Comscore Tracker

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Daya

Dilakukan demi bertahan hidup di alam liar

Manusia cenderung memandang hewan sebagai makhluk yang malang dan tak berdaya. Mereka juga tampaknya sederhana dan dapat menjalani kehidupan yang mudah. Namun, anggapan ini tidak selalu benar. Hewan memiliki karakteristik yang bermacam-macam sebagai cara untuk membantu mereka bertahan hidup, terutama di alam liar. Bahkan, beberapa harus menggunakan tipu daya untuk menjalani hidup.

Hewan yang licik cukup pintar karena mereka telah menguasai seni penipuan demi bertahan hidup. Selain itu, hewan-hewan licik juga memiliki trik tertentu yang digunakan untuk membantu mencapai tujuan, yang tentu saja sangat merugikan hewan lainnya. Meskipun di satu sisi mereka tampak jahat, tapi di sisi lain hewan-hewan licik ini cukup menarik untuk dipelajari.

Berikut adalah beberapa hewan dengan karakter paling licik di alam liar.

1. Rubah

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi rubah (unsplash.com/introspectivedsgn)

Rubah dijuluki hewan paling licik karena dikenal mampu mendapatkan apa yang diinginkan dengan sedikit usaha. Sebagai contoh, di alam liar, mereka akan memakan telur karena mereka bisa mendapatkan telur tanpa konfrontasi dengan hewan lainnya.

Dilansir laman Wild Explained, untuk mendapatkan telur, rubah akan diam menunggu burung meninggalkan sarangnya. Saat induk burung pergi, rubah akan segera mendekati sarang dan mencuri telur yang ada. Jika telur terlalu besar untuk dibawa, rubah akan memecahkannya di atas batu dan memakan isinya.

Begitu juga saat berburu binatang. Alih-alih bertarung sendiri, rubah akan menunggu untuk mendapatkan hewan yang terluka atau bayi hewan yang masih lemah.

2. Burung kuntul hitam

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi teknik canopy feeding burung kuntul hitam (commons.wikimedia.org/Derek Keats)

Burung kuntul hitam adalah burung air Afrika yang memiliki taktik predasi unik. Untuk mendapatkan mangsa, mereka membungkuk dan membuat sayap mereka membentuk payung yang melingkar di atas air. Menurut laman Featured Creature, hal ini akan membuat ikan mengira bahwa itu adalah area aman untuk bersembunyi dan berteduh.

Alih-alih keamanan, ikan yang terjebak di dalam perangkap akan dengan cepat disantap. Tak mengherankan jika kuntul hitam kemudian dikenal sebagai salah satu hewan paling licik.

3. Heron hijau

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi heron hijau (commons.wikimedia.org)

Diterangkan laman List Verse, untuk mendapatkan mangsanya, yang berupa ikan, heron hijau akan menjatuhkan benda-benda kecil ke permukaan air. Ikan kecil yang menganggap itu adalah makanan akan mendatangi objek tersebut. Kemudian, heron hijau akan dengan cepat menyambar korban yang tidak menaruh curiga.

Ini bukan satu-satunya kelicikan yang dimiliki heron hijau. Mereka sangat pandai menjebak ikan dengan berbagai macam umpan. Terkadang, mereka juga mencuri umpan yang diberikan manusia pada hewan lain. Sejumlah ahli meyakini heron hijau mempelajari teknik menggunakan umpan dari manusia dan dengan mengamati perilaku hewan lain.

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang Dapat Ditemukan di Bulgaria, Penampilan Menawan!

4. Lumba-lumba

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi lumba-lumba (pixabay.com/werdepate)

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang dikenal pintar. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa hewan ini juga sangat licik. Dikutip dari laman Wild Explained, untuk dapat bertahan hidup di lautan yang keras, mereka menggunakan kepintaran mereka dan berburu secara berkelompok. 

Misalnya, saat akan berburu, mereka akan berkelompok mengelilingi kumpulan ikan. Cara ini membuat ikan-ikan tersebut tidak dapat melarikan diri dan berakhir sebagai mangsa lumba-lumba.

Lumba-lumba juga melindungi diri dari cedera dengan mengorbankan hewan lain, yaitu spons laut. Mereka akan menempelkan spons laut di paruhnya sebelum berburu, yang akan melindungi lumba-lumba agar tidak terluka jika terlibat perkelahian. Perilaku ini juga dikenal sebagai sponging.

5. Macan kumbang hitam

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi macan kumbang hitam (pixabay.com/katerinavulcova)

Macan kumbang hitam adalah pemburu yang sangat aktif di malam hari dan senang berburu secara sembunyi-sembunyi. Memiliki tubuh hitam ditambah dengan malam yang gelap membuat hewan lain sulit mengetahui kedatangan macan kumbang hitam.

Tak hanya itu, macan kumbang hitam juga bisa berburu di hari yang terang. Dijelaskan laman Animal Vivid, selama berburu, mereka akan bersembunyi di balik pohon dan menunggu mangsa. Lalu, di waktu yang tepat, mereka menyergapnya, mengejarnya jika perlu, dan membunuhnya. Setelah itu, mereka akan membawa hewan tersebut dengan rahangnya yang kuat dan menyeretnya ke atas pohon untuk dimakan.

6. Kupu-kupu

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi kupu-kupu (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Sulit dipercaya bagaimana hewan indah yang senang hinggap di antara bunga-bunga ini bisa bersikap licik. Namun, begitulah kenyataannya. Salah satu nutrisi yang penting bagi kupu-kupu adalah natrium. Untuk mendapatkannya, kupu-kupu sering memanfaatkan air mata hewan lain.

Diterangkan laman Featured Creature, kupu-kupu paling sering menyasar kura-kura karena hewan ini sangat lamban dan mungkin sering mengalami depresi kronis. Meskipun tidak membunuh hewan lain, tapi kupu-kupu senang memanfaatkan kesedihan hewan lain untuk keuntungan pribadinya.

7. Lebah cuckoo

7 Hewan dengan Karakter Paling Licik, Senang Melakukan Tipu Dayailustrasi lebah cuckoo (commons.wikimedia.org)

Lebah cuckoo sangatlah licik karena dapat bersandiwara untuk waktu lama demi mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya, dijelaskan laman Wild Explained, lebah cuckoo dapat masuk ke sarang lebah lain dan berpura-pura menjadi anggota koloni.

Saat waktunya tepat, ia akan pergi ke sarang ratu, membunuhnya, dan menggantikan posisinya. Terkadang, lebah lain akan melawan, tetapi lebah cuckoo cukup kuat sehingga mereka biasanya dapat bertahan dan memenangkan perlawanan. Selain itu, setelah membunuh ratu, lebah cuckoo juga akan memakan telurnya dan menggantinya dengan telurnya sendiri.

Banyak hewan akan melakukan apa pun demi bertahan hidup, meskipun dengan bersikap licik. Dan, hewan-hewan licik ini menjadi yang paling berbahaya di lingkungannya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik West Indian Manatee, Hewan Mamalia dengan Usia Panjang!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya