Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Dunia

Dikenal karena bulunya yang mengilap

Kuda dikenal sebagai binatang yang tangguh, cepat, dan mampu berinteraksi dengan manusia. Namun, beberapa ras kuda lebih dikenal daripada yang lain karena memiliki karakteristik unik yang mungkin tidak ditemukan pada kuda lainnya. Salah satu kuda yang memiliki keunikan tersendiri adalah kuda Akhal Teke.

Kuda ini mudah dikenali karena bulunya yang mengilap bak logam. Sayangnya, kuda ini masuk dalam daftar hewan yang hampir punah dan hanya bisa ditemukan di beberapa negara saja.

Selain itu, masih ada beberapa fakta tentang kuda Akhal Teke yang menarik untuk dibahas. Berikut beberapa fakta seputar Akhal Teke yang dirangkum dari laman I Heart Horses dan Seriously Equiestrian.

1. Kuda nasional Turkmenistan

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Duniaequinetheory.com

Akhal Teke berasal dari gurun Karakum di Turkmenistan dan menjadi kuda nasional negara itu. Akhal Teke ditampilkan pada lambang, uang kertas, dan perangko Turkmenistan, dan wilayah ini bangga menjadi tempat kelahiran ras kuda yang cantik tersebut.

Saat ini, Akhal Teke juga berfungsi sebagai semacam simbol status di Turkmenistan dan negara-negara sekitarnya. Ras kuda ini telah menyebar ke beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, tetapi masih memiliki hubungan yang dalam dengan tanah airnya.

2. Akhal Teke adalah kuda olahraga kuno

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Duniahorseillustrated.com

Ras Akhal Teke diduga sudah ada sejak beberapa milenium, banyak yang memperkirakan bahwa kuda ini telah ada selama lebih dari tiga ribu tahun. Yang cukup menarik, salah satu nama lama kuda itu adalah Nisaean atau Nissan, yang merupakan produsen kendaraan ternama.

Ini karena pada mulanya Akhal Teke digunakan sebagai kuda pacuan. Kuda ini diminati karena kecantikan, ukuran, kekuatan, dan kecepatannya yang mengesankan. Bahkan, saat ini Akhal Teke masih digunakan untuk balapan di Turkmenistan.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Kuda Przewalski, si Kuda Liar Terakhir di Dunia

3. Akhal Teke memiliki warna yang menakjubkan

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Duniaahal-teke.org

Salah satu ciri khas Akhal Teke adalah mereka memiliki lapisan kilap tinggi yang unik yang membuat mereka terlihat sedikit metalik. Semua Akhal Teke memiliki rambut yang berkilau apapun warnanya.

Alasan di balik keunikan ini kemungkinan berkaitan dengan struktur rambut mereka yang unik. Beberapa dari rambut ini menunjukkan pola skala tertentu di bawah mikroskop, dan skala tersebut diyakini berkontribusi dalam membuat kilau ras kuda ini.

4. Memiliki ketahanan yang luar biasa

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Duniafei.org

Akhal Teke berasal dari negara di mana makanan dan air langka. Mulanya, kuda ini memiliki kerangka yang lebih besar, mereka akhirnya beradaptasi dan mengembangkan tubuh yang lebih ramping seperti saat ini. Bisa dibilang, seleksi alam memaksa Akhal Teke menjadi ras yang ringan, cepat, dan memiliki daya tahan yang mengesankan.

Kemampuan mereka untuk menempuh jarak jauh dengan kecepatan tinggi itulah yang pertama kali menarik perhatian manusia. Pada tahun 1935, sekelompok pengendara Turkmenistan menempuh jarak 4023 km dalam 84 hari. Perjalanan itu termasuk tiga hari melintasi gurun sepanjang 378 km tanpa air. Padahal, jenis kuda lain tidak akan selamat jika mengalami hal yang demikian.

5. Kuda ini biasanya didekorasi di Turkmenistan

5 Fakta Menarik Akhal Teke, Ras Kuda dengan Bulu Terindah di Duniacowgirlmagazine.com

Orang-orang Turkmenistan sangat bangga dengan kuda Akhal Teke. Salah satu buktinya adalah bahwa kuda ini menjadi aspek dari lambang nasional mereka.

Selain itu, orang Turkmenistan suka memamerkan kuda mereka dengan mendekorasi kuda-kuda ini secara mewah. Jenis dekorasi tertentu yang digunakan untuk mendandani Akhal Teke disebut allagash, dan biasanya terdapat perhiasan atau mineral berharga seperti emas dan perak.

Mengingat banyaknya keistimewaan dari Akhal Teke, tak mengherankan jika ras kuda ini banyak digemari oleh para penghobi kuda. Semoga saja, kuda ini bisa terus dikembangbiakkan supaya tidak punah.

Baca Juga: Bikin Baper, Ini 5 Spesies Hewan Paling Romantis di Dunia Fauna

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya