7 Unsur Paling Langka di Bumi, Sangat Sulit Ditemukan!

Ada yang hanya bisa disintetis di laboratorium

Saat belajar di bangku sekolah, kita semua telah mengenal tabel periodik dalam pelajaran kimia. Selama belajar, kebanyakan dari kita hanya mengingat unsur-unsur yang umum ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, emas, perak, kalsium dan lain-lain. Lama kita mempelajari unsur-unsur kimia, dan kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa ada beberapa unsur dalam tabel periodik yang ternyata sangat langka.

Terdapat beberapa unsur yang sangat langka, yang dapat ditemukan dalam keadaan alami, hanya dibuat secara sintetis, atau keduanya. Di bawah ini akan dibahas beberapa unsur yang hanya ditemukan dalam jumlah cukup kecil, baik di alam maupun secara sintetis. Inilah beberapa informasi yang dirangkum dari situs Rarest dan Metalitch.

1. Fransium

7 Unsur Paling Langka di Bumi, Sangat Sulit Ditemukan!ilustrasi Fransium (periodictableofelements.fandom.com)

Fransium ditemukan oleh Marguerite Perey di Prancis pada tahun 1939. Fransium memiliki massa atom mulai dari 199 hingga 232. Namun, hanya Fransium-223 dan Fransium-221 yang ditemukan secara alami dan itu pun hanya dalam jumlah kecil, yaitu antara 20 hingga 30 gram pada waktu tertentu, di kerak bumi.

Karena sangat langka, unsur ini tidak digunakan secara komersial dan hanya dipakai dalam penelitian ilmiah. Fransium juga dapat disintesis di laboratorium dengan membombardir thorium dengan proton, deuteron dan ion helium atau dengan radium dengan neutron.

2. Berkelium

7 Unsur Paling Langka di Bumi, Sangat Sulit Ditemukan!ilustrasi Berkelium (chemistrylearner.com)

Berkelium merupakan unsur hasil sintetis, bukan ditemukan di alam. Berkelium pertama kali diproduksi oleh ilmuwan Stanley G. Thompson, Glenn T. Seaborg, Kenneth Street Jr. dan Albert Ghiroso pada tahun 1949 di suatu laboratorium di kota Berkeley, California. Mereka membuat Berkelium dengan membombardir isotop amerisium-241, dengan partikel alfa menggunakan mesin khusus yang disebut siklotron.

Untuk membuat Berkelium sangatlah sulit. Karenanya, tak mengherankan jika unsur ini dianggap sangat langka. Tidak ada kegunaan komersial yang diketahui dari elemen ini kecuali untuk kepentingan penelitian ilmiah.

3. Oganesson

7 Unsur Paling Langka di Bumi, Sangat Sulit Ditemukan!Oganesson (chemistryworld.com)

Oganesson adalah salah satu elemen sintetis paling langka dan hanya ada beberapa atom yang pernah diproduksi. Oganesson merupakan unsur radioaktif yang sangat tidak stabil dan memiliki waktu paruh yang sangat singkat, yaitu hanya 0,89 milidetik.

Keberadaan Oganesson diprediksi pada tahun 1895 oleh ahli kimia Denmark Hans Peter, tetapi Oganesson baru disintesis pertama kali pada 2005. Oganesson memiliki nomor atom dan massa atom tertinggi dari semua unsur yang diketahui.