Comscore Tracker

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi 

Dampaknya benar-benar meluas ke segala aspek kehidupan

Ledakan jumlah penduduk masih menjadi isu serius yang terus menarik perhatian para ahli. Berbagai dampak yang mungkin ditimbulkan hingga solusi untuk mengatasi masalah ini terus menjadi fokus para pemerhati masalah ledakan jumlah penduduk bumi. Sejumlah alternatif solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk mulai dari yang ringan seperti program KB hingga solusi nyeleneh seperti pemindahan sebagian penduduk bumi ke planet lain selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas.

Kendati demikian, pernahkah kamu berpikir bagaimana jadinya apabila seluruh manusia lenyap dari permukaan bumi? Apakah ini akan menimbulkan efek yang positif bagi bumi atau sebaliknya, lenyapnya manusia justru menyebabkan semakin banyaknya masalah yang timbul. Daripada terus menebak-nebak, langsung aja simak penjelasan di bawah ini.

1. Seluruh moda transportasi bergerak tanpa kendali hingga terjadi tabrakan di mana-mana

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi wikipedia.org

Hal mengerikan pertama yang akan terjadi setelah musnahnya seluruh manusia dari muka bumi adalah seluruh alat transportasi yang akan kehilangan orang-orang yang mengendalikan semua moda transportasi tersebut baik bus, kereta api, pesawat, kapal, dan sebagainya. Dampaknya, seluruh kendaraan tersebut akan bergerak tanpa arah hingga akhirnya saling menabrak satu sama lain. Mengerikan sekali bukan?

2. Listrik akan segera padam dan benda melayang bisa segera jatuh

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi hub.jhu.edu

Semua sistem yang membutuhkan bahan bakar agar dapat beroperasi akan segera mati bahkan jatuh. Ini lantaran tidak adanya manusia yang berperan mengisi bahan bakar sebelum semua sistem tersebut kehabisan daya hingga akhirnya tidak dapat berfungsi. Alhasil bisa ditebak, listrik akan mati dan pesawat terbang akan jatuh. Bahkan satelit pun akan jatuh setelah beberapa saat manusia lenyap dari muka bumi.

3. Tercipta makhluk hidup hasil mutasi

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi snopes.com

Semua reaktor nuklir di seluruh dunia akan kehilangan kestabilan. Semuanya akan semakin panas hingga suatu saat akan meledak. Akibatnya, berbagai gas berbahaya dan zat radioaktif akan mencemari lingkungan, baik tanah, udara, tanaman, dan hewan-hewan yang berdampak pada terciptanya makhluk hidup hasil mutasi. Bahkan nggak mustahil berbagai macam makhluk mengerikan seperti yang ada di film-film akan tercipta.

Baca Juga: 5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusia

4. Hewan-hewan jinak akan mendapatkan kembali naluri mereka untuk berburu dan bertahan hidup

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi nature.scot

Perlahan-lahan alam akan bisa menyembuhkan dirinya sendiri, penyebaran bibit-bibit baru pun dimulai tanpa ada yang bisa mengendalikan. Hewan peliharaan, penghuni kebun binatang, dan hewan liar akan kembali hidup secara berdampingan. Hewan-hewan peliharaan yang jinak dan biasa tinggal di rumah bersama manusia akan kembali mendapatkan insting alami mereka untuk berburu dan bertahan hidup.

5. Berbagai bangunan akan tertutup tanaman liar hingga perlahan-lahan menjadi hancur

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi theatlantic.com

Setelah bertahun-tahun, seluruh bangunan, gedung-gedung hingga jalanan akan ditumbuhi lumut dan berbagai rumput-rumput liar. Tak lupa tumbuhan merambat juga turut menutupi pagar-pagar dan dinding-dinding hingga bentuk asli bangunan tersebut tak lagi terlihat. Dalam hitungan dekade, berbagai bangunan termasuk jembatan akan semakin keropos akibat dimakan cuaca hingga semuanya benar-benar lenyap. Alhasil setiap jengkal dari permukaan bumi akan tertutup oleh rawa-rawa.

6. Bumi kembali menjadi planet yang alami, indah, dan tangguh

6 Hal Besar Ini Akan Terjadi Jika Manusia Mendadak Musnah dari Bumi worldwildlife.org

Berabad-abad kemudian berbagai spesies tanaman akan dapat tumbuh dengan subur hingga membentuk bentangan hutan yang luas dan menutup sebagian besar daratan di muka bumi. Hutan dan hewan-hewan yang menghuni muka bumi akan menjalankan fungsi mereka masing-masing sebagaimana mestinya. Pada saat ini, bentuk permukaan bumi benar-benar tampak indah dan alami. Bahkan bumi kembali menjadi planet yang kuat dan tangguh. Di kala tersebut, isu mengenai pemanasan global sudah tidak lagi memiliki dampak yang signifikan terhadap bumi, peristiwa mencairnya es di kutub dipastikan tidak akan terjadi. Bahkan seluruh hewan dan tanaman telah mampu beradaptasi dengan keadaan bumi saat itu.

Jadi, itulah beberapa dampak yang akan terjadi apabila seluruh manusia tiba-tiba lenyap dari muka bumi. Semoga penjelasan di atas sudah bisa menjawab rasa penasaran kamu ya.

Baca Juga: Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya