Comscore Tracker

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Stres

Apa wangi favoritmu?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Salah satu cara yang menjadi favorit cukup banyak orang adalah melalui aromaterapi.

Ya, wewangian dapat memengaruhi gelombang otak dan perilaku. Karenanya, wewangian banyak digunakan sebagai bagian dari terapi, salah satunya untuk mengatasi stres.

Meskipun demikian, tidak semua wewangian memiliki efek yang sama terhadap stres. Berikut ini beberapa wewangian yang bermanfaat untuk meredakan stres, simak baik-baik, ya.

1. Rosemary

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Strespixabay.com/couleur

Rosemary dikaitkan dengan perasaan puas. Menghirup aroma rosemary memiliki efek positif pada kinerja dan suasana hati.

Menurut studi dalam jurnal African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines, rosemary terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kortisol. Ini berarti aromaterapi rosemary bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghilangkan stres di siang hari, saat ada pekerjaan yang harus dilakukan.

2. Ylang-ylang

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Strespixabay.com/mayapujiati

Ylang-ylang terbukti menurunkan kewaspadaan, sedikit memperpanjang kecepatan pemrosesan, dan menurunkan kerusakan daya ingat.

Studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine juga telah menemukan bahwa aroma ylang-ylang mampu mempromosikan ketenangan dan mengurangi stres. Hal ini menjadikan ylang-ylang sebagai pilihan yang baik untuk bersantai dan menghilangkan stres di penghujung hari.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memilih Wangi Parfum yang Tepat untukmu, Sudah Tahu?

3. Bergamot

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Strespixabay.com/41330

Bergamot adalah minyak esensial yang memberikan manfaat yang menenangkan. Bergamot memiliki aroma yang kuat dan sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan tingkat kortisol.

Satu studi dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bergamot memiliki efek positif yang signifikan terhadap gejala kecemasan pada tikus.

4. Lemon

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Stresunsplash.com/Han Lahandoe

Dijelaskan dalam laman Entrepreneur, lemon memiliki aroma yang dapat meningkatkan konsentrasi dan memiliki sifat menenangkan dan memperjelas. Karenanya, aroma lemon berguna saat kamu merasa marah, cemas, atau lesu.

Lemon juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri serta dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan pilek dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi.

5. Clary sage

Butuh Relaksasi? Ini 5 Wewangian yang Terbukti Mampu Meredakan Strespixabay.com/Didgeman

Minyak clary sage diekstrak dari ramuan clary sage, kerabat dekat dari common sage. Minyak ini dikenal karena memiliki berbagai manfaat kesehatan dan relatif mudah didapatkan. 

Dilansir dari laman Psychology Today, minyak esensial clary sage telah ditemukan dapat membantu membuat orang menjadi rileks selama prosedur perawatan gigi. Aromaterapi minyak clary sage juga terbukti memiliki efek seperti antidepresan.

Mengingat manfaatnya untuk meredakan stres, menarik rasanya jika menyetok satu atau beberapa wewangian ini di rumah. Jadi, saat mulai merasakan stres, kamu bisa segera menghirup wewangian ini dan stres pun langsung mereda.

Baca Juga: Kenapa Wangi Parfum Ada yang Tahan Lama dan Tidak? Ini Alasannya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya