Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Air

Kadal ini hidup di Amerika Tengah

Kadal basilisk atau yang memiliki nama ilmiah Basiliscus basiliscus adalah salah satu kadal yang paling terkenal di Amerika Tengah. Kadal ini memiliki ciri khas berupa jambul yang menonjol di kepala dan punggungnya.

Basilisk adalah pemanjat dan perenang yang ahli, tetapi hewan ini paling dikenal karena kemampuannya untuk berlari secara bipedal di atas permukaan air. Bahkan, mungkin kadal basilisk adalah satu-satunya reptil yang bisa melakukan ini.

Selain itu, masih ada fakta menarik lainnya seputar kadal basilisk yang dirangkum dari laman Animal Diversity dan Animals Time, yuk simak.

1. Lokasi geografis

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airpixabay.com/Backpackerin

Lokasi geografis kadal basilisk biasa atau coklat ada di lereng Pasifik di Amerika Selatan bagian Tengah dan utara dari barat daya Nikaragua hingga Kolombia barat laut. Basilisk banyak terdapat di hutan dataran rendah Pasifik di Amerika Tengah dan merupakan kadal besar yang paling sering tampak di Kosta Rika bagian barat.

Kadal basilisk mendiami dataran rendah hutan kering dan lembap, yang biasanya berdekatan dengan saluran air, seperti sungai. Sebagian besar waktu kadal basilisk dihabiskan di tanah, di malam hari mereka akan tidur dengan bertengger di tempat setinggi 20 meter.

2. Deskripsi fisik

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airpixabay.com/zoosnow

Basilisk dewasa dapat tumbuh hingga 800 mm, yang 70 hingga 75 persen dari total panjang tubuhnya merupakan ekor. Ekor mereka yang besar ini berguna untuk membantu menjaga keseimbangan.

Kadal basilisk umumnya berwarna coklat atau zaitun tetapi bisa berkisar dari hijau cerah hingga perunggu. Hewan bertubuh panjang ini memiliki garis melintang yang lebih gelap dan bibir berwarna krem hingga kuning dan garis-garis lateral.

Mereka juga memiliki jari yang panjang dengan cakar yang tajam untuk memanjat. Hewan jantan umumnya lebih besar daripada betina dan memiliki jambul seperti layar yang didukung oleh duri saraf memanjang.

3. Kebiasaan makan

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airpixabay.com/MAKY_OREL

Basilisk bersifat omnivora, dengan pola makan 22 persen tumbuhan dan 78 persen hewan. Hewan ini utamanya makan arthropoda, kadal kecil, ular, burung, mamalia, ikan, udang air tawar, katak, tetapi juga memakan bunga dan buah-buahan.

Kadal muda lebih sering memakan serangga daripada kadal dewasa, tetapi kadang-kadang memakan ikan. Namun, seiring bertambahnya usia, kecenderungan herbivora akan meningkat.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Kita Temui di Inggris, Ada Kadal Tak Berkaki!

4. Biologi reproduksi

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airpexels.com/falco

Basilisk betina cenderung lebih cepat dewasa daripada jantan. Basilisk jantan mencapai kematangan ketika mencapai panjang sekitar 135 mm pada usia 2 tahun, sedangkan betina 131 mm pada usia 20 bulan.

Basilisk dapat hidup sekitar 7 tahun di alam liar dan 9 tahun di penangkaran. Musim kawin terjadi pada bulan Maret, tetapi betina akan bertelur pada bulan Januari mendatang setelah masa gestasi 2 - 3 bulan.

Predator basilisk umumnya berupa ular besar, burung pemangsa, coatis berhidung putih, caracaras, dan opossum. Sedangkan basilisk muda kadang menjadi mangsa kadal whiptail, ikan, kura-kura, dan ular.

5. Komunikasi dan persepsi

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airanimalia.bio

Basilisk memiliki mata yang baik dan dimorfisme seksual yang ditemukan pada spesies ini dan beberapa spesies Basiliscus lainnya menunjukkan bahwa rangsangan visual merupakan sarana yang penting untuk komunikasi interspesifik.

Selain itu, sebagian besar kadal, termasuk kadal basilisk memiliki telinga yang berkembang dengan baik dan memiliki fungsi yang mirip dengan telinga mamalia, di mana terdapat penerimaan gelombang suara, keseimbangan, orientasi, dan gerakan kepala.

6. Adaptasi dan kebiasaan

6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Airwonderopolis.org

Basilisk adalah pelari cepat, yang mana mereka dapat berlari dengan cepat di atas permukaan air seperti halnya di tanah. Bagi mereka, tidak ada perbedaan berlari di antara kedua permukaan tersebut. Kadal basilisk juga berjalan dengan dua kaki layaknya manusia.

Basilisk bukan hanya pelari yang baik, tetapi juga perenang yang hebat karena mereka dapat berada di air selama berjam-jam. Saat berlari dengan dua kaki, basilisk biasa menjaga keseimbangan dengan ekornya. Kemampuan ini juga digunakan mereka untuk melarikan diri dari predator air. Kecepatan basilisk adalah sekitar 11 km / jam di darat dan 8,4 km / jam di atas permukaan air.

Demikianlah beberapa fakta seputar kadal basilisk. Kalau kamu ingin tahu bagaimana uniknya kemampuan kadal basilisk berlari di atas air, kamu bisa menontonnya melalui YouTube untuk menjawab rasa penasaranmu.

Baca Juga: 5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya