Comscore Tracker

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  

Makanannya pun tak kalah unik

Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup, termasuk binatang. Dalam memakan makanannya, setiap binatang memiliki cara yang berbeda-beda, mulai dari yang wajar hingga ekstrem.

Lantas apa sajakah binatang yang memiliki kebiasaan makan tak lazim dan seperti apa kebiasaan tersebut? Daripada makin penasaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Beberapa serangga memakan air mata dan keringat

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  unsplash.com/Daniel Klein

Beberapa lebah dan kupu-kupu memiliki kebiasaan mengonsumsi air mata hewan lain. Misalnya, dilansir dari laman Ranker, kupu-kupu di Amazon diketahui meminum air mata kura-kura, lebah keringat suka menyesap manusia, dan di Kosta Rika kupu-kupu dan lebah memiliki kebiasaan menyesap air mata buaya.

Para ilmuwan percaya bahwa kebiasaan makan unik dari hewan ini bertujuan untuk mengambil garam yang terkandung dalam air mata dan keringat, karena mereka tidak dapat memperoleh cukup sodium melalui makanan mereka sendiri. Peneliti juga meyakini bahwa lebah keringat meminum cairan tubuh manusia untuk mendapatkan protein.

2. Ada ular yang suka memakan telur berukuran besar tanpa mengunyahnya 

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  burkemuseum.org

Menurut laman Animal Fun Facts, ular pemakan telur di Afrika memiliki kebiasaan menelan telur yang ukurannya jauh lebih besar dari kepala mereka. Ular-ular ini hanya perlu membuka rahang mereka dan menelan semuanya. Setelah itu, telurnya akan retak dan kemudian cangkangnya dimuntahkan.

Ular pemakan telur hanya memakan telur segar yang baru saja diletakkan oleh induknya, karena ular ini tidak dapat mencerna telur yang di dalamnya sudah terdapat janin yang berkembang. Menurut sebuah studi dalam jurnal Zoology, sistem pencernaan ular ini dirancang untuk mencerna cairan di dalam telur yang belum berkembang. Karenanya, ular ini akan memuntahkan cangkang telur karena mereka tidak menggunakannya.

Baca Juga: 5 Fakta Quetzalcoatlus Northropi, Binatang Terbang Terbesar di Bumi

3. Burung Hering Mesir akan menggunakan alat bantu untuk makan

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  egyptianstreets.com

Hering Mesir adalah burung yang akan memakan apa saja, termasuk kotoran. Dilansir dari laman Wild Facts, Hering Mesir tidak memiliki indera penciuman dan hanya mengandalkan penglihatan untuk dapat menemukan sumber makanan. Hering Mesir juga adalah salah satu dari sedikit hewan yang menggunakan alat bantu untuk makan. Misalnya, Hering Mesir menyukai telur burung unta.

Tapi masalahnya, telur burung unta terlalu besar untuk dibawa. Jadi, burung ini akan mengambil batu dan melemparkannya ke telur sampai kulitnya pecah. Kemudian burung ini akan berpesta dengan telur yang sudah pecah.

4. Kutilang darat Galapagos suka memakan darah burung lain

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  bbc.co.uk

Ditemukan di Kepulauan Galapagos, kutilang darat berparuh tajam telah memiliki kebiasaan makan yang buruk. Mereka menggunakan paruh mereka yang tajam untuk mematuk kulit angsa batu kaki biru dan meminum darah mereka.

Menurut penelitian oleh Journal of Creation, para peneliti percaya burung-burung yang dikenal sebagai vampire finch ini bereaksi terhadap kekurangan makanan dan kekeringan. Anehnya, angsa batu kaki biru tampaknya tidak bereaksi terhadap invasi privasi ini, bahkan ketika vampire finch ini berbaris menunggu giliran makan.

Selain meminum darah, burung vampire finch juga suka memakan burung yang belum lahir. Mereka mencuri telur dari induk angsa batu kaki biru, menjatuhkannya hingga pecah, dan memakan isinya.

5. Monyet Jepang selalu mencuci makanannya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya

Unik Banget, 5 Binatang Ini Punya Kebiasaan Makan Tak Lazim  unsplash.com/Billy Pasco

Monyet Jepang atau yang juga dikenal sebagai monyet salju, memiliki sejumlah sifat seperti manusia, seperti mandi di sumber air panas dan membuat bola salju di musim dingin. Uniknya lagi, monyet ini juga dikenal akan kebiasaannya yang selalu mencuci makanan dengan air garam sebelum memakannya.

Menurut laman Ranker, para peneliti percaya bahwa perilaku ini digunakan untuk membersihkan pasir dan kotoran dari makanan, serta untuk membuat makanan terasa lebih enak dengan menambahkan lebih banyak rasa.

Gimana? Unik ya kebiasaan makan hewan-hewan ini. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan di bidang fauna, ya!

Baca Juga: Hebat, 6 Hewan Ini Sanggup Memangsa Hewan yang Berukuran Lebih Besar 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya