Comscore Tracker

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang Teknologi

Ucapkan terima kasih atas penemuan tokoh berikut

Kita hidup di masa teknologi sudah sangat maju dan banyak orang bergantung pada teknologi. Tentu saja, semua kemajuan dalam teknologi tidak datang begitu saja. Ini semua merupakan hasil kerja keras dari beberapa orang yang rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk bereksperimen hingga akhirnya berhasil menciptakan terobosan besar dalam teknologi yang terus dimanfaatkan oleh banyak orang sampai saat ini.

Selain menikmati penemuannya dalam bidang teknologi, pernahkah kamu berpikir siapa saja sosok yang sangat berpengaruh dalam bidang teknologi ini? Yuk, beri penghormatan kepada orang-orang hebat ini karena telah mewariskan hal hebat di bidang teknologi yang terus kita pakai saat ini. Berikut penjelasannya dilansir laman PC Mag dan Biz Tech.

1. Marty Cooper, penemu telepon mobile

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiMarty Cooper (wbur.org)

Marty Cooper merupakan penemu telepon genggam pertama yang waktu itu memiliki berat 0,9 kg yang diberi nama Motorola DynaTAC. Motorola DynaTAC inilah yang kemudian menjadi cikal bakal smartphone ramping seperti hari ini.

Menurut penuturan Cooper kepada BBC, tim Motorola memiliki tantangan yang cukup berat saat berusaha mengemas semua teknologi yang diperlukan ke dalam perangkat seluler mobile. Dan, berkat kerja keras Cooper bersama timnya, kita bisa menikmat smartphone seperti saat ini yang memungkinkan kita melakukan lebih dari sekadar berbicara di telepon. Kita bisa mengirim pesan suara, teks dan video, mengambil gambar, menjalankan aplikasi, memeriksa cuaca, dan menonton TV, film, dan lainnya melalui satu perangkat.

2. Norman Abramson, penemu sistem untuk komunikasi komputer nirkabel

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiNorman Abramson (biztechmagazine.com)

Ketenaran Norman Abramson didapatkan berkat pencapaiannya menciptakan ALOHAnet, jaringan area lokal nirkabel pertama. ALOHAnet merupakan jaringan pertama yang berhasil mengirimkan data menggunakan sinyal radio, yang menjadi sebuah terobosan teknologi mendasar.

Penemuan ALOHAnet dilatarbelakangi oleh banyaknya kampus di Hawaii yang memerlukan transmisi data dan berbagi sumber daya TI. ALOHAnet rancangan Abramson menggunakan paket data berkecepatan tinggi untuk mengirimkan data melalui frekuensi radio. Saluran ALOHA menjadi teknologi yang tangguh, yang sudah digunakan di setiap generasi mobile broadband, dari 1G hingga 4G.

3. Nathaniel Borenstein, penemu fitur lampiran

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiNathaniel Borenstein (alchetron.com)

Saat ini, kamu bebas mengirim file penting menggunakan email. Nah, kamu patut berterima kasih pada Nathaniel Borenstein selaku penemu fitur lampiran email.

Sejak sebelum era Facebook dan WhatsApp, email adalah metode utama untuk berbagi media digital, seperti dokumen, foto, file suara, dan video. Bahkan, dengan munculnya aplikasi media sosial lainnya, penemuan Borenstein ini masih terus digunakan, dengan perkiraan triliun lampiran dikirim setiap hari pada tahun 2012, menurut laporan The Guardian.

Baca Juga: Jarang Dibahas, 7 Penemuan Gagal dari Thomas Alva Edison

4. Tim Berners-Lee, penemu web browser

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiTim Berners-Lee (businessinsider.com)

Ketika memikirkan Internet, kebanyakan orang pasti memikirkan world wide web (WWW), jalan raya informasi yang kita navigasikan melalui browser. Nah, Berners-Lee merupakan penemu pertama web browser yang disebut world wide web ini, hypertext markup language (HTML), dan hypertext transfer protocol (HTTP). Ketiga komponen ini telah membentuk apa yang kita sebut web selama 20 tahun terakhir.

Pada tahun 1991, Berners-Lee membuat WWW tersedia di Internet. Dengan demikian, pengguna umum di seluruh dunia dapat berkomunikasi satu sama lain secara instan melalui komputer.

5. Willard Boyle, bapak kamera digital

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiWillard Boyle (iphf.org)

Ketika berada di Bell Laboratories pada tahun 1969, Willard Boyle bersama dengan rekannya, George E. Smith, menemukan charge-coupled device (CCD). Ini merupakan menjadi jantung dari kamera digital.

Bukannya menggunakan film, perangkat ini memungkinkan gambar dikonversi langsung menjadi data digital. Atas penemuan CCD, pada tahun 2009, Boyle dan Smith mendapatkan hadiah nobel untuk Fisika.

6. Vint Cerf dan Robert E. Kahn, bapak Internet

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiRobert E. Kahn (kiri) dan Vint Cerf (kanan) (northernvirginiamag.com)

Vint Cerf merupakan pengembang protokol ARPANET Network Control Program (NCP). Sedangkan, Robert E. Kahn, merupakan pengembang Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Pada tahun 1970-an, keduanya bekerja sama untuk merancang TCP/IP—Internet Protocol Suite.

Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) merupakan protokol komunikasi mendasar pada Internet. Cerf dan Kahn telah banyak berkontribusi terhadap penciptaan Internet, seperti yang kita semua kenal sekarang. Dan, atas penemuan ini, keduanya telah menerima banyak penghargaan.

7. Fujio Masuoka, penemu memori flash

Berjasa, 7 Orang Berpengaruh Besar di Bidang TeknologiFujio Masuoka (computerhistory.org)

Sebelum adanya memori flash yang banyak digunakan untuk menyimpan data seperti saat ini, orang-orang menggunakan teknologi volatile memory, seperti DRAM dan SRAM. Namun, teknologi volatile memory memiliki kelemahan, yaitu data akan hilang setelah daya dimatikan.

Pada tahun 1980-an, Fujio Masuoka memiliki cita-cita untuk mengembangkan dan menyempurnakan chip memori non-volatil yang dapat menyimpan data meskipun sumber dayanya sudah dimatikan. Keinginannya ini terwujud pada tahun 1984, ketika Masuoka menciptakan memori flash NOR saat bekerja di Toshiba. Teknologi karya Masuoka ini sekarang digunakan untuk menyimpan data di HP, kamera digital, dan USB flash drive.

Harus diakui, mereka semua inilah yang telah mengubah hidup banyak orang dengan penemuannya. Mereka semua sudah mewariskan banyak hal yang membuat aktivitas kita menjadi semakin mudah, mulai dari bekerja hingga terhubung dengan orang lain.

Kalau kamu, siapa nih tokoh teknologi favoritmu? Sebutkan dan tulis alasanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Ajaib, Ini 5 Penemuan yang Tidak Disengaja tapi Telah Mengubah Dunia 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya