Comscore Tracker

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledai

Keturunan zebra jantan dan keledai betina

Hibrida adalah keturunan yang dihasilkan dari kawin silang dua organisme dari breed, varietas, spesies, atau genera yang berbeda melalui reproduksi seksual. Perkawinan antara dua spesies berbeda ini dapat menghasilkan keturunan yang memiliki warna, bentuk, dan perilaku baru. Di alam liar, saat hewan tidak dapat menemukan pasangan dari spesies mereka sendiri, mereka dapat memilih pasangan dari spesies lain dan menghasilkan hibrida.

Meskipun hibrida di alam liar dimungkinkan terjadi, tapi kebanyakan hibrida terjadi dengan campur tangan manusia. Ada banyak hibrida yang terjadi karena campur tangan manusia, salah satu yang cukup populer adalah zonkey yang merupakan hasil perkawinan silang zebra dan keledai.

Lalu, seperti apa keturunan hasil kawin silang zebra dan keledai? Untuk menjawab rasa penasaranmu, di bawah ini akan dijelaskan informasi mengenai zonkey yang dirangkum dari laman Biology Dictionary dan A-Z Animals.

1. Dasar

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/TANGdesign)

Pada dasarnya, zonkey merupakan hasil dari persilangan hibrida antara zebra dan keledai. Keberadaan zonkey di alam liar sangatlah langka, mereka dibesarkan di sejumlah kebun binatang dan peternakan khusus di seluruh dunia.

Secara teknis, zonkey merupakan keturunan dari zebra jantan dan keledai betina. Seperti banyak hibrida hewan lainnya di seluruh dunia, zonkey adalah hewan steril yang berarti tidak dapat menghasilkan keturunannya sendiri.

Karena alasan ini, zonkey biasanya dibiakkan dan ditemukan di kebun binatang. Meskipun keberadaan zonkey di alam liar pernah dilaporkan, tapi kasus ini sangatlah jarang.

2. Penampilan fisik

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/paulbr75)

Zebra dan keledai terkait erat satu sama lain sehingga kedua spesies ini memiliki sejumlah karakteristik yang sama, termasuk ukurannya. Zonkey cenderung memiliki ukuran yang mirip dengan zebra dan keledai, tetapi memiliki penampilan yang lebih mirip seperti keledai yang mewarisi pola bergaris-garis unik pada bulu mereka dari induk zebra.

Zonkey memiliki bulu yang cenderung berwarna cokelat atau abu-abu dengan bagian bawah yang lebih terang. Di bagian tubuh mereka yang lebih terang, seperti kaki dan perut, garis-garis mirip zebra terlihat paling menonjol.

Zonkey juga memiliki surai hitam yang memanjang di sepanjang punggung hingga ekor. Kepala dan telinganya yang besar membuat zonkey lebih mirip seperti keledai daripada zebra.

3. Reproduksi

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/eliza28diamonds)

Tak satu pun persilangan zebra dan keledai menghasilkan jantan yang subur, meskipun betina terkadang bisa subur. Karena tidak ada pejantan yang subur, zonkey betina harus dipasangkan dengan keledai atau zebra.

Zonkey betina yang dipasangkan dengan jantan yang tepat mungkin akan menghasilkan keturunan yang subur. Namun, tanda genetik ini tidak lagi setengah keledai dan setengah zebra. Keturunan zonkey ini akan lebih banyak menampilkan karakter ayah, entah zebra maupun keledai.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Walabi, Kanguru Imut Satwa Indonesia Timur

4. Perilaku dan gaya hidup

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/paulbr75)

Keledai telah dijinakkan oleh manusia selama ribuan tahun, sedangkan zebra tetap menjadi hewan liar, sehingga memiliki sifat alami yang lebih agresif. Pada zonkey, mereka dikenal cukup agresif terhadap manusia dan kadang-kadang hewan lain. 

Salah satu karakteristik zonkey yang paling unggul adalah kekuatan mereka yang terdiri dari stamina keledai yang dicampur dengan kecepatan dan kekuatan zebra. Karena alasan ini, zonkey sering digunakan sebagai hewan pekerja, terutama untuk menarik beban berat.

5. Diet

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/TANGdesign)

Seperti keledai, zebra, kuda, dan kerabat mereka yang lain, zonkey juga merupakan hewan herbivora. Artinya, zonkey dapat bertahan hidup dengan diet yang hanya terdiri dari materi tumbuhan.

Sebagian besar makanan zonkey terdiri dari rumput dan tumbuhan yang tumbuh di tanah. Seperti semua kuda, zonkey memiliki gigi rata dan lebar yang merupakan alat yang sempurna untuk menggiling rumput berserat.

Selain rumput, zonkey juga suka makan buah-buahan yang tumbuh lebih umum di daerah yang kurang kering. Meskipun kebanyakan zonkey ditemukan di kebun binatang, tapi zonkey secara alami juga ditemukan di hutan belantara Afrika sehingga selalu ada persaingan untuk makanan dan air dari hewan lain yang menghuni area yang sama. Ini mengakibatkan zonkey selalu bergerak untuk mencari padang rumput yang lebih hijau.

6. Predator dan ancaman zonkey

Zonkey, Hewan Unik Hasil Kawin Silang Zebra dan Keledaiilustrasi zonkey (pixabay.com/paulbr75)

Terlepas dari ukurannya yang besar dan fakta bahwa mereka adalah hewan yang berumur panjang, tetapi zebra dan keledai adalah mangsa bagi banyak karnivora di seluruh habitat alami mereka, sehingga zonkey juga demikian. Singa dan hyena adalah predator mereka yang paling umum, bersama dengan anjing pemburu dan kucing besar.

Selain predator sesama hewan, salah satu ancaman terbesar bagi zebra dan keledai adalah kenyataan bahwa mereka telah menjadi sasaran perburuan daging dan kulit mereka. Mereka juga didorong ke daerah yang lebih terisolasi dari habitat alami yang berarti penurunan kemungkinan zonkey hidup di alam liar. Sementara untuk status konservasinya, karena zonkey adalah hasil perkawinan silang dan tidak dapat meneruskan populasinya sendiri, maka zonkey tidak masuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature.

Demikianlah beberapa informasi mengenai zonkey, hewan unik hasil persilangan zebra dan keledai. Belum jelas apakah zonkey ada di kebun binatang di Indonesia, tetapi jika kamu ingin melihat seperti apa hewan-hewan ini, ada banyak video di YouTube yang bisa kamu tonton dan informasi yang bertebaran di internet seputar zonkey.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya