Comscore Tracker

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayap

Mereka dapat meluncur di udara seolah sedang terbang

Hewan-hewan, seperti burung, serangga, dan kelelawar, memiliki kemampuan untuk terbang karena memiliki sayap sebagai alat gerak. Walaupun begitu, ada juga beberapa hewan lain yang tidak memiliki sayap tapi mampu meluncur atau melompat di udara dengan ketinggian dan jarak tertentu sehingga tampak seperti benar-benar terbang.

Namun, apa saja hewan tidak bersayap yang memiliki kemampuan untuk meluncur di udara? Mari kita bahas satu per satu hewan dengan kemampuan unik ini.

1. Kubung

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayappixabay.com/chaileefung

Mamalia penghuni pohon ini kerap disebut lemur terbang, padahal kubung bukan lemur sejati dan tidak terbang. Menurut laman Wired, mamalia anggota genus Cynocephalus ini berasal dari Asia Tenggara dan memiliki tubuh seukuran kucing rumahan. Kubung dapat meluncur hingga 61 meter di antara pepohonan menggunakan lipatan kulit di antara kaki depan dan belakangnya yang menjulur ke ekor dan lehernya, yang disebut sebagai patagium

Di alam bebas, kubung dapat membubung dengan anggun di antara pepohonan sehingga tampak seperti lemur yang terbang tanpa sayap.

2. Ular Chrysopelea paradisi

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayapfactanimal.com

Menurut Journal of Experimental Biology, ular Chrysopelea paradisi hidup di hutan hujan Asia Tenggara. Ular ini dapat meluncur dari puncak pohon dengan meratakan tubuhnya ke luar untuk memaksimalkan luas permukaan dan bergoyang dari sisi ke sisi untuk menuju ke arah yang diinginkan. 

Meskipun kemampuan ular untuk terbang terdengar menyeramkan, sebenarnya ular Chrysopelea paradisi tidak berbahaya bagi manusia.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

3. Tupai terbang

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayapunsplash.com/Amber Walker

Ada puluhan spesies tupai terbang di subfamili Sciurinae dan mereka berasal dari Amerika Utara dan Eurasia. Saat melompat dari pohon yang tinggi, tupai terbang akan membentangkan patagium-nya hingga menyerupai layang-layang atau parasut. 

Tupai terbang juga mampu menyetir dengan menggerakkan pergelangan tangannya dan menyesuaikan kekencangan kulitnya. Tupai terbang juga memiliki ekor yang berfungsi sebagai organ pengarah, yang memungkinkan mereka untuk mengubah arah terbang mereka di udara, menurut laman Bio-aerial Locomotion.

4. Ikan terbang

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayapunsplash.com/John Cobb

Ikan ini sebenarnya tidak terlalu sering terbang karena mereka harus melompat atau meluncur dari dalam air dengan dorongan sirip dada yang kuat. Ada sekitar empat puluh spesies ikan terbang dalam keluarga Exocoetidae dan sebagian besar spesies hidup di perairan tropis. Ikan ini dapat melompat-lompat selama 45 detik dan sejauh 200 meter. Kebiasaan ikan ini melompat ke udara diperkirakan untuk menghindari predator.

Dirangkum dari laman National Geographic, proses terbang atau meluncur dimulai dengan meningkatkan kecepatan bergerak di bawah air, sekitar 59,5 km per jam. Kemudian, dengan posisi miring ke atas, ikan terbang dengan keempat sayapnya memecahkan permukaan air dan mulai meluncur dengan mengibaskan ekornya secara cepat saat masih berada di bawah permukaan.

Saat berada di udara, kadang ikan dapat lompat mencapai ketinggian lebih dari 1,2 meter dan meluncur sejauh 200 meter. Setelah mendekati permukaan lagi, ikan terbang dapat mengepakkan ekor dan meluncur lagi tanpa sepenuhnya kembali ke air. Berkat kemampuan ini, ikan terbang mampu terus meluncur secara berturut-turut hingga jarak 400 meter.

5. Giant devil ray

Mengagumkan! 5 Hewan Ini Bisa Terbang walau Tidak Memiliki Sayapoceana.org

Giant devil ray adalah ikan pari yang memiliki sirip seperti sayap panjang yang memungkinkan mereka untuk berenang sekaligus melompat di laut. Giant devil ray merupakan anggota dari genus Mobula. Ikan pari ini dikenal karena kemampuannya melompat tinggi di atas air, menurut laman Oceana.

Semua ikan giant devil ray memiliki garis hitam berbentuk bulan sabit yang memanjang dari bahu ke bahu, yang membedakannya dari ikan pari manta yang memiliki penampilan serupa. Giant devil ray dewasa memiliki tubuh berukuran 1,8--2,7 meter, tetapi dapat terus tumbuh hingga 5,2 meter.

Walaupun seolah-olah hewan ini memiliki kemampuan untuk terbang, sebenarnya mereka tidak benar-benar terbang. Mereka meluncur dengan tinggi dan jauh di udara. Walaupun begitu, kemampuan hewan ini untuk melompat tinggi di udara tetap pantas untuk dikagumi.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Sayap Hewan, Hewan Apa yang Mempunyai Sayap Terbesar?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya