Comscore Tracker

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!

Google maps gak akan pernah ada

Walaupun sudah sejak ratusan tahun yang lalu para astronom membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat, tetapi masih ada pihak-pihak yang menyebut bahwa bumi sebenarnya berbentuk datar. Teori ini kemudian menyebar sehingga makin banyak orang yang percaya bahwa bumi memang berbentuk datar. Padahal sebelumnya para astronom telah memberikan pembuktian yang detail dan masuk akal perihal bentuk bumi yang bulat.

Tapi ngomong-ngomong soal bentuk bumi, pastinya akan ada perbedaan fenomena yang cukup signifikan antara bumi ketika memiliki bentuk bulat dan datar. Lantas kira-kira apa yang akan terjadi jika bumi berbentuk datar? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Gravitasi akan menarik kita semua ke arah bumi bagian utara

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!lolwot.com

Hal pertama yang akan terjadi jika bumi benar-benar datar adalah kita semua akan tertarik ke utara. Ini lantaran jika bumi berbentuk datar, maka gravitasi tidak akan menarik kita ke bawah melainkan ke bagian tengah bumi, yaitu bumi bagian utara.

2. Tidak ada sistem navigasi

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!time.com

Selanjutnya, jika Bumi berbentuk datar, maka sistem GPS tidak akan pernah ada. Hal ini lantaran GPS mengandalkan satelit yang berputar mengelilingi bumi sebagai pusat informasi. Sedangkan apabila Bumi berbentuk datar, maka tidak akan ada medan magnet yang membuat satelit dapat senantiasa mengitari bumi.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Bumi yang Belum Banyak Diketahui, Sudah Tahu?

3. Tidak ada perbedaan musim di berbagai belahan bumi

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!unsplash.com/Sean O

Apabila bumi datar, maka perbedaan musim di berbagai belahan bumi tidak akan terjadi. Perbedaan musim terjadi lantaran sinar matahari mengenai bumi pada sudut yang berbeda pada suatu waktu. Sedangkan apabila bumi memang benar datar, maka matahari akan menyinari bumi pada sudut yang sama setiap waktu, sehingga semua tempat di bumi akan mengalami musim yang sama.

4. Penduduk di seluruh belahan bumi akan melihat pemandangan langit malam yang sama

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!wikipedia.org

Saat malam hari, Arcturus dan Pleiades yang merupakan bintang paling terang akan nampak sangat jelas jika dilihat dari belahan bumi utara. Sedangkan di belahan bumi selatan, tidak ada satu pun pemandangan langit yang dapat terlihat kecuali Alpha Centauri, Awan Magellan, dan Sothern Cross, yang semuanya tidak dapat dilihat dari belahan bumi utara. Tapi jika bumi datar, maka pemandangan langit malam akan sama dilihat dari belahan bumi manapun.

5. Tidak ada pembagian zona waktu

5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar, Agak Ngeri!pngio.com

Perbedaan waktu di berbagai negara terjadi lantaran bumi berotasi pada porosnya, sehingga penyinaran matahari terjadi secara bergantian pada sisi tertentu. Bagian yang terkena sinar matahari akan mengalami siang sedangkan bagian yang tidak terkena sinar matahari akan mengalami malam hari.

Sedangkan jika bumi berbentuk datar, maka tidak akan ada perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi, bahkan tidak ada pergantian siang dan malam lantaran matahari terus menyinari bumi sepanjang waktu.

Gimana? Unik juga ya kalau bumi benar-benar berbentuk datar.

Baca Juga: 5 Penyebab Dinosaurus Bisa Punah dari Muka Bumi

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Arifina Aswati

Just For You