Comscore Tracker

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Ini

Punya kesamaan dengan dinosaurus

Sekitar 70 juta tahun yang lalu, Tyrannosaurus rex atau yang juga dikenal sebagai T-rex merupakan jenis dinosaurus paling menakutkan. Saat ini, T-rex telah punah sama seperti dinosaurus lainnya.

Meskipun sebagian besar spesies dinosaurus tewas selama kepunahan massal, tetapi masih ada beberapa hewan yang hidup di Bumi sampai saat ini yang ternyata memiliki hubungan dengan spesies purba tersebut. Dilansir Bluereef Aquarium dan Adventure Dinosaurs, inilah beberapa hewan yang berkerabat dengan dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang.

1. Ayam

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Inipexels.com/Alison Burrell

Siapa sangka, ayam yang banyak diternak untuk dikonsumsi manusia ternyata merupakan keturunan dari kelompok dinosaurus berkaki dua yang dikenal sebagai theropoda. Anggota theropoda termasuk predator kuat, seperti Tyrannosaurus rex dan Velociraptors yang lebih kecil.

T-rex adalah salah satu makhluk terbesar dan paling menakutkan yang pernah ada, tapi tidak demikian dengan ayam yang merupakan kerabat T-rex. Banyak studi yang dilakukan terhadap fosil T-rex menemukan bahwa hewan perkasa ini sebenarnya memiliki cukup banyak DNA dengan ayam zaman modern.

2. Buaya

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Iniunsplash.com/Jan Zikan

Tidak seperti ayam yang secara fisik mungkin dianggap jauh berbeda dari dinosaurus meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan DNA. Buaya merupakan kerabat dinosaurus yang memiliki banyak kesamaan yang dapat kamu lihat secara langsung. Keduanya memiliki kesamaan pada kulit kenyal, gigi tajam, dan cakarnya.

Buaya memiliki nenek moyang yang sama dengan dinosaurus. Bahkan, buaya seperti yang kita kenal sekarang sebenarnya sangat mirip dengan nenek moyang mereka dari periode Cretaceous, yaitu sekitar 145-166 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Tuatara, Spesies yang Ada Sejak Era Dinosaurus

3. Aligator

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Inipexels.com/Andriaan Greyling

Menurut penelitian dalam The Journal of Neuroscience, aligator dapat membuat jenis peta saraf suara yang sama dengan cara yang sama pada burung. Para ilmuwan menghubungkan karakteristik ini dengan fakta bahwa kedua organisme memiliki nenek moyang yang sama, yaitu archosaur.

Aligator dianggap berkerabat dekat dengan dinosaurus karena keduanya merupakan bagian dari klasifikasi buaya. Aligator dan dinosaurus sama-sama memiliki karakteristik yang mirip dengan buaya tetapi kurang dekat hubungannya dengan buaya sejati.

4. Elang

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Inipexels.com/Brett Sayles

Archaeopteryx, fosil burung paling terkenal ternyata memiliki visual yang mirip dengan elang zaman modern. Archaeopteryx mungkin ada sekitar 150 juta tahun yang lalu, dan menunjukkan contoh yang jelas dari spesies dinosaurus transisi.

Spesies yang ditampilkan ditemukan pada dinosaurus dan burung. Elang dianggap berkerabat dengan dinosaurus karena klasifikasi dan pengelompokan keluarga Archaeopteryx.

5. Penyu

Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Inipixabay.com/Free-Photos

Penyu termasuk dalam kelompok Archelosauria, dengan kerabat seperti burung, buaya, dan dinosaurus. Penyu berevolusi bersama dinosaurus, dengan penyu laut muncul sebagai jenis yang berbeda sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Semua spesies penyu yang hidup punya asal-usul yang dapat ditelusuri kembali ke zaman purba, yaitu sekitar 80 juta tahun yang lalu. Genus penyu yang telah punah bernama Archelon yang hidup pada masa akhir Cretaceous dan dapat berenang di lautan.

 

Itulah beberapa binatang kerabat dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang. Untungnya, semua hewan ini telah berevolusi menjadi jauh lebih kecil secara ukuran dan dapat hidup berdampingan dengan baik bersama manusia.

Baca Juga: Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya