburuan liar di Wisconsin, Amerika Serikat yang dilansir National Geographic: 

Baca Juga: Vietnam Berkomitmen Tindak Tegas Perdagangan Satwa Liar Ilegal

1. Berawal dari keputusan mencabut perlindungan terhadap spesies yang dilindungi  

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam PunahPeraturan unsplash.com/Scott Graham

Pada Januari 2021 perlindungan terhadap hewan liar yang diberikan oleh Endangered Species Act telah dicabut. Hal ini mengikuti keputusan pemerintah Amerika Serikat menarik perlindungan Undang-Undang Spesies Terancam Punah untuk serigala secara nasional yang berlaku pada tanggal 3 Januari 2021. Hal ini membuat banyak pemburu liar yang membunuh serigala. 

2. Pemerintah setempat mengeluarkan izin berburu  

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam PunahPemburu unsplash.com/Rhett Noonan

Setelah pada bulan Januari 2021 perlindungan terhadap hewan yang dilindungi dicabut, maka pada bulan Februari 2021, pemerintah setempat memberikan 2.380 izin berburu. Dalam waktu kurang dari tiga hari pemburu menembak dan menjebak 218 serigala. Hal ini membuat banyak serigala yang terbunuh. 

3. Populasi serigala di negara bagian Wisconsin berkurang sepertiga dalam kurun waktu 1 tahun  

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam PunahKumpulan serigala unsplash.com/Thomas Bonometti

Dilansir jurnal PeerJ perburuan ilegal dari April 2020 dan dicabutnya perlindungan terhadap spesies hewan yang dilindungi pada Januari 2021 mengakibatkan populasi serigala berkurang sepertiga dari jumlah yang ada. 

Data maksimum serigala yang hidup per 15 April 2021 mencapai 695 - 751 serigala, terjadi penurunan sekitar 27% - 33% dalam 12 bulan sebelumnya. Jika tidak kembali diberlakukan perlindungan terhadap serigala, tentunya serigala akan terancam punah, mengingat banyaknya perburuan liar yang terjadi saat ini.

4. Perburuan liar terjadi bahkan sebelum perlindungan terhadap hewan dicabut

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam PunahKumpulan serigala unsplash.com/Eva Blue

Sebelum Undang-undang perlindungan terhadap hewan liar dicabut, telah terjadi perburuan serigala. Dilansir Jurnal PeerJ, sejak tanggal 3 November 2020 telah terjadi perburuan serigala di Wisconsin. Ini mengakibatkan jumlah serigala yang mati sekitar 98-105 serigala. Jumlah yang cukup banyak mengingat masih adanya hukum yang melindungi hewan liar ini.

Lantas bagaimana jika tidak ada undang-undang yang mengatur perlindungan terhadap hewan liar? Tentunya perburuan terhadap serigala akan terus meningkat yang bisa mengakibatkan populasi serigala punah di Wisconsin. 

5. Perburuan ini mengundang kecaman dari kelompok lingkungan dan ilmuwan di seluruh dunia

5 Fakta Perburuan Liar di Wisconsin AS,  Serigala Terancam PunahAktivis Pecinta Lingkungan pixabay.com/Bruce Emmerling

Baca Juga: Nyaris Punah, 20 Potret Spesies Hewan Paling Langka di Dunia

Perburuan terhadap serigala mengundang kecaman dari kelompok lingkungan dan ilmuwan di seluruh dunia. Hal ini juga dipandang sebagai hal yang sangat disayangkan oleh banyak pengelola dan pemburu satwa liar. Karena hal ini bisa mengakibatkan punahnya serigala di Wisconsin Amerika Serikat, tentu hal ini juga bisa berdampak pada rantai makanan yang ada. 

Nah, itulah beberapa fakta mengenai perburuan liar yang mengakibatkan terancamnya serigala di Wisconsin, Amerika Serikat. Diharapkan pemerintah setempat bisa menetapkan kembali perlindungan untuk serigala agar populasinya tidak semakin berkurang. 

Bloosom Kurniawan Photo Writer Bloosom Kurniawan

Dream Chaser

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya