Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumi

Kumbang ini punya perilaku yang sangat unik lho

Feses merupakan hasil buangan dari proses pencernaan yang terjadi pada manusia dan hewan. Feses tentunya menjadi material yang sangat menjijikkan dan bau. Tapi siapa sangka ternyata feses menjadi materi yang sangat penting bagi makhluk hidup lain.

Kumbang kotoran menjadi serangga yang hidupnya sangat mengandalkan kotoran dari hewan lain, baik sebagai makanan maupun tempat tinggal.

Selain itu, terdapat fakta menarik lainnya mengenai hewan kecil berwarna gelap ini. Apa sajakah itu? Langsung aja simak penjelasannya berikut.

1. Ada sekitar 7.000 jenis kumbang kotoran dan dapat ditemukan hampir di seluruh belahan Bumi

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumiwired.com

Nama kumbang kotoran mengacu pada hampir seluruh jenis kumbang yang menggunakan feses atau kotoran binatang sebagai makanan maupun tempat tinggal. Saat ini spesies kumbang kotoran yang ada di seluruh dunia berjumlah sekitar 7000 jenis dan semuanya dapat ditemukan di berbagai belahan dunia kecuali Antartika. 

2. Kotoran hewan herbivora jadi makanan favorit kotoran

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumisamscarental.com

Mayoritas kumbang kotoran lebih menyukai kotoran dari hewan herbivora daripada karnivora. Akan tetapi, sejumlah kecil kumbang kotoran ada yang mengonsumsi daun basi serta remahan tumbuhan. Sebagian lagi tidak makan dan minum apapun kecuali dari feses hewan.

3. Tidak semua kumbang kotoran mau repot-repot mendorong kotoran ke sarangnya

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumiwilkinsonsworld.com

Tidak semua kumbang kotoran suka mendorong bola kotoran di atas tanah. Kumbang kotoran Aphodian dari subfamili Aphodiinae akan tinggal di dekat kotoran yang mereka temukan, seperti kotoran sapi. Sedangkan kumbang kotoran Geotrupidae biasanya akan menggali tanah dan mengisinya dengan kotoran yang mereka temukan.

Baca Juga: Banyak Pohon Ditebang, Keberadaan Kumbang Terancam Punah

4. Kumbang kotoran ternyata orangtua yang baik lho

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumipxhere.com

Kumbang kotoran umumnya mencari kotoran dengan tujuan memberi makan anak-anaknya. Di sarang kumbang mereka menyimpang kotoran yang telah mereka temukan, di sana pula para kumbang betina tinggal dan bertelur. Ketika telur-telur tersebut menetas, telur tersebut akan menghasilkan larva dan semuanya akan langsung mendapatkan makanan dari kotoran hewan yang telah disimpan di sarang.

Kumbang dewasa umumnya menyuplai sarang dengan cukup kotoran sehingga anak-anak mereka bisa mendapatkan makanan yang cukup hingga mereka cukup umur.

5. Sejumlah kumbang kotoran sangat selektif dalam memilih makanannya

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumismithsonianmag.com

Beberapa kumbang kotoran sangatlah selektif dalam memilih kotoran hewan. Mereka hanya mau memakan kotoran hewan tertentu dan sama sekali tidak akan menyentuh kotoran hewan lain.

Perilaku ini dipelajari di Australia 2 abad yang lalu. Waktu itu banyak terdapat kumbang kotoran asli Australia yang hidup dengan memakan kotoran kanguru. Ketika hewan-hewan seperti sapi, domba, dan kuda diimpor dan merumput bersama dengan para kanguru yang telah lama merumput di sana. Ternyata kumbang kotoran di sana tidak mau menyentuh kotoran hewan-hewan baru tersebut.

Hingga pada tahun 1960, Australia mengimpor jenis kumbang kotoran yang mau makan segala jenis kotoran hewan.

6. Walaupun ukuran tubuhnya kecil, tetapi kumbang memiliki kekuatan yang luar biasa

6 Fakta Menarik Kumbang Kotoran, Serangga Terkuat di Muka Bumigizmodo.com

Umumnya kumbang kotoran dapat mendorong bola kotoran seberat 50 kali massa tubuhnya. Untuk kumbang kotoran jantan, mereka tidak hanya mengandalkan kekuatan mereka untuk mendorong makanannya tetapi juga untuk melawan kumbang kotoran jantan lain.

Rekor individu terkuat saat ini dipegang oleh kumbang kotoran Taurus onthphagus jantan yang dapat mendorong kotoran hingga 1.411 kali massa tubuhnya.

Itu tadi beberapa fakta menarik seputar kumbang kotoran. Walaupun nampaknya menjijikkan karena hidup mereka tidak dapat lepas dari kotoran. Tetapi perilaku mereka yang suka mengumpulkan kotoran dan menyimpannya dalam tanah ini ternyata bermanfaat dalam membuat tanah tetap subur.

Baca Juga: 5 Fakta Semut Peluru, Serangga dengan Gigitan Tersakit di Dunia!

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You