Comscore Tracker

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharu

Namun, sebaiknya kamu gak asal bawa pulang, ya!

Kucing merupakan makhluk yang menggemaskan sekaligus misterius. Tak jarang perilaku dari hewan peliharaan yang satu ini sulit dipahami. Salah satu perilaku kucing yang sering membingungkan adalah mengikuti seseorang yang sedang berjalan. 

Kamu sendiri pasti pernah diikuti oleh kucing saat kamu sedang berada di luar ruma. Jika mengalami kejadian seperti ini, mungking kamu bertanya-tanya, apa tujuan kucing ini mengikuti dan apa yang harus kamu lakukan? Apakah mereka lapar? Apakah mereka menyukaimu? Haruskah kamu membawa mereka pulang?

Agar kamu tidak menebak-nebak lagi, simak bahasan seputar apa saja alasan kucing mengikutimu berikut ini, yuk!

1. Menginginkan perhatian

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharuilustrasi kucing (unsplash.com/Werzk Luuu)

Dikutip Excited Cats, salah satu alasan paling umum mengapa kucing tiba-tiba mengikuti orang asing adalah karena mereka ingin mendapatkan perhatian. Kucing yang suka diperhatikan biasanya memiliki kepribadian ramah dan bersahabat. Mereka mendekatimu demi mendapatkan pelukan, ingin dielus-elus, atau ingin diajak bermain.

Kucing-kucing yang suka mencari perhatian biasanya peka dan bisa membedakan manusia yang senang dengan kehadiran mereka dan manusia yang cenderung akan menyakiti mereka. Jadi, jika kucing liar tiba-tiba mendekatimu, artinya mereka menilaimu secara positif.

2. Ingin meminta makanan

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharuilustrasi kucing (unsplash.com/Hulki Okan Tabak)

Menurut laman The Pet Rescue, sangat mungkin bagi kucing untuk mendekati manusia karena ingin mendapatkan makanan dari manusia. Terutama, jika kamu memegang sesuatu yang berbau harum atau tampak lezat, kemungkinan besar kucing liar yang lapar akan mengikutimu.

Kabar baiknya, banyak makanan manusia bisa dimakan oleh kucing, seperti ikan, daging, telur, pisang, apel, melon, bayam, keju, oatmeal, dan roti. Namun, jangan beranggapan bahwa semua makanan manusia aman untuk kucing. Beberapa makanan manusia yang berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing antara lain, cokelat, alkohol, anggur, bawang, dan tomat.

Baca Juga: 5 Serangga yang Berbahaya bagi Kucing, Jauhkan dari Jangkauan!

3. Ingin tinggal di dalam rumah

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharuilustrasi kucing dan manusia (pexels.com/cottonbro)

Diterangkan dalam laman Ask My Cats, kucing sebenarnya paham bahwa manusia dapat menawarkan perlindungan kepada mereka. Kucing liar yang sempat tinggal di dalam ruangan, bahkan mengingat bagaimana rasanya tinggal di dalam ruangan, tahu betul bahwa itu jauh lebih aman daripada tinggal di luar ruangan.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kamu mungkin lebih sering melihat kucing liar di dekat rumah pada saat cuaca sedang buruk, seperti saat musim hujan. Pada saat suhu sedang dingin, kucing liar mungkin berusaha lebih keras untuk menemukan tempat berlindung yang lebih nyaman dan lebih baik.

4. Kucing mencium bau yang menarik darimu

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharuilustrasi kucing (pixabay.com/Nicholas Demetriades)

Dilansir laman Excited Cats, kucing memiliki indera penciuman yang tajam. Terkadang bau orang yang lewat menarik perhatian mereka. Kamu mungkin memiliki bau seperti makanan bagi mereka, atau jika kamu memiliki kucing lain di rumah, kucing akan tertarik dengan aroma tersebut. 

Seekor kucing yang tertarik dengan baumu mungkin akan berhati-hati, tetapi, tetap mendekatimu karena penasaran. Jika ada kucing yang terus mengendus kamu, namun, tampaknya ia juga sedang waspada, jangan buru-buru untuk menggendongnya karena ini akan membuatnya kaget.

5. Penasaran

5 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu, Bikin Terharuilustrasi kucing (unsplash.com/Alba Silvente Fuentes)

Selain makan dan tidur, kucing juga suka menjelajahi lingkungan sekitar karena mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi. Menurut laman Ask My Cats, seekor kucing mendekatimu jika mereka melihat sesuatu yang aneh, seperti mainan, bau, dan suara.

Kucing jatuh cinta dengan makanan sehingga makanan atau air di luar rumah dapat menarik perhatian kucing dan membuat mereka mendekat. Namun, kucing liar hanya akan bertahan jika mereka menemukan tempat yang hangat, aman, dan tenang di dekat rumahmu.

Jika ada kucing di jalan yang terus mengikutimu, ingatlah bahwa kamu tidak boleh berasumsi bahwa itu adalah kucing liar dan membawanya pulang. Jika pada saat tersebut kamu membawa makanan, berikan sedikit makanan tersebut pada kucing liar. Jika kucing tersebut tampak kotor, kelaparan, dan tidak sehat, kamu bisa pertimbangkan baik-baik apakah kucing tersebut membutuhkan bantuan.

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Sangat Gemar Mengejar Tikus, Unik!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya